Comscore Tracker

Geser Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Di Dunia

Kekayaan bersih Musk mencapai 186 miliar dolar

Jakarta, IDN Times – Elon Musk kini menjadi orang terkaya di dunia, mengalahkan pendiri Amazon Jeff Bezos. Itu terjadi setelah saham di perusahaan mobil listrik yang didirikannya, Tesla, melonjak tajam akibat adanya harapan bahwa pemerintahan Amerika Serikat (AS) yang baru akan mendorong agenda hijau baru.

Menurut indeks miliarder Bloomberg yang melacak perubahan harian dalam kekayaan 500 orang terkaya di dunia, saham Tesla naik 4,8 persen.

Kekayaan bersih pengusaha berusia 49 tahun itu mencapai 186 miliar dolar pada pukul 10.15 pagi di New York pada hari Rabu (6/1/2021), membuatnya lebih kaya 1,5 miliar dolar daripada Bezos, yang telah memegang posisi nomor satu sejak Oktober 2017.

1. Tanggapan Musk

Geser Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Di DuniaTweet Elon Musk

Menanggapi kabar melonjaknya kekayaannya sehingga membuatnya menjadi orang terkaya dunia, Musk menyebut hal itu sebagai sesuatu yang aneh.

“Betapa anehnya,” tulisnya di Twitter pada Kamis. “Baik, kembali bekerja ...”

Sebelumnya, Musk pernah menjelaskan bahwa ia bermaksud menggunakan setengah dari kekayaannya untuk membantu menyelesaikan masalah di Bumi dan setengahnya lagi untuk membantu membangun kota mandiri di Mars untuk memastikan kelangsungan hidup dari semua spesies jika Bumi tidak bisa lagi dihuni, katanya, menurut The Guardian.

“Anda harus bertanya mengapa saya menginginkan uang. Alasannya bukanlah apa yang Anda pikirkan. Sangat sedikit waktu untuk rekreasi. Tidak punya rumah liburan atau kapal pesiar atau semacamnya,” tulisnya.

2. Peningkatan pesat

Geser Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Di Duniainstagram.com/elonrmuskk

Kekayaan Musk bisa dibilang meningkat pesat dalam waktu yang singkat. Pria yang mendirikan Tesla 17 tahun yang lalu itu, baru kurang dari dua bulan lalu menggeser posisi pendiri Microsoft Bill Gates untuk menjadi orang terkaya kedua di dunia.

Kekayaan Musk itu bertambah berkat harga saham Tesla yang telah meningkat lebih dari tujuh kali lipat tahun ini karena permintaan mobil listrik melonjak dan pemerintah Amerika mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut untuk upaya melestarikan lingkungan.

Kapitalisasi pasar Tesla, yang baru-baru ini bergabung dengan indeks S&P yang diisi 500 perusahaan terbesar AS, melampaui 700 miliar dolar untuk pertama kalinya minggu ini. Itu membuat perusahaan memiliki nilai yang fantastis, yaitu lebih besar dari nilai gabungan Toyota, Volkswagen, Hyundai, GM dan Ford.

Musk, yang memiliki 20 persen saham Tesla, adalah orang terkaya ke-35 di dunia pada awal tahun 2020.

Baca Juga: 5 Buku Menurut Elon Musk yang Semua Orang Harus Baca

3. Perusahaan lain milik Musk

Geser Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Di DuniaCEO Tesla, Elon Musk (www.instagram.com/@elonmusk)

Tesla bukanlah satu-satunya perusahaan yang dimiliki Musk. Pria kelahiran Pretoria, Afrika Selatan ini juga memiliki startup roket SpaceX dan The Boring Company.

The Boring Company adalah perusahaan yang berfokus membuat terowongan bawah tanah yang bisa digunakan pejalan kaki, barang, utilitas, atau kendaraan listrik otonom untuk menghindari kemacetan lalu lintas di jalan utama. Ia mendirikan perusahaan pada Desember 2016, setelah frustasi dengan lalu lintas di Los Angeles dan keterbatasan jaringan transportasi dua dimensi.

Selain itu, Musk juga memiliki Neuralink Corporation, perusahaan yang fokus pada pembuatan chip yang bisa ditanamkan ke otak dan juga laboratorium penelitian kecerdasan buatan bernama OpenAI. Ia juga pernah mendirikan bank online X.com, yang kini lebih dikenal sebagai PayPal. Perusahaan ini telah dijual Musk kepada eBay pada 2001 seharga 1,5 miliar dolar AS.

Baca Juga: Elon Musk Ternyata Pernah Mau Jual Tesla ke Apple

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya