Comscore Tracker

Analis Sistem Komputer: Pengertian dan Tujuannya

Penjelasan Apa itu Analis Sistem Komputer

Di dalam bidang pekerjaan saat ini, ada suatu profesi yang bernama Analis Sistem Komputer. Sekilas mungkin kita menyangka kalau profesi satu ini sangat erat kaitannya dengan komputer atau bagian Teknologi Informasi.

Menjadi seorang Analis Sistem Komputer di zaman teknologi seperti ini berhasil diminati oleh kalangan pemuda sehingga tidak mengherankan banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ini. Untuk mengetahui lebih dalam apa itu Analis Sistem Komputer bisa kamu simak di bawah ini.

Baca Juga: Analis: Harga Saham Tesla Sekarang Ikuti Pergerakan Bitcoin

Pengertian Analis Sistem Komputer

Analis Sistem Komputer: Pengertian dan Tujuannyatechno.id

Analis Sistem Komputer atau bisa juga disebut dengan System Analyst merupakan sebuah pekerjaan yang bertugas dalam analisis, mengkoordinir hingga melakukan aplikasi pada sebuah sistem teknologi komputer. Secara umum, orang yang berprofesi Analis Sistem Komputer banyak berperan sebagai pemimpin dalam proyek sistem baru dalam suatu perusahaan.

Selain itu, posisi Analis Sistem Komputer pada perusahaan juga ikut meneliti sistem terbaru yang berhubungan dengan pembaharuan TI maupun bagian infrastruktur. Dengan begitu, setiap perusahaan bisa lebih efisien dalam pengadaan teknologi baik itu untuk kantor bersangkutan maupun untuk masyarakat.

Tujuan Analis Sistem Komputer

Analis Sistem Komputer: Pengertian dan Tujuannyapexels.com/pixabay

Secara umum, seorang Analis Sistem Komputer harus dapat memahami sebuah perangkat lunak maupun perangkat keras pada sebuah komputer. Untuk sisi perangkat lunak, seorang Analis Sistem Komputer dapat mendeteksi adanya kesalahan atau bisa memastikan program bisa berjalan sempurna.

Sedangkan dari sisi perangkat keras, Analis Sistem Komputer harus bisa memeriksa kelengkapan dan juga kondisi perangkat komputer seperti CPU, monitor, keyboard, mouse, dan masih banyak lagi. Selain itu, tujuan lain dari Analis Sistem Komputer bisa kamu temukan sebagai berikut:

1.Membantu kelengkapan data

Analis Sistem Komputer diharapkan bisa membantu kelengkapan data seperti mencatat fakta melalui formulir standar. Dengan begitu, dia bisa tahu data mana yang belum lengkap atau belum terkumpul semuanya.

2. Membantu analisis data

Tidak hanya sekedar mencatat data saja, Analis Sistem Komputer juga perlu menganalisis data tersebut dalam bentuk tabel maupun bagan. Dengan begitu, orang akan tahu dan paham seperti apa data yang sedang dikembangkan atau diperiksa.

3.Membantu komunikasi dengan ahli lainnya

Tentunya dalam sebuah proyek terdapat banyak sekali ahli di dalamnya seperti operator, programer komputer, dan lain-lain. Di sinilah Analis Sistem Komputer harus dapat berkomunikasi dengan tim lainnya.

Hal ini dikarenakan Ahli Analis Sistem Komputer dianggap lebih paham masalah yang ada dalam data-data yang dipelajari sehingga komunikasinya sangat dibutuhkan.

4.Membantu adanya pelatihan

Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya bahwa Analis Sistem Komputer sudah paham dengan masalah yang ada dalam data tersebut. Dengan begitu, saat ada pelatihan untuk staf perusahaan, Analis Sistem Komputer diperlukan untuk memberikan kemudahan dalam pengoperasian.

5. Membantu sistem keamanan komputer

Saat data-data komputer sudah didapatkan, tentunya harus disimpan pada tempat yang aman. Di sinilah seorang Analis Sistem Komputer bisa mengelola data tersebut agar aman dan tidak terjadi kerusakan maupun mendapatkan virus komputer.

Baca Juga: IHSG Kamis Pagi Melemah Analis Sarankan Waktunya Belanja Saham!

Tanggung Jawab dan Deskripsi Pekerjaan Analis Sistem Komputer

Analis Sistem Komputer: Pengertian dan TujuannyaLeskompi

Jika kita melihat dari sisi tujuan dan deskripsinya, Analis Sistem Komputer akan lebih banyak berkutat dengan komputer dan berbagai kode di dalamnya. Meskipun begitu, seorang Analis Sistem Komputer tidak harus selalu dengan kode pemrograman semata.

Dilihat dari sisi pekerjaannya, ada empat jenis yang dibutuhkan untuk posisi Analis Sistem Komputer seperti di bawah ini.

1.Investigasi

Pada sebuah proyek pengembangan yang dilakukan Analis Sistem Komputer, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan investigasi. Di dalam pekerjaan seperti ini, Analis Sistem Komputer bisa mencari masalah di dalam data atau bisa juga memperbaikinya.

Untuk bisa melakukan investigasi juga tidak bisa sembarangan. Biasanya Analis Sistem Komputer akan bertanya dulu pada pihak programer dan juga developer. Dengan begitu, dia bisa paham apa yang sedang dikerjakan.

2.Analisis

Setelah melakukan investigasi, maka langkah berikutnya dari Analis Sistem Komputer adalah melakukan analisis dari pendapat ahli sebelumnya. Di dalam analisis tersebut bisa saja sebuah percobaan langsung data yang akan diperbaiki atau bisa juga mengembangkan

Jika analisis sudah berhasil menjadi sebuah panduan, maka tim Analis Sistem Komputer harus membuat sebuah syarat sistem yang diperlukan. Di dalam persyaratan tersebut terdapat hal-hal yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan sistem komputer.

3. Desain

Mengingat Analis Sistem Komputer sudah paham dari poin sebelumnya, maka sudah sewajarnya jika dia juga perlu membuat  desain seperti modul, data yang digunakan, arsitektur hingga sistem antarmuka.  Secara umum, dalam pengembangan desain dari data yang didapatkan, Analis Sistem Komputer akan bekerja sama dengan tim developer yang terdiri dari front end, back end hingga full stack.

4. Implementasi

Posisi yang terakhir adalah implementasi data yang sudah dikembangkan atau diperbaiki  pada sistem komputer. Dalam poin ini, diharapkan hasil data yang dimodifikasi atau dibuat dalam sistem baru bisa berjalan sehingga dapat digunakan oleh perusahaan.

Baca Juga: Analis: Penambahan Kapasitas Penumpang Hindari Kenaikan Harga Tiket

Kesimpulan

Analis Sistem Komputer: Pengertian dan Tujuannyapixabay.com/Comfreak

Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu bahwa menjadi seorang Analis Sistem Komputer tidaklah mudah. Perlu ketelitian yang tinggi agar pekerjaan yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Apa kamu juga sekarang berminat atau sedang menekuni profesi Analis Sistem Komputer?

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya