Comscore Tracker

Cara Ganti Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit Chip, Ini Alasannya

Kartu debit ini tak bisa dipakai lagi, cek cara tukarnya!

Jakarta, IDN Times - Manajemen PT Bank Central Asia (Tbk) atau BCA mengimbau kepada seluruh nasabahnya untuk menukarkan kartu debit BCA non-chip paling lambat 30 November 2021.

Hal itu sejalan dengan dukungan terhadap kebijakan Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan penggunaan Kartu Debit berbasis Chip untuk semua kartu yang diterbitkan di Indonesia.

"Efektif per 1 Desember 2021, Kartu Debit BCA Non Chip yang meliputi Kartu ATM BCA dan Kartu Debit BCA tidak akan bisa digunakan lagi. Sebagai gantinya, BCA menyediakan Kartu Debit Chip yang bisa didapatkan melalui Kantor Cabang BCA, CS Digital, dan Halo BCA," tulis BCA dalam situs resminya, seperti dikutip IDN Times, Rabu (20/10/2021).

Berikut tips penukaran atau cara ganti Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit BCA Chip, simak selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: BCA ID, Single User ID untuk Akses ke Seluruh Rekeningmu di BCA

1. Jenis kartu debit BCA non-chip yang wajib ditukar

Cara Ganti Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit Chip, Ini AlasannyaKartu Debit BCA lama (Dok.BCA)

Adapun jenis kartu debit BCA non chip yang wajib ditukar nasabah yakni Kartu Debit BCA, Xpresi BCA, Tapres, TabunganKu, BCA Dollar, Simpanan Pelajar, dan BCA Cash.

Jika kamu memiliki kartu-kartu tersebut dan belum ada chip-nya maka kamu wajib menukarkannya agar kamu tetap bisa bertransaksi.

"Kartu yang tidak terdapat chip wajib ditukar dengan yang ada chip karena kartu tanpa chip tidak bisa lagi digunakan untuk bertransaksi dan otomatis terblokir (setelah 30 November 2021)," kata BCA.

Baca Juga: Dear Investor, Simak Nih Jadwal Stock Split BCA!

2. Penukaran kartu BCA tanpa chip

Cara Ganti Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit Chip, Ini Alasannyatwitter.com/HaloBCA

Untuk menjaga agar transaksi kamu menggunakan kartu BCA tetap lancar maka kamu bisa segera melakukan penggantian kartu secara gratis melalui beberapa kanal yang dimiliki BCA.

Pertama melalui mesin CS Digital BCA yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk lokasi tepatnya, kamu bisa cek langsung di bca.id/csdigital. Namun, cara ini hanya berlaku untuk penukaran Kartu Debit BCA dan Xpresi BCA.

Kedua lewat call center resmi BCA di 1500888 atau aplikasi HaloBCA. Jika kamu menggunakan kanal ini maka kamu dibebankan biaya pengiriman kartu baru dengan chip sebesar Rp20 ribu.

Ketiga adalah dengan datang ke Kantor Cabang BCA terdekat. Semua jenis kartu bisa ditukarkan di Kantor Cabang BCA, termasuk Simpanan Pelajar dan BCA Cash yang tidak bisa kamu tukar melalui mesin CS Digital BCA dan call center resmi 1500888 atau aplikasi HaloBCA.

Baca Juga: 8 Jenis Kartu Debit BCA, Cek Perbedaan Fiturnya!

3. Perhatikan kelengkapan dokumen untuk penukaran kartu

Cara Ganti Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit Chip, Ini AlasannyaIlustrasi KTP Elektronik atau E-KTP (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelum menukarkan kartu tanpa chip dengan kartu ber-chip, kamu mesti memperhatikan dokumen pelengkapnya.

Jika kamu ingin menukarkan kartu via HaloBCA maka dokumen pelengkap yang harus kamu siapkan antara lain formulir penggantian kartu, foto KTP elektronik, dan foto selfie dengan KTP elektronikmu.

Sementara itu, jika kamu ingin menukarkan kartu tanpa chip lewat Layanan CS Digital maka dokumen pelengkap yang harus kamu siapkan hanya KTP elektronik asli, bukan fotokopi. Jika kamu datang ke Kantor Cabang BCA maka dokumen pelengkap yang kamu butuhkan adalah KTP elektronik asli dan juga kartu ATM/Debit yang asli.

Topic:

  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya