Comscore Tracker

Tingkatkan Edukasi Literasi Keuangan, BCA-OJK Gelar Webinar

Webinar literasi keuangan bertema “Berani Mimpi, Mulai Aksi”

Jakarta, IDN Times – Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan pengelolaan keuangan yang dilakukan generasi muda saat ini masih kurang berimbang dengan pola hidup konsumtif yang mereka lakukan.

Oleh karenanya, bank yang ia pimpin menggelar Webinar Literasi Keuangan dengan tema “Berani Mimpi, Mulai Aksi”, sebagai bentuk komitmen BCA dalam memberikan edukasi keuangan bagi generasi muda.

Acara yang didukung penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) itu merupakan juga bagian dari peringatan Hari Literasi Keuangan Nasional yang jatuh pada 19 November.

Baca Juga: BCA Umumkan Nama Baru Bank Royal Jadi Bank Digital BCA

1. Berharap kegiatan dapat membuat generasi muda melek keuangan

Tingkatkan Edukasi Literasi Keuangan, BCA-OJK Gelar WebinarIlustrasi pemakaian internet (IDN Times/Arief Rahmat)

Jahja mengatakan ia mengharapkan generasi muda khususnya kaum pelajar dapat semakin disadarkan akan pentingnya memahami keuangan dengan adanya kegiatan ini.

“Pengelolaan keuangan bagi generasi muda saat ini masih kurang berimbang dengan pola hidup konsumtif yang mereka lakukan. BCA sadar akan hal tersebut sehingga menginisiasi edukasi keuangan melalui online webinar.” katanya dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (2/12/2020).

Webinar Literasi Keuangan ini sendiri dilakukan secara virtual melalui Youtube Solusi BCA yang dibuka oleh Jahja serta Dewan Komisioner OJK Tirta Segara pada Minggu. Selain mereka, acara ini juga dihadiri Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Managing Director Shinta VR Andes Rizky serta para narasumber yaitu Assistant Vice President Marketing Communication BCA Bunga Noladika dan Finance Enthusiast Kadek Arini.

Sejumlah topik yang dibahas oleh BCA bersama dengan Kadek Arini antara lain mengenai pengelolaan keuangan selama pandemi, cara membagi pos keuangan, tips membedakan keinginan dan kebutuhan serta tidak lupa memberikan solusi keuangan melalui produk BCA.

2. Komitmen BCA

Tingkatkan Edukasi Literasi Keuangan, BCA-OJK Gelar WebinarIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Jahja lebih lanjut mengatakan bahwa sudah menjadi komitmen dari BCA dalam memberikan pendampingan pengelolaan keuangan bagi masyarakat serta menghadirkan solusi keuangan yang tepat. Terlebih lagi di era pandemik seperti sekarang ini.

“Lebih lagi pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini, menabung menjadi bagian yang penting dan esensial untuk dilakukan sejak dini guna memperoleh kebebasan finansial yang tentunya menjadi impian banyak orang,” ujar Jahja.

3. Webinar untuk tingkatkan edukasi literasi keuangan RI

Tingkatkan Edukasi Literasi Keuangan, BCA-OJK Gelar WebinarIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Jahja mengatakan selain untuk memberi pemahaman pada generasi muda, tujuan webinar ini juga untuk mendukung peningkatan edukasi literasi keuangan di Indonesia, sejalan dengan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kegiatan webinar ini menjadi sebuah kebanggaan bagi BCA karena dapat turut mendukung peningkatan edukasi literasi keuangan di Indonesia yang sejalan dengan program OJK. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan wawasan keuangan yang lebih luas bagi peserta khususnya dalam menabung. Kehadiran produk-produk tabungan yang beragam dari BCA seperti SIMPEL dan LAKU juga dapat menjadi solusi menabung di tengah pandemi dengan program #BankingFromHome.” kata Jahja.

Baca Juga: Ini Strategi BCA agar Tetap Gemilang di Tengah Pandemik

4. Literasi keuangan di Indonesia masih rendah

Tingkatkan Edukasi Literasi Keuangan, BCA-OJK Gelar WebinarIlustrasi bekerja di rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada tahun 2019, indeks literasi keuangan di Indonesia baru sekitar 38,03 persen.

Angka tersebut masih terbilang cukup rendah meskipun saat ini sudah terdapat medium digital untuk melakukan edukasi terhadap keuangan. Generasi muda khususnya kaum pelajar kini diharapkan dapat semakin disadarkan akan pentingnya memahami keuangan.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Tingkat Melek Keuangan RI Kalah dari Negara Tetangga

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya