Comscore Tracker

Agen Penagihan: Pengertian, Jenis, dan Tugasnya

Penjelasan apa itu agen penagihan

Pernahkah kamu mendengar istilah agen penagihan? Menurut Otoritas Jasa Keuangan, agen penagihan atau yang sering disebut collection agent biasanya bank, atau pihak yang bertindak sebagai agen untuk inkaso.

Untuk mengetahui apa itu agen penagihan, simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Jadi Agen BRILink, Usaha Pedagang Sembako Ini Berkembang Pesat

2. Pengertian agen penagihan

Agen Penagihan: Pengertian, Jenis, dan TugasnyaGoogle Image

Agen penagihan terdiri dari dua suku kata dengan pengertian masing-masing yaitu:

Pengertian agen adalah seseorang atau perusahaan atau lembaga yang mewakili perusahaan untuk melakukan penjualan atas nama pengusaha yang diwakilkan.

Pengertian penagihan adalah sebuah proses untuk menagih hutang, agar seseorang yang memiliki piutang membayar sebagaimana yang telah dijanjikan.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan, agen penagihan adalah seseorang, bisa berupa perusahaan atau lembaga yang mewakilkan usaha penagihan kepada seseorang yang memiliki piutang atas nama orang yang diwakilkannya. 

2. Tugas agen penagihan

Agen Penagihan: Pengertian, Jenis, dan TugasnyaUnsplash/@thoughtcatalog

Di lapangan para agen penagihan dipekerjakan oleh perusahaan kreditur untuk menagih pembayaran tunggakan dari para debiturnya. Selain itu agen penagihan memiliki tugas-tugas penting lainnya. Yaitu:

a. Melayani para pelanggan dan bertanggung jawab untuk menagih pembayaran yang ditunggak dalam jatuh tempo yang sudah ditentukan.
b. Merupakan penghubung antara pelanggan dan penyedia kredit atau kreditur 
c. Memproses para rekening pelanggan yang telah jatuh tempo
d. Mendaftar para pelanggan yang telah melewatkan jatuh tempo
e. Membuat daftar dan mengurutkan sesuai level pelanggaran yang dilakukan.
f. Memberi informasi kepada pelanggan tentang rekening yang sudah jatuh tempo, dan total hutang hingga saat informasi diberikan.
g. Menginformasikan kepada klien tentang rekening yang telah jatuh tempo dan jumlah yang terutang saat ini. 
h. Menganalisis segala syarat-syarat penjualan atau dokumen-dokumen untuk peminjaman.
i. Mengoreksi ulang informasi pelanggan
j. Memastikan pelanggan mampu melakukan tanggung jawab pembayaran dengan melihat latar belakang pelanggan.

3. Jenis agen penagihan

Agen Penagihan: Pengertian, Jenis, dan Tugasnya(https://image.cermati.com/)

Agen penagihan dibagi beberapa jenis sesuai fungsi dan tujuan atau siapa yang akan ditagih. Hal ini merupakan standar aktivitas yang dilakukan agen penagihan kepada pihak penjamin.

Berikut adalah jenis-jenis agen penagihan dan pengertiannya:

  1. Agen Penagihan Kredit perawatan kesehatan
    Tugas utama agen penagihan Kredit perawatan kesehatan adalah menagih hutang kepada pemilik layanan kesehatan. Aktivitas penagihan dilakukan dengan cara yang tidak akan membuat pasien atau perawat terganggu. Hutang yang ditagih adalah hutang dalam kontrak pinjaman antara penyedia layanan kesehatan dengan agen penagih.
  2. Agen Penagihan Pengumpul Ritel
    Jenis agen satu ini menagih hutang konsumen kepada perusahaan ritel. Sistemnya agen penagihan hutang membeli klaim diskon dari utang perusahaan ritel. Lalu menerima pembayaran penuh dari pelanggan yang bersangkutan.
  3. Agen Penagihan Pemulihan Cek 
    Agen penagihan pemulihan cek jenis agen yang para personilnya dilatih dengan didikan khusus. Hal ini disebabkan tugas yang diberikan kepada jenis agen ini menagih sebuah hutang bekas kejahatan, yaitu melakukan penipuan dengan melakukan pembayaran yang tidak mereka miliki di rekening giro mereka.

Hutang ini sangat mampu membuat bisnis mengalami kerugian dan bangkrut, sebab mengganggu laju arus bisnis secara serius.

4. Pihak yang berkaitan dengan agen penagihan

Agen Penagihan: Pengertian, Jenis, dan TugasnyaPexels/Startup Stock Photos

Berikut ini kamu harus mengetahui mengenai pihak berkaitan dengan agen penagihan:

  1. Desk Collector 
    Seseorang yang memiliki tugas untuk memperingati penagihan secara tidak langsung. Penagihan dilakukan melalui email, telpon, atau teks sms.
  2. Debt Collector
    Seseorang yang berkerja menagih hutang pinjaman secara langsung. Tugas debt collector dilakukan ketika peminjam tidak juga melakukan pembayaran ketika sudah ditagih oleh desk collector.
  3. Remedical Collector
    Seseorang yang bekerja menyita beberapa aset peminjam untuk dijadikan jaminan atau pembayaran karena tunggakan hutang.

Baca Juga: Miliki 1.940 Agen, Prudential Peringkat Pertama MDRT Indonesia

5. Tugas desk collector dalam agen penagihan

Agen Penagihan: Pengertian, Jenis, dan TugasnyaUnsplash.com/ Scott Graham

Desk collector adalah tangan pertama penagihan pada sebuah perusahaan agen penagihan. Selain memberi peringatan kepada peminjam, ada beberapa tugas penting lagi yang harus dikerjakan oleh bagian desk collector

Tugas tersebut meliputi:

a. Memonitoring dan melakukan pengecekan kepada pelanggan atau nasabah yang mengalami kemacetan membayar angsuran. Seperti pelanggan yang membayar jauh dari jatuh tempo.
b. Mengirimkan surat yang dibuat untuk menagih kepada pelanggan atau nasabah yang bermasalah. Surat yang tersebut akan dikirim oleh bagian lapangan dan diberikan secara langsung kepada pelanggan atau nasabah tersebut.
c. Menerapkan Standar Operasional dan peraturan atau persyaratan kontrak untuk pelunasan hutang.
d. Membuat laporan untuk diserahkan kepada pimpinan atau kepala collection, berupa laporan harian progres pelanggan atau nasabah yang bermasalah.
e. Membuat laporan kepada para kolektor berupa laporan keuangan harian.

6. Perbedaan desk collector dan debt collector agen penagihan

Agen Penagihan: Pengertian, Jenis, dan Tugasnyahttps://unsplash.com/@christiannkoepke

Masih banyak yang sulit membedakan antara desk collector dan debt collector. Hal ini mungkin disebabkan karena tugas utama dua bagian ini sama yaitu “menagih hutang” akan tetapi keduanya memiliki tugas detail yang jauh berbeda.

Desk collector menagih utang dengan proses tidak langsung, yaitu melalui surat tagihan yang dikirim oleh petugas lapangan, dan membuat laporan-laporan atas kemajuan atau progres penagihan nasabah. 

Atau sederhana desk collector menagih hutang pada peminjam tanpa bertemu orangnya, hanya melalui surat atau peringatan tertulis saja.

Debt collector menagih hutang kepada peminjam secara langsung setelah diberi laporan dari desk collector bahwa pelanggan atau nasabah tersebut telah melakukan penunggakan pembayaran, atau telah melanggar perjanjian kontrak pinjaman.

Bagian ini menagih secara langsung, bertemu dengan si peminjam kadang pula harus sedikit melakukan “penekanan” agar peminjam merasa sedikit terancam dan melakukan kembali pembayaran secara kontrak pinjaman yang telah dibuat. 

Namun, debt collector tetap harus melakukan penagihan dengan cara yang telah ditentukan Standar Operasional, jika debt collector melakukan hal di luar SOP yang perusahaan buat, justru akan menjadi masalah bagi perusahaan tersebut.

Perusahaan kredit tetap harus memiliki SOP yang humanis, menekankan musyawarah, pertemuan baik-baik. Bukan melakukan kekerasan yang menimbulkan bentrokan fisik atau penekanan yang berlebihan yang membuat peminjam justru mengalami sakit psikis.

7. Etika profesi agen penagihan

Agen Penagihan: Pengertian, Jenis, dan TugasnyaPexels.com/Jessica Lewis
  1. Memiliki izin resmi dan Identitas resmi yang diberikan oleh otoritas.
  2. Melakukan Standar Operasional pinjaman berupa tidak melakukan, kekerasan, ancaman, atau menjatuhkan harga diri peminjam.
  3. Tidak melakukan kekerasan secara fisik atau verbal.
  4. Tidak menagih kepada pihak-pihak yang tidak berhutang.
  5. Tidak melakukan tindakan teror kepada peminjam.

Baca Juga: Agen Resmi, PT Arumi Tegaskan Tak Pernah Jual BBM Ilegal

Melalui pembahasan di atas kini kamu dapat memahami apa tugas dan peranan agen penagihan kepada perusahaan dan pelanggannya. Tidak seperti citra yang disebar luas masyarakat perihal agen penagihan yang kasar dan tidak tahu aturan.

Ternyata agen penagihan memiliki SOP tersendiri yang harus diikuti oleh mereka untuk melakukan tugasnya menagih hutang. Jika hal-hal yang tidak diinginkan ternyata dilakukan oleh agen penagihan artinya agen penagihan tersebut melanggar etika profesinya. 

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Wendy Novianto
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya