Comscore Tracker

Tips Sukses Raup Cuan dari Bisnis Reseller

Bisnis reseller bisa jadi pekerjaan pokok maupun sampingan

Jakarta, IDN Times - Profesi reseller merupakan salah satu pilihan bagi banyak orang yang ingin berbisnis tanpa ribet. Pekerjaan ini dapat dijadikan pekerjaan tambahan maupun pekerjaan utama.

Reseller sendiri dapat diartikan menjual kembali suatu barang dari supplier tanpa perlu memikirkan stok, dan dengan menjadi reseller seseorang bisa menerima komisi dari supplier. Namun, menjalani peran reseller tidak sesederhana menjual ulang suatu produk. Hal ini diakui beberapa reseller Somethinc, brand kecantikan lokal yang juga menyediakan program reseller.

Marsela Limesa, Co-founder dan President Somethinc mengatakan sejak awal dikembangkan, reseller telah menjadi bagian penting dalam membesarkan nama Somethinc. Keseriusan ini terlihat dari rangkaian program pendampingan dan sistem yang solid untuk reseller, mulai dari edukasi produk, sistem pricing yang sehat, hingga relasi dengan reseller yang terus dijaga.

“Komitmen ini kami wujudkan salah satunya lewat program Somethinc Class yang baru aja terselenggara pada 11 Desember lalu, bersama reseller di Jabodetabek. Ini sekaligus program offline gathering pertama, yang mudah-mudahan bisa dilanjutkan di kota lainnya,” kata dia.

“Di program ini, kami juga memperkenalkan 120 produk make up Somethinc kepada reseller sebelum diluncurkan secara resmi esok harinya, agar teman-teman reseller sudah mendapatkan pemahaman yang baik sebelum menjualnya ke konsumen. Hal ini bagian dari upaya kami untuk membangun relasi yang kuat, karena kami mau tumbuh dan berkembang bersama mereka,” tambah Marsela.

Marsela juga mengatakan komitmen ini dilakukan untuk mewujudkan misi mereka menjadikan Somethinc sebagai start up beauty brand yang bisa go global, sehingga konsumen mancanegara bisa mendapatkan produk kecantikan terbaik di kelasnya.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjadi reseller yang sukses di bidang kecantikan? Berikut adalah cerita dari para reseller Somethinc.

Baca Juga: 5 Tips Sukses jadi Reseller, Bisnis Online yang Bisa Dicoba

1. Memilih produk yang sejalan dengan passion atau hobi

Tips Sukses Raup Cuan dari Bisnis ResellerIlustrasi Belanja Online/Belanja di e-commerce. (IDN Times/Aditya Pratama)

Memasarkan produk yang mendukung hobi serta memiliki konsumen yang luas bisa menjadi jalan pintas untuk memulai bisnis reseller. Rasa senang akan mendorong kita untuk terus mencari ide baru. Sementara produk yang berkualitas serta memiliki pasar yang luas, akan membuat bisnis punya peluang besar untuk berkembang.

Inilah yang dimiliki Liza Anggraini, seorang pegawai swasta yang memilih reseller Somethinc sebagai pekerjaan sampingan. Berangkat dari ketertarikan dan keingintahuannya tentang industri kecantikan lokal, Liza mengikuti program reseller Somethinc setelah melihat kesamaan business value Somethinc dengan toko daring miliknya. Di mana, keduanya sama-sama menghadirkan produk kecantikan lokal berkualitas yang premium affordable. Dia juga meyakini produk kecantikan, khususnya skincare memiliki market yang besar, karena dipakai setiap hari.

“Kami memang lumayan picky dalam memilih produk yang akan dijual ke pelanggan. Tetapi setelah melihat bahwa Somethinc branding-nya kuat dan menjadi top of mind di market Indonesia, kami jadi tidak ragu menjualnya ke konsumen,” ujar Liza.

Dia menambahkan, kini Somethinc adalah produk yang paling banyak diincar pelanggannya selama 2021. Capaian ini turut menandai pertumbuhan bisnis toko daring miliknya yang dikerjakan bersama suami. Tidak heran, keduanya berkomitmen untuk menekuni bisnis reseller ini, karena melihat prospek positif di masa mendatang.

2. Maksimalkan program pendampingan yang disediakan brand

Tips Sukses Raup Cuan dari Bisnis ResellerIlustrasi Pebisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam menjalani bisnis reseller, tentunya kita akan menemukan berbagai tantangan, mulai dari banyaknya jenis produk yang perlu dikomunikasikan, hingga dinamika yang harus dihadapi saat berinteraksi dengan konsumen.

Memahami hal tersebut, Somethinc telah mempersiapkan berbagai program pendampingan untuk reseller, mulai dari product knowledge hingga digital marketing. Tips dari Susan, pegawai travel yang kini banting setir menjadi reseller Somethinc, maksimalkan program tersebut untuk menjadi bekal sukses memulai bisnis reseller.

Dengan latar belakang non-entrepreneur, Susan awalnya sempat meragu  keputusannya menjadi reseller Somethinc. Akan tetapi, program pendampingan Somethinc untuk reseller, khususnya edukasi produk, membantu dia menjadi lebih luwes dan percaya diri memasarkan produk ke konsumen.

Pendampingan yang dimaksud di antaranya, edukasi kandungan bahan aktif dalam skincare, cara memilih varian tone make up yang sesuai dengan warna kulit, hingga penjelasan yang informatif di balik Somethinc melakukan reformulasi di beberapa produk.

“Somethinc selalu menjaga hubungan baik dengan para reseller-nya. Setiap rilis produk baru, mereka menyampaikan informasi produk kepada reseller dan informasi tersebut dijelaskan secara detail, kelebihan dan manfaatnya, hingga cara berkomunikasi yang tepat ketika menjual kepada konsumen. Hal itu dilakukan secara konsisten hingga reseller benar-benar mengerti,” ungkap Susan.

Susan mengaku bisnis reseller lewat online shop yang dijalaninya kini membantunya dapat bertahan secara finansial. Dia juga berkomitmen untuk semakin menekuni dunia reseller dengan terus belajar dan melakukan inovasi.

Baca Juga: Bingung Pilih Jadi Reseller atau Dropshipper? Ini 5 Perbedaannya

3. Menjaga hubungan baik dengan brand dan sesama reseller

Tips Sukses Raup Cuan dari Bisnis ResellerIlustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam sebuah bisnis, persaingan menjadi satu hal yang tidak dapat dihindari. Untuk mengatasi persaingan yang tidak sehat dan membuat tetap fokus mengembangkan bisnis, bangunlah hubungan yang akrab dengan brand dan sesama reseller.

Somethinc pun mendukung reseller-nya saling mendukung dan tumbuh bersama, dengan menciptakan sistem pricing yang seimbang di market, sehingga reseller bisa berkembang tanpa sikut-menyikut.

Tips dari Sherin, reseller Somethinc yang kini sukses menjalani bisnis online, memaksimalkan kemudahan tersebut untuk membangun koneksi seluas-luasnya, dan jangan takut terbuka perihal tantangan yang dihadapi.

Meski sempat hiatus selama tiga bulan karena pandemik, Sherin berhasil melewati salah satu tantangan terberat dalam perjalanan bisnisnya lewat dukungan tim brand dan komunitas reseller. Dia yang awalnya bingung melangkah dari mana, merasa sangat terbantu, berkat pendampingan Somethinc untuk memulai restock dan mengirimkan barang di tengah keterbatasan operasional akibat pandemik. Dukungan dari sesama reseller juga membuat Sherin tidak ragu memesan ratusan stok, hingga akhirnya terjual habis dalam waktu dua bulan.

“Meski menjual produk yang sama, kami sesama reseller tidak ada persaingan, karena Somethinc sudah menetapkan sistem harga yang sama. Jadinya, kami para reseller saling dukung satu sama lain, termasuk dengan reseller yang ada di luar daerah,” ungkap Sherin.

Hingga saat ini, bisnis Sherin terus berkembang. Agar bisa memenuhi demand yang tinggi, ia kini memiliki delapan karyawan yang membantunya mengurusi operasional hingga digital marketing. Bahkan, dari sebuah unit apartemen, Sherin pindah ke ruko tiga tingkat untuk mendirikan kantor dan memperluas gudang penyimpanan.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya