Comscore Tracker

Penipuan Modus Call Center Bank Marak Lagi, Ini Tips Menghindarinya

Selalu waspada dan gunakan aplikasi pihak ketiga bila perlu

Jakarta, IDN Times - Salah satu jenis penipuan yang masih sering kali terjadi adalah spam call atau penipuan melalui panggilan telepon. Penipuan via telepon ini memiliki berbagai macam modus, salah satunya adalah dengan mengaku sebagai call center sebuah bank.

Baru-baru ini, kasus penipuan dengan modus call center bank kembali terjadi. Dua orang nasabah Jenius BTPN menjadi korbannya.

Kedua korban tersebut terpaksa harus kehilangan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah akibat rekeningnya dikuras oleh si penipu.

Untuk itu, berikut ini IDN Times berikan tips mengenali telepon penipuan dengan modus sebagai call center bank maupun modus lainnya.

Baca Juga: Banyak Penipuan atas Nama Bank, Ini 5 Cara Mengatasinya

1. Telepon bukan dari nomor resmi

Penipuan Modus Call Center Bank Marak Lagi, Ini Tips Menghindarinyaillawarramercury.com.au

Pada salah satu kasus penipuan call center Jenius BTPN, Wirawan A Chandra yang menjadi korban mengaku mendapatkan telepon Whatsapp dari nomor +1 (225) 240 - 1221.

Dari sini, kamu bisa mengetahui bahwa nomor tersebut bukan merupakan nomor yang berasal dari Indonesia dan bisa saja kamu acuhkan kecuali kamu memiliki teman dengan nomor telepon dari luar negeri.

Kemudian, jika benar itu telepon resmi perusahaan maka sudah seharusnya nomor yang digunakan adalah nomor perusahaan, bukan nomor pribadi dan bukan pula nomor dari luar negeri.

Jika kamu mendapatkan telepon dari nomor seperti itu sebaiknya abaikan saja sehingga kamu dapat terhindar dari upaya penipuan.

Baca Juga: Lagi, Uang Ratusan Juta Milik Nasabah Jenius BTPN Raib Akibat Penipuan

2. Tidak akan menelepon dua kali

Penipuan Modus Call Center Bank Marak Lagi, Ini Tips Menghindarinyanewgrounds.com

Ada kalanya mungkin kamu akan khawatir telepon itu datang dari seseorang yang kamu kenal atau memang ada informasi penting. Ada satu cara untuk mengetahuinya: membiarkannya missed call terlebih dahulu.

Jika memang itu panggilan penting, maka dipastikan akan panggilan kedua menggunakan nomor yang sama. Penipu tidak akan melakukan itu karena terlalu menghabiskan tenaga.

3. Memiliki nomor yang serupa

Penipuan Modus Call Center Bank Marak Lagi, Ini Tips Menghindarinyastartupnation.com

Dalam sehari, biasanya kamu akan mendapat beberapa telepon sekaligus. Nomor teleponnya akan berbeda, tetapi uniknya sangat mirip.

Yang berbeda biasanya terletak di tiga digit terakhir dan angkanya itu juga tak jauh. Sebagai contoh kamu ditelepon dengan akhir 712, maka spam call lainnya bisa 715, 719 atau 721.

4. Penanganan paling mudah adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga

Penipuan Modus Call Center Bank Marak Lagi, Ini Tips Menghindarinyaventurebeat.com

Masalah spam call ini sudah mendapatkan banyak perhatian orang. Oleh karena itu, beberapa pihak mencoba menawarkan solusi, yaitu lewat aplikasi pendeteksi nomor telepon. Ada banyak yang tersedia di App Store ataupun Play Store, pilih baik-baik berdasarkan rating dan komentar penggunanya.

Aplikasi ini mampu mengenali panggilan yang masuk dan mengurasi apakah itu merupakan telepon penipuan atau tidak. Kamu bisa menggunakan aplikasi itu untuk mengurangi spam call yang masuk.

Melaporkan kasus spam call bisa terbilang tidak terlalu berguna karena kecil kemungkinan untuk dilacak akibat mudahnya membuat nomor. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tidak terlalu berharap kepada mereka dan menghindarinya sendiri.

Semoga saja lewat daftar pengenalan ini, panggilan penipuan itu tidak sampai menipumu.

Baca Juga: Banyak Penipuan atas Nama Bank, Ini 5 Cara Mengatasinya

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya