Comscore Tracker

Hati-Hati! Penipu Catut Nama Halo BCA di Medsos, Ini Tips agar Aman

Tetap waspada dan jangan bagikan data perbankan pribadi

Jakarta, IDN Times - Penipuan dengan mengatasnamakan layanan konsumen bank di media sosial kini kembali menjadi sorotan. Nasabah BCA menjadi salah satu korban incaran penipuan bermodus layanan konsumen @HaloBCA.

Penipuan semacam ini memanfaatkan media sosial sehingga lebih mudah menjaring korban. Sadar dengan hal tersebut, BCA kemudian memberikan tips dan trik bagi para nasabahnya untuk terhindar dari penipuan dengan modus seperti itu.

Berikut ini cara terhindar dari penipuan bermodus @HaloBCA yang dikutip IDN Times dari situs resmi BCA (bca.co.id).

Baca Juga: Takut Rekening Dibobol? Ini Cara Aman Mobile Banking dari Bos BCA

1. Periksa keaslian akun HaloBCA

Hati-Hati! Penipu Catut Nama Halo BCA di Medsos, Ini Tips agar Amanbca.co.id/Akun Twitter asli HaloBCA

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari risiko penipuan adalah dengan memeriksa keaslian akun Halo BCA. Dalam memeriksa keasliannya, kamu harus memperhatikan username dan @handle yang digunakan untuk menghubungi kamu di Twitter atau Instagram.

Akun HaloBCA yang asli memiliki username Halo BCA dan @handle @HaloBCA.

Jika kamu menemukan akun seperti @haloBCA (memakai 'i' kapital) atau @halloBCA (memakai double 'L') atau lainnya maka dapat dipastikan itu adalah akun bodong yang hendak melakukan kejahatan kepada kamu.

Akun asli Halo BCA mendapatkan centang biru dari Twitter di sebelah username sehingga kamu dapat dengan mudah mengenali akun palsu Halo BCA.

2. Jangan pernah memberikan data pribadi perbankan kamu

Hati-Hati! Penipu Catut Nama Halo BCA di Medsos, Ini Tips agar Amanbca.co.id/Deretan akun palsu HaloBCA untuk modus penipuan di Twitter

Cara berikutnya agar terhindar dari risiko penipuan adalah dengan tidak memberikan data pribadi perbankan yang kamu miliki. Pasalnya, dalam menangani keluhan, pihak BCA tidak akan meminta data perbankan milik kamu.

Oleh karena itu, jaga selalu kerahasiaan data pribadi seperti nomor kartu ATM, kode OTP, user ID, nomor CVV kartu kredit, nama ibu, dan data perbankan lainnya untuk tidak diberikan kepada siapapun.

Baca Juga: Duh! Pelapor Kasus Salah Transfer BCA di Surabaya Dilaporkan ke Polisi

3. Pastikan hanya mengikuti akun resmi BCA

Hati-Hati! Penipu Catut Nama Halo BCA di Medsos, Ini Tips agar AmanBCA Mobile (IDN Times/Hana Adi Perdana)

BCA memiliki beberapa akun resmi sesuai dengan layanan yang dimiliki. Di Instagram, kamu bisa mengikuti akun resmi BCA di @goodlifebca. Kemudian di Twitter kamu bisa mengikuti @bankbca, @XpresiBCA, @kartukreditBCA, @goodlifebca, dan @HaloBCA.

Akun-akun resmi tersebut juga dilengkapi centang biru yang diberikan oleh Instagram dan Twitter sebagai tanda keaslian sehingga akan lebih mudah buat kamu untuk mengidentifikasinya.

Jika ada akun di luar itu yang mengikuti, membalas twit kamu, dan mengirim direct message maka dapat dipastikan sebagai akun bodong yang hendak melakukan penipuan terhadap kamu.

Tetap waspada dan jangan sebarkan data pribadi perbankan kamu ya!

Baca Juga: BCA Rilis Bunga KPR dan KKB Murah, Millennial Siap-siap Ya!

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya