Comscore Tracker

Ladies, Ini 4 Tips agar Mandiri secara Finansial Sedini Mungkin

Memiliki tabungan adalah salah satu tipsnya

Jakarta, IDN Times – Kemandirian secara finansial adalah hal yang wajib dimiliki setiap orang. Bahkan oleh seorang perempuan sekalipun, dan akan lebih baik jika diperoleh sejak dini.

Hal itu karena mandiri secara finansial bukan hanya akan bermanfaat bagi kehidupan pribadi, tapi juga bagi orang-orang sekitar, seperti orang tua dan keluarga. Di sisi lain, hal ini juga memungkinkan untuk memiliki berbagai tujuan hidup dan dapat melakukan rencana-rencana yang sesuai dengan passion.

Menurut FWD Insurance, mandiri secara finansial sendiri berarti dapat menghasilkan uang serta mengelola keuangannya sendiri.

Berikut adalah empat tips bagi perempuan lajang agar dapat menjadi perempuan yang mandiri secara finansial:

Baca Juga: 7 Raja Perempuan Hebat yang Pernah Menguasai Nusantara

1. Memiliki tabungan

Ladies, Ini 4 Tips agar Mandiri secara Finansial Sedini MungkinIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebagai perempuan yang sudah memiliki penghasilan, wajib hukumnya untuk memiliki tabungan. Pastikan agar selalu mengelola gaji dengan bijak dan menyisihkannya untuk ditabung.

Jangan lupa juga catat setiap penghasilan dan pengeluaran agar tahu ke mana saja uang yang diperoleh terpakai. Perhatikan pengeluaran mana yang memang kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan. Minimalisir pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting atau urgent.

2. Pahami pentingnya investasi

Ladies, Ini 4 Tips agar Mandiri secara Finansial Sedini MungkinIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Bukan hanya menabung, seorang perempuan yang mandiri secara finansial juga harus bisa memahami dan menyisihkan penghasilannya untuk diinvestasikan. Investasi memungkinkan adanya jaminan masa depan yang cerah karena keuangan menjadi lebih terukur dan terarah.

Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi emas, investasi saham, reksadana, deposito, dan asuransi.

3. Memiliki proteksi diri atau asuransi

Ladies, Ini 4 Tips agar Mandiri secara Finansial Sedini MungkinIlustrasi Aset (IDN Times/Mardya Shakti)

Asuransi kesehatan merupakan hal mendasar yang sifatnya wajib dimiliki setiap orang. Untuk memproteksi diri dari risiko finansial, perempuan yang mandiri secara finansial biasanya memahami pentingnya proteksi diri dengan asuransi.

Dengan memiliki asuransi, pos-pos keuangan yang sudah ada tidak akan terganggu.

Baca Juga: 5 Alasan Bukan Zamannya Lagi Membandingkan Perempuan Karier Vs Rumahan

4. Memiliki dana pensiun

Ladies, Ini 4 Tips agar Mandiri secara Finansial Sedini MungkinIlustrasi Menabung (IDN Times/Mardya Shakti)

Akan ada saatnya seorang perempuan memasuki usia pensiun atau tidak bekerja lagi karena berbagai alasan. Oleh sebab itu, persiapkan dana pensiun dari sekarang agar tidak khawatir di kemudian hari.

Itulah beberapa hal yang perlu dipahami untuk menjadi perempuan mandiri secara finansial. Apakah kamu sudah melaksanakan hal-hal di atas? Jika belum, yuk mulai lakukan dari sekarang. Tetap semangat dan jadilah perempuan tangguh dengan mandiri secara finansial sejak dini!

Baca Juga: Panduan Mengelola Keuangan dalam Bisnis Kamu

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya