Comscore Tracker

Tips Terhindar dari Penipuan via Telepon yang Catut Nama BCA

Nomor call centre BCA yang resmi hanya 1500888

Jakarta, IDN Times - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA mewanti-wanti seluruh nasabahnya untuk tetap waspada dengan segala modus penipuan yang mengatasnamakan BCA.

Teranyar, modus baru penipuan BCA adalah dengan mengaku pihak BCA melalui telepon dari nomor yang menyerupai call center BCA.

"Modus penipuan mengatasnamakan Bank BCA makin marak belakangan ini, terutama telepon dari nomor palsu seperti +6221-1500888/021-500888, dan sebagainya," ujar Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn, dalam keterangan resminya kepada IDN Times, Minggu (5/9/2021).

Hera menambahkan, para penipu tersebut menggunakan aplikasi Fake Caller sehingga bisa menimbulkan kesan bahwa nomor yang menghubungi nasabah adalah benar dari pihak BCA.

Oleh sebab itu, Hera memberikan tiga tips kepada para nasabah BCA untuk terhindar dari modus penipuan tersebut.

Baca Juga: Layanannya Sering Dicatut untuk Modus Penipuan, Ini Respon BCA

1. Jangan pernah angkat telepon dari nomor mencurigakan

Tips Terhindar dari Penipuan via Telepon yang Catut Nama BCABCA Mobile (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Tips pertama dari Hera adalah jangan pernah mengangkat telepon dari nomor mencurigakan, meskipun terlihat mirip dengan nomor call centre milik BCA.

"Sebaiknya teman-teman tidak menyimpan nomor Halo BCA pada kontak di
handphone, sehingga bisa melihat nomor telepon yang masuk apakah benar nomor resmi Halo BCA 1500888 tanpa ada embel-embel +62, 021, atau apapun," tutur Hera.

Baca Juga: Jenis-Jenis Tabungan BCA, Mau Pilih yang Mana?

2. Tetap tenang dan panik jika tak sengaja mengangkat telepon dari penipu

Tips Terhindar dari Penipuan via Telepon yang Catut Nama BCAbca.co.id/Deretan akun palsu HaloBCA untuk modus penipuan di Twitter

Hera menyarankan kepada para nasabah untuk tetap tenang dan jangan panik jika tidak sengaja mengangkat telepon dari nomor tidak dikenal.

Ketenangan juga diperlukan ketika misalnya pihak di seberang telepon memberikan informasi adanya aktivitas mencurigakan pada kartu kredit atau rekening atau mobile banking milik nasabah.

"Tetap tenang dan jangan panik. Kalau Anda melayani maka kartu kredit, debit/ATM, dan tabungan Anda bisa jebol! Jadi, segera matikan telepon tersebut," ucap Hera.

Hera pun dengan tegas menyampaikan bahwa BCA tidak pernah meminta data pribadi seperti PIN ATM, nomor kartu ATM, PIN mobile banking, CVV kartu kredit, OTP, dan data pribadi lainnya.

3. Segera hubungi jalur resmi pengaduan BCA

Tips Terhindar dari Penipuan via Telepon yang Catut Nama BCA(IDN Times/BCA)

Jika kamu mendapatkan atau menemukan aktivitas mencurigakan tersebut, maka kamu bisa langsung dengan segera menghubungi jalur resmi yang dimiliki oleh BCA.

Untuk telepon, kamu bisa menghubungi Halo BCA di 1500888, Twitter di @HaloBCA, email di halobaca@bca.co.id, dan atau WhatsApp resmi BCA di nomor 08111500998.

"Mari kita sama-sama mengingatkan orang-orang terdekat dan sekitar untuk tidak mudah tertipu oleh para penipu dengan menjalankan tiga cara di atas.
Dengan begitu, teman-teman telah menjadi agent of change pencetak Generasi #AntiModus! " kata Hera.

Baca Juga: Penipuan Modus Call Center Bank Marak Lagi, Ini Tips Menghindarinya

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya