Comscore Tracker

Pahami 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin Berinvestasi

Harus riset dulu, ya sebelum memulai biar gak rugi!

Banyak sekali di antara kita yang sering berpikir untuk mendapatkan uang yang lebih, namun di satu sisi terbentur oleh waktu? Jika ya, maka berinvestasi adalah jawaban yang tepat. Investasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk kamu yang ingin mendapatkan pendapatan yang lebih di masa depan.

Kita sering kali menjumpai orang yang bekerja sambil berinvestasi. Tentu, tujuannya agar proses perencanaan keuangan di masa depan akan lebih mudah. Sebab, investasi memiliki banyak sekali keuntungan, seperti tetap mempunyai pendapatan meski sudah pensiun. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua investasi bisa memberikan hasil yang pasti.

Untuk itu, buat kamu yang baru akan memulai berinvestasi wajib memahami 6 hal ini agar tidak salah langkah. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Pahami dulu apa itu investasi

Pahami 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin BerinvestasiUnsplash/Markus Spiske

Hal yang pertama kali wajib kamu lakukan adalah belajar memahami terlebih dahulu mengenai apa itu investasi. Terutama bagi para investor pemula yang belum punya pengalaman sama sekali. Untuk itu, perbanyaklah membaca buku, majalah, atau apapun mengenai investasi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menentukan jenis investasi apa yang dipilih dan tahu produk investasinya secara detail.

2. Mencari tahu keuntungan investasi

Pahami 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin BerinvestasiUnsplash/Austin Distel

Hal kedua yang perlukan kamu pahami yaitu kenali apa saja keuntungan yang bakal kamu peroleh dari berinvestasi. Misalnya capital gain dan pembagian dividen dalam investasi saham. Tentu, setiap perusahaan punya kebijakan yang berbeda-beda dalam menentukan pembagian keuntungannya. Untuk itu, kamu perlu memahami ini terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Bekerja Freelance

3. Apa yang ingin dicapai

Pahami 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin BerinvestasiPexels/rawpixel.com

Dalam berinvestasi, pastinya kamu memiliki tujuan yang akan dicapai. Untuk itu, kamu wajib menentukan terlebih dahulu tujuan berinvestasi. Dengan begitu, kamu bisa tahu langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk menentukan target investasimu.

4. Menentukan target yang ingin diraih

Pahami 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin BerinvestasiPexels/rawpixel.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menetapkan target yang ingin diraih termasuk hal yang penting dilakukan sebelum berinvestasi. Maksud target di sini yaitu berapa keuntungan yang ingin kamu dapatkan saat return. Dengan begitu, arah investasi kamu akan lebih mudah menuju tujuan.

5. Lama waktu investasi

Pahami 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin BerinvestasiPexels/rawpixel.com

Dalam investasi sendiri terbagi menjadi dua jangka waktu, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Untuk investasi jangka pendek, kamu perlu waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham kembali. Sedangkan investasi jangka panjang, kamu hanya perlu fokus pada kisaran harga berapa saham akan dibeli dan dijual kembali. Bila kamu menginginkan keuntungan yang lebih terasa, maka sebaiknya kamu memilih investasi jangka panjang.

6. Mulai menyiapkan modal

Pahami 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin BerinvestasiUnsplash/Alexander Mils

Nah, langkah terakhir dan yang paling utama adalah menyiapkan modal untuk berinvestasi.  Sebab bila kamu sudah mengetahui segala hal detail mengenai investasi tanpa memiliki modal, maka kamu tidak akan bisa berinvestasi.

Untuk itu, kamu wajib memiliki dan mengetahui berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk berinvestasi. Pastinya hal ini tergantung dari investasi apa yang akan kamu pilih.

Itulah hal-hal yang perlu kamu pahami terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi. Semoga informasi yang disampaikan ini dapat bermanfaat dan membantu kalian yang mau memulai berinvestasi. Selamat mencoba dan berinvestasi! Semangat!

Baca Juga: 5 YouTuber Ini Ajak Kamu Bijak Atur Uang dan Rajin Berinvestasi!

Reza Firnanto Photo Verified Writer Reza Firnanto

Mahasiswa aktif prodi Akuntansi di Universitas Pekalongan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You