Comscore Tracker

Ini Kunci untuk Terjun ke NFT, Jangan Asal Ikut-Ikutan!

Peminat NFT di Indonesia sangat tinggi

Jakarta, IDN Times – Fenomena menjadi kaya dalam sekejap akibat berjualan non-fungible token atau NFT, membuat banyak orang di seluruh dunia berbondong-bondong mencari tahu apa itu NFT dan juga berpartisipasi dalam tren ini. Hal ini tidak terkecuali untuk orang-orang di Indonesia.

Bahkan menurut Vice President (VP) of Marketing Tokocrypto Adytia Raflein, pada tahun lalu sebelum NFT sepopuler sekarang ini di Indonesia, ia menyebut bahwa berdasarkan riset yang dilakukan perusahaannya terhadap berbagai platform marketplaces NFT di dunia, jumlah pengunjung atau visitor NFT dari Indonesia sudah sangat banyak.

“Indonesia sendiri itu visitor yang datang dari Indonesia itu mencapai 1 juta users. Itu sebenarnya bisa dibilang bahwa makin banyak masyarakat Indonesia yang memang tertarik dengan NFT,” katanya dalam wawancara khusus dengan IDN Times, Selasa (18/1/2021).

“For the record, ini kita hasil riset kita, kita lakukan di Desember 2021. Jadi kita belum melakukan nih riset setelah apa yang terjadi kemarin, apakah mengalami kenaikan luar biasa atau seperti apa. Kita belum melakukan itu.” tambahnya.

Baca Juga: Menimbang Baik Buruk NFT, Cara Singkat untuk Kaya Raya?

1. Langkah awal perkembangan NFT di Indonesia

Ini Kunci untuk Terjun ke NFT, Jangan Asal Ikut-Ikutan!ilustrasi NFT (IDN Times/Aditya Pratama)

Ia lebih lanjut menjelaskan bahwa jumlah visitor yang mengunjungi berbagai marketplaces di dunia terkait NFT yang sebanyak 1 juta orang itu merupakan langkah awal untuk perkembangan NFT di Indonesia.

“Itu sebuah langkah awal yang bagi saya. Sangat menarik untuk perkembangan industri di Indonesia sendiri,” katanya.

Ia juga menyebut bahwa berdasarkan sebuah laporan, penjualan NFT secara global di sepanjang 2021 sudah mencapai angka 25 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

“Kita bisa melihat sebagai sebuah fenomena yang luar biasa. Bagaimana NFT menjadi sebuah alternatif investment yang baru dan juga di sisi lain, NFT menjadi sebuah hal yang collectible bagi para penggemarnya,” katanya.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Raup Cuan dari NFT

2. Fenomena booming NFT

Ini Kunci untuk Terjun ke NFT, Jangan Asal Ikut-Ikutan!ilustrasi NFT (IDN Times/Aditya Pratama)

Salah satu faktor yang membuat NFT begitu populer atau booming di Indonesia adalah karena Ghozali Everyday yang sukses menjual NFT dari foto selfie-nya di platform OpenSea dan meraup uang miliaran rupiah. Hal ini pun membuat banyak orang di Indonesia mencari tahu apa itu NFT, dan bahkan banyak yang ikut mencoba berjualan.

Namun, menurut Adytia, sekedar ikut-ikutan atau Fear of Missing Out (FOMO) saat terjun ke dunia NFT, merupakan hal yang berisiko untuk dilakukan.

“Kalau perkembangan NFT kita sih luar biasa sebenarnya. Apalagi dengan fenomena adik kita Ghozali kemarin, yang terjadi beberapa hari lalu, itu luar biasa. Efek-efek yang dimunculkan itu luar biasa. Semua orang jadi membicarakan NFT,” ungkapnya.

Baca Juga: 5 Kesalahpahaman soal NFT yang Wajib Dipatahkan

3. Hal penting sebelum terjun ke NFT

Ini Kunci untuk Terjun ke NFT, Jangan Asal Ikut-Ikutan!ilustrasi NFT (IDN Times/Aditya Pratama)

Adytia mengatakan dengan booming itu, banyak orang yang jadi paham NFT tanpa memahami lebih dulu apa itu aset kripto yang erat kaitannya dengan NFT. Padahal menurutnya, memahami aset kripto atau cryptocurrency dan juga jaringan blockchain sangat penting dalam dunia NFT.

“Biasanya orang paham aset kripto terlebih dahulu, baru dia masuk NFT. Kalau ini udah mulai kebalik. Loncat nih. Dia paham NFT tapi dia tidak tau tentang aset kripto itu sendiri. Dia tidak tau teknologi blockchain itu sendiri,” katanya.

Untuk itu, ia pun menyarankan agar orang-orang yang masuk ke dunia NFT agar terlebih dulu mempelajari aset kripto dan juga blockchain. Namun, ia juga mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan orang-orang yang ikut-ikutan karena hal ini juga membuat tingkat kesadaran pada teknologi seperti NFT makin tinggi.

“Jadi kalau kita lihat perkembangan sekarang luar biasa massive, dan kita sangat bersyukur dengan beberapa kejadian belakangan ini yang di mana awareness dari NFT itu sendiri meningkat luar biasa, walaupun memang akhirnya karya-karya NFT dari Indonesia semakin “beragam”. Ada yang memang memiliki nilai sesuatu, ada yang memang terkesan ikut-ikutan,” katanya.

“Tapi memang itu kita tidak ada masalah. Kita memulai segala sesuatu dari seperti itu, dan di luar sana juga banyak kok NFT-NFT yang cukup aneh-aneh, cukup unik-unik, itu juga ada. Jadi bagi saya ini adalah sebagai sebuah langkah awal untuk Indonesia untuk lebih mengenal NFT itu sendiri,” tambah Adytia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya