Comscore Tracker

Mau Terjun ke Pasar Modal? Pahami Dulu Apa Itu KSEI

Kependekan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia

Jakarta, IDN Times - Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang digemari di tengah pandemik COVID-19 saat ini, terutama oleh generasi millenial. Ada banyak istilah dalam dunia pasar modal yang mesti kamu ketahui sebelum benar-benar terjun berinvestasi saham.

Salah satu istilah di pasar modal yang perlu kamu ketahui adalah KSEI atau kependekan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Berikut ini beberapa informasi tentang KSEI yang bisa kamu jadikan pengetahuan sebelum terjun ke dunia pasar modal.

Baca Juga: 11 Istilah tentang Saham yang Perlu Diketahui Investor Pemula

1. Apa itu KSEI?

Mau Terjun ke Pasar Modal? Pahami Dulu Apa Itu KSEIIlustrasi Kenaikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Melansir dari situs resminya, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) adalah sebuah Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di Pasar Modal Indonesia. Tugasnya adalah untuk menyediakan layanan jasa Kustodian sentral dan penyelesaian transaksi efek yang teratur, wajar, dan efisien sesuai amanah Undang Undang Nomor 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal.

KSEI mulai berdiri di Jakarta pada 23 Desember 1997 dan setahun kemudian tepatnya pada 11 November 1998 baru mendapatkan izin usaha. Setelah itu, bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), KSEI turut menjadi sebuah self-regulatory organization (SRO) atau organisasi yang memiliki kuasa untuk menerapkan aturan di industri pasar modal.

Seiring dengan berjalannya waktu, KSEI membuat peraturan kepemilikan Single Investor Identification yang biasa dikenal sebagai SID pada 2012 silam. SID ini berfungsi sebagai salah satu hal yang bisa meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi dan juga sebagai nomor identitas tunggal bagi investor.

SID ini kamu butuhkan agar proses identifikasi sebagai investor jadi lebih mudah. Selain itu, dengan SID kamu akan bisa mendapatkan berbagai pengembangan pasar modal lainnya, seperti fasilitas Acuan Kepemilikian Sekuritas (AKSes).

2. Apa itu Fasilitas AKSes KSEI?

Mau Terjun ke Pasar Modal? Pahami Dulu Apa Itu KSEIKaryawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Fasilitas AKSes KSEI merupakan sebuah sarana pemberi informasi melalui jaringan internet bagi investor guna memonitor posisi dan mutasi efek miliknya yang tersimpan pada sub rekening efek di KSEI.

Setiap investor kemudian berhak memperoleh akses atas fasilitas ini melalui Pemegang Rekening KSEI yang mana investor ini terdaftar sebagai nasabah. Adapun KSEI tidak memungut biaya satu rupiah pun baik kepada para Pemegang Rekening KSEI maupun investor.

Baca Juga: KSEI Sosialisasikan Fasilitas AKSes ke 22.918 Investor Saham Semarang

3. Manfaat fasilitas AKSes KSEI

Mau Terjun ke Pasar Modal? Pahami Dulu Apa Itu KSEIANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memanfaatkan fasilitas AKSes dari KSEI.

Pertama adalah kamu sebagai investor akan merasa lebih percaya diri dalam melakukan investasi. Hal ini lantaran adanya jaminan rasa aman di pasar modal lewat pembukaan sub rekening efek yang dapat dimonitor secara langsung oleh kamu selaku investor.

Kedua, kamu sebagai investor juga akan mendapatkan kemudahan melakukan diskusi terkait laporan portofolio lain yang tersebar di beberapa bank kustodian atau perusahaan efek.

Keuntungan ketiga bagi kamu sebagai investor adalah bisa memperoleh informasi tambahan terkait situasi pasar modal secara transparan.

Fungsi terakhir adalah kamu sebagai investor bisa mengakses secara real time data kepemilikan efek serta mutasinya dalam sub rekening efek yang disimpan di sistem KSEI hingga kurun waktu 30 hari ke belakang.

4. Manfaat Fasilitas AKSes KSEI bagi pemegang rekening

Mau Terjun ke Pasar Modal? Pahami Dulu Apa Itu KSEIWartawan salah satu stasiun televisi melaporkan pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (18/9/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tidak hanya untuk investor, fasilitas AKSes KSEI juga memiliki manfaat bagi pemegang rekening. Sebagai informasi, yang berhak menjadi pemegang rekening adalah Perusahaan Efek dan Bank Kustodian.

Manfaat pertama adalah dapat memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya sesuai dengan ketentuan berlaku bagi investor yang menjadi nasabahnya.

Manfaat berikutnya bisa menjadi sarana komunikasi dalam penyampaian dan penyajian informasi berupa inquiry atau report bagi nasabahnya dengan data akurat secara langsung.

Ketiga, dapat mengurangi biaya komunikasi, biaya cetak, dan biaya pengiriman laporan serta manfaat yang keempat adalah dapat secara terbuka memberikan pengembangan lebih lanjut dan lebih spesifik sesuai kebutuhan pemegang rekening.

Baca Juga: Mengenal RDN, Rekening Wajib Para Investor Saham

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya