Comscore Tracker

5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan Terkontrol

Kuncinya disiplin, lama kelamaan akan terbiasa

Awal bulan gajian tiba, saatnya menikmati penghasilan. Bagi kaum pekerja yang menerima gaji bulanan, rasanya momen ini akan senantiasa membahagiakan. Tak cuma saldo kembali terisi dengan manis, juga saatnya mewujudkan keinginan yang bulan lalu tertunda.

Tak cuma membahagiakan diri sendiri, gajian juga ajangnya membayar semua tagihan yang ada, jangan lupa dahulukan kewajiban ini agar pengelolaan keuangan berjalan dengan baik.

Kegiatan yang menyenangkan di awal bulan setelah gajian adalah belanja kebutuhan rumah tangga. Bagi perempuan ini momennya refreshing sambil memantau harga-harga yang ada, juga melihat apakah ada barang baru lagi di pasaran atau tidak.

Ada tapinya, belanja bulanan juga jangan asal membeli saja, namun kita harus cermat dalam menggunakan uang. Ada trik simpel yang sangat gampang dilakukan agar penghasilanmu tetap aman serta terkontrol.

1. Selalu catat daftar belanjaan yang sekiranya dibutuhkan untuk menghindari belanja lapar mata

5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan TerkontrolPexels.com/SplitShire

Selalu mencatat daftar belanjaan yang kamu butuhkan saat itu. Hal ini sedikit konvensional memang, tapi percayalah cara ini sangat ampuh untuk menghindari lupa akan sesuatu, bahkan untuk menahan nafsu belanja. Disiplin mengikuti catatan yang sudah tertulis, lantas kamu bisa review lagi apa-apa yang sudah dibeli atau belum. Mudah, bukan?

2. Cek dahulu sebelum dicatat daftar belanjaanmu, apa-apa yang sudah habis dan jika memang masih ada pending dahulu untuk membelinya

5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan Terkontrolunsplash.com/nrd

Nah, ini sangat penting untuk mengecek terlebih dahulu kebutuhan apa yang sudah habis di rumah. Lalu, kamu bisa catat dan membelinya. Ingat, hanya disiplin membeli kebutuhan yang sudah habis saja ya, agar tidak dobel pembelian. Simpel saja, jika nanti habis kan tinggal membelinya kembali.

Baca Juga: Ketahui Arus Keuangan dengan Mencatat 5 Jenis Pengeluaran Bulanan Ini

3. Disiplin saat berada di supermarket, jangan tergoda oleh godaan diskon serta label yang murah

5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan TerkontrolPexels.com/Clem Onojeghuo

Namanya perempuan lumrah saja jika belanja lapar mata. Apalagi ada label diskon sekian persen atau stiker sale yang ditempel besar-besar untuk menarik minat pembeli. Beruntungnya, jika barang diskon itu ada dalam daftar belanjaan kamu sendiri. Tapi jika tidak ada dalam daftarmu, tahan nafsu belanja jika sekiranya tidak dibutuhkan abaikan saja. Ingat disiplin dalam mengeluarkan uang. 

4. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa membeli sesuatu sesuai kebutuhan bukan hanya keinginan semata

5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan TerkontrolPexels.com/Erik Scheel

Menumbuhkan mindset ini gampang-gampang susah, memang. Menanamkan dalam pikiran kita bahwa belanja itu sesuai kebutuhan bukan karena keinginan. Seringkali, nafsu belanja bak rasa sesaat, membeli sesukanya pas sampai rumah diabaikan.

Sayang, kan jadinya? Memang, lebih baik membiasakan membeli apa yang butuh saja. Bisa kamu mulai dari sekarang, belum ada kata terlambat, kok.

5. Kembali mengalkukasi daftar belanjaanmu, apakah budget-nya aman atau tidak. Jangan lupa berterimakasihlah kepada diri sendiri bahwa sudah mendisiplinkan diri dalam belanja bulanan saat ini

5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan TerkontrolPexels.com/Artem Beliaikin

Setelah semuanya dibeli, lalu cek kembali daftar belanjaanmu apakah ada yang terlewat atau tidak. Pun, untuk melihat apakah budget-nya aman pula atau tidak. Jika sudah dicek, lekas berjalan ke kasir jangan melihat apa-apa lagi malah takutnya tergoda oleh barang yang lain. Legalah hati dan jangan lupa berterimakasihlah kepada diri sendiri bahwa sudah berdisiplin belanja hari ini.

Trik di atas memang sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh semua orang. Tak peduli mau penghasilannya besar atau tidak sekalipun. Yang penting, membiasakan mendisiplinkan diri adalah bentuk tanggung jawab dalam mengelola keuangan. Apalagi kebutuhan yang lainnya antri untuk kamu bayar juga.

Pastinya, di antara kalian sudah ada yang mencoba trik ini dengan sukses. Ayo tularkan kepada temanmu yang lainnya ya agar kebaikan terus ditebarkan!

Baca Juga: Sering Dilupakan, 5 Trik Belanja Online Ini buat Checkout Makin Untung

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya