Comscore Tracker

Mengenal Truecaller, Aplikasi untuk Blokir Telepon Spam

Indonesia menjadi fokus market bagi Truecaller

Jakarta, IDN Times – Di zaman yang serba digital saat ini, menjaga keamanan data menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari kejahatan dunia maya yang dapat merugikan. Ini karena seiring berkembangnya teknologi, cara-cara untuk melakukan kejahatan digital juga menjadi semakin beragam.

Adapun salah satu caranya yakni bisa melakukan penipuan melalui panggilan dari nomor tidak dikenal. Parahnya, kejadian semacam ini sering terjadi dan bisa menimpa siapa saja.

Mempertimbangkan kondisi ini, perusahaan global asal Swedia yang disebut Truecaller mencoba menghadirkan solusi untuk permasalahan seputar verifikasi nomor telepon dan panggilan.

Berikut adalah wawancara khusus IDN Times dengan Hitesh Raj Bhagat, Kepala Komunikasi Perusahaan Global di Truecaller, seputar alasan berdirinya perusahaan hingga layanan yang disediakan aplikasi ini.

Baca Juga: 7 Aplikasi Anti Spam Call, Ketahui Identitas Penelepon

1. Bisa Anda jelaskan lebih detail mengenai Truecaller?

Mengenal Truecaller, Aplikasi untuk Blokir Telepon SpamIlustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

Truecaller merupakan platform global asal Swedia untuk verifikasi nomor telepon dan blokir panggilan spam. Didirikan pada tahun 2009 oleh Alan Mamedi dan Nami Zarringhalam, Truecaller diciptakan dengan misi untuk membuat komunikasi lebih aman dan efisien bagi semua pengguna.

Truecaller mulai memecahkan masalah sederhana dalam mengidentifikasi telepon dari nomor tidak dikenal pada awal mula dibuatnya aplikasi ini. Sekarang, Truecaller telah berkembang menjadi komponen penting yang melindungi orang dari penipuan, robocall, dan bentuk kejahatan lain menggunakan telepon.

Kapasitas Truecaller dari segi teknologi dan komunitas yang telah dibangun sejak 12 tahun, memastikan akurasi dan perlindungan tertinggi bagi semua pengguna yang berbasis di Indonesia dan negara lain di dunia.

Pada awal tahun 2021, Truecaller meluncurkan layanan Guardians yang memungkinkan pengguna membagikan lokasi keberadaannya ketika harus menuju suatu tempat yang baru atau bertemu orang asing.

Truecaller tersedia secara gratis, dapat digunakan oleh pengguna Android dan iOS. Bila diperlukan, Truecaller juga menyediakan layanan Premium dengan fitur lebih lengkap.

Dengan berbagai layanan yang tersedia di aplikasinya, Truecaller telah menjadi platform komunikasi terpercaya yang menawarkan fitur telepon melalui internet dengan kualitas suara yang jernih, instant messaging, group chat, kategorisasi SMS, dan SMS spam blocking, and lebih banyak lagi.

Sekarang, Truecaller sudah memiliki lebih dari 292 juta pengguna. Aplikasi ini digunakan untuk mengetahui identitas penelpon, memfilter telepon dan SMS yang bersifat spam, dan membantu user untuk fokus pada komunikasi yang penting. Fitur inti termasuk identifikasi nomor telepon dari panggilan yang masuk, fungsi pencarian manual dan deteksi spam/scam/penipuan. Selain itu, ada pula fitur tambahan lain seperti Call Reason yang memungkinkan pengguna mengetahui alasan mereka ditelpon.

2. Berapa banyak pengguna Truecaller dan sudah ada di negara mana saja?

Mengenal Truecaller, Aplikasi untuk Blokir Telepon SpamIlustrasi Telepon. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar, Indonesia merupakan salah satu fokus pasar bagi Truecaller. Saat ini sudah ada lebih dari 2 juta pengguna aktif Truecaller, dimana jumlah download aplikasi tentunya jauh lebih besar lagi. Dibandingkan tahun lalu, pengguna Truecaller telah mengalami peningkatan hingga 107,6 persen. Sementara di Asia Tenggara, pertumbuhan pengguna Truecaller mencapai 62 persen.

Indonesia menjadi fokus market bagi Truecaller karena beberapa alasan. Pertama, peringkat Indonesia hampir selalu tertinggi dalam Truecaller Global Report Spam yang terbit setiap tahun. Kedua, pengguna smartphone di Indonesia sebagian besar menggunakan Android dibandingkan iOS – di mana Truecaller bekerja lebih maksimal di aplikasi Android akibat adanya beberapa limitasi di perangkat iOS. Ketiga, pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia yang sangat besar diikuti dengan populasi yang didominasi oleh anak muda yang melek teknologi. Kelompok ini biasanya menggunakan layanan dan platform digital lebih sering sehingga membutuhkan proteksi untuk memastikan komunikasi lebih aman dan efisien.

Awal bulan November, Truecaller meluncurkan kampanye edukasi #KnowYourCaller untuk mengedukasi orang Indonesia akan bahaya spam. Langkah ini menjadi awal dari wujud komitmen perusahaan untuk membantu menanggulangi ancaman spam.

3. Apa yang melatarbelakangi perusahaan untuk menciptakan platform seperti Truecaller?

Mengenal Truecaller, Aplikasi untuk Blokir Telepon SpamIlustrasi Hacker (IDN Times/Arief Rahmat)

Truecaller dibangun atas dasar kebutuhan untuk membuat komunikasi berjalan lebih sederhana dan terpercaya. Alan dan Nami mulai bekerja sama sejak mereka masih kuliah. Keduanya kerap menerima panggilan telepon dari banyak nomor telepon tidak dikenal, bahkan saat mereka berada di luar negeri.

Pada saat itu, sekitar tahun 2008 atau 2009, belum ada buku telepon atau aplikasi khusus memverifikasi nomor telepon personal. Hal ini yang mendasari gagasan untuk mendirikan Truecaller.

Truecaller memperoleh lebih dari 10.000 download pada peluncuran perdananya. Alan dan Nami pun menyadari besarnya potensi ini di masa depan. Terbukti, sekarang Truecaller telah menjadi platform global yang dipercaya oleh 292 juta pengguna di dunia.

4. Bagaimanakah kinerja Truecaller di Indonesia?

Mengenal Truecaller, Aplikasi untuk Blokir Telepon SpamIlustrasi Hacker (IDN Times/Arief Rahmat)

Indonesia menjadi salah satu potential market terbesar bagi Truecaller. Dibandingkan tahun lalu, pengguna Truecaller telah mengalami peningkatan hingga 107,6 persen. Sementara di Asia Tenggara, pertumbuhan pengguna Truecaller mencapai 62 persen.

Pertumbuhan jumlah pengguna aktif ini turut menyumbangkan kenaikan pendapatan perusahaan yang pada Q3 2021 ini mengalami peningkatan pendapatan sebesar 129 persen secara global.

Di Indonesia, seperti juga diberlakukan di negara lain, Truecaller menerapkan kebijakan privasi yang memperhatikan keamanan data pengguna. Truecaller menjamin tidak menjual data pengguna kepada pihak ketiga, dan memperoleh pendapatan utama dari in-app advertising. Iklan yang terpasang tidak mengandung unsur politis dan hate speech, dan tidak mengambil ruang terlalu besar di layar.

Truecaller juga memiliki layanan Premium dan Gold subscription bagi pengguna pengguna menginginkan layanan tanpa iklan dan akses ke lebih banyak fitur. Selain itu, lewat Truecaller Enterprise solutions, Truecaller membantu meningkatkan efektifitas perusahaan dalam menghubungi pelanggannya melalui telepon. Semua layanan ini merupakan layanan yang diminati pengguna di Indonesia dan terus mengalami pertumbuhan pengguna dari waktu ke waktu.

5. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini, apa saja tantangan dan peluang yang paling sering ditemui pengguna telepon dari sudut pandang Truecaller?

Mengenal Truecaller, Aplikasi untuk Blokir Telepon SpamIlustrasi Hacker (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketika komunikasi berlangsung lebih intens melalui telepon dan internet, pengguna dapat kapan saja dihubungi oleh orang tidak bertanggung jawab yang mengaku menjadi rekan terdekat. Banyak orang tidak bisa membedakan telepon yang benar-benar penting dan yang sebenarnya penipuan. Oleh karena itu, Truecaller hadir untuk memastikan rasa aman bagi pengguna ketika harus menerima panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal.

6. Apa saja keunggulan platform Truecaller dibandingkan platform sejenis?

Mengenal Truecaller, Aplikasi untuk Blokir Telepon SpamIlustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

Truecaller menjamin kualitas dan akurasi layanan disertai dengan user experience yang menarik. Sebagai layanan yang berbasis komunitas (community-driven services), Truecaller menandai nomor-nomor yang berpotensi spam dan menipu berdasarkan laporan dari masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat saling melindungi satu sama lain dari ancaman spam yang ada. Selain itu aplikasi Truecaller juga dilengkapi dengan machine learning yang canggih untuk memproses data secara lebih cerdas dan akurat.

Truecaller memastikan platform ini dapat dengan mudah digunakan oleh penggunanya, dan menjamin keamanan data setiap penggunanya. Truecaller telah memenuhi persyaratan kebijakan privasi yang paling ketat di Eropa dan kemudian diterapkan di wilayah operasional Truecaller termasuk Indonesia. Kebijakan privasi pengguna dari Truecaller memastikan pengguna memiliki kendali penuh atas data mereka. Pengguna juga dapat menonaktifkan perizinan perangkat pada saat aplikasi tidak digunakan.

Baca Juga: Ini Cara Melindungi Data Pribadi dari Peretas

7. Bagaimana kinerja perusahaan di tengah pandemik COVID-19 saat ini?

Mengenal Truecaller, Aplikasi untuk Blokir Telepon SpamIlustrasi peretas (IDN Times/Arief Rahmat)

Data dari Truecaller mencatatkan, panggilan spam pada masa pandemik ini meningkat tajam dibandingkan periode sebelumnya. Lebih banyak pengguna memutuskan untuk menggunakan layanan Truecaller dalam membuat komunikasi lebih aman dan efektif. Kenaikan jumlah pengguna berbanding lurus dengan pendapatan perusahaan yang mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 129 persen pada kuarter lalu.

Truecaller telah menyelesaikan initial public offering (IPO) pada awal oktober lalu dan informasi seputar perusahaan dapat Anda peroleh di website kami: https://corporate.truecaller.com/.

Baca Juga: Mengenal Jenis Perjanjian KPR, Ada Konvensional dan Syariah

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya