Comscore Tracker

Analisis Profitabilitas Nasabah: Pengertian dan Keuntungannya

Penjelasan apa itu analisis profitabilitas nasabah

Bank merupakan lembaga keuangan yang bertanggung jawab untuk mengadakan berbagai layanan keuangan bagi masyarakat luas. Hal ini bertujuan untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan, termasuk membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonominya melalui layanan kredit dan yang lainnya. 

Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, bank tentu menerapkan sejumlah kebijakan sejak awal. Selain itu, melakukan analisis profitabilitas nasabah terhadap kondisi keuangan calon nasabah maupun nasabah juga menjadi hal penting lainnya yang tak bisa diabaikan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa itu analisis profitabilitas nasabah secara lengkap, simak di bawah ini.

Baca Juga: Profitabilitas Telkom Meningkat, Kinerja IndiHome Kian Menguat   

1. Pengertian analisis profitabilitas nasabah

Analisis Profitabilitas Nasabah: Pengertian dan Keuntungannyaunsplash.com/Adeolu Eletu

Jika merujuk pada penjelasan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), analisis profitabilitas nasabah merupakan sebuah metode analisa pendapatan serta biaya yang dikaitkan dengan penggunaan berbagai layanan perbankan seorang nasabah, di mana hal ini dilakukan untuk menjaga hubungan kedua pihak (bank dan nasabah). Analisis dilakukan untuk mengetahui besaran keuntungan yang didapatkan bank dari kerjasama dengan nasabah yang bersangkutan. 

Secara umum, analisis profitabilitas nasabah merupakan sebuah perhitungan manajemen biaya untuk mengindentifikasi besaran biaya serta manfaat atas layanan yang diberikan kepada konsumen, di mana hal ini ditujukan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara maksimal. Jika melihat kenyataan tersebut, sangat penting bagi pihak perusahaan memahami analisis profitabilitas dengan baik. 

Analisis ini dapat dipakai untuk mengambil keputusan terkait dengan alokasi sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk masing-masing konsumen. Hal ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas alokasi tersebut, di mana kondisi tersebut dapat dilihat melalui jumlah keuntungan yang didapatkan dari masing-masing konsumen.

2. Keuntungan yang didapatkan dari analisis profitabilitas nasabah

Analisis Profitabilitas Nasabah: Pengertian dan Keuntungannyapexels.com/Piotr Adamovics

Berdasarkan penjelasan Blocher (2002:831), ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan analisis profitabilitas nasabah, antara lain:  

1. Membuat perusahaan menjadi labih fokus pada berbagai sumber daya yang dimilikinya, baik itu sumber daya yang bisa menghasilkan perkembangan keuntungan untuk pihak perusahaan maupun untuk memperbaiki berbagai hal yang membuat tingkat pengembalian (keuntungan) menjadi kurang maksimal. 

Hal di atas akan membuat perusahaan memiliki kemampuan yang baik dalam mengawasi perkembangan bisnis secara keseluruhan. Bukan hanya untuk lini bisnis yang menguntungkan, namun juga untuk memaksimalkan berbagi lini bisnis yang belum berjalan maksimal. 

2. Mengenali tingkat perbedaan yang belum bisa diprediksi di dalam profitabilitas yang terdapat pada kelompok konsumen tertentu serta melakukan penyelidikan atas berbagai penyebab yang membuat timbulnya perbedaan tersebut.

Langkah di atas akan memungkinkan perusahaan melakukan identifikasi yang detail terhadap berbagai perbedaan pada keuntungan perusahaan, termasuk menemukan berbagai hal yang menjadi penyebabnya. Hal ini akan mempermudah proses perbaikan dalam waktu yang lebih singkat. 

3. Terkait dengan proses negosiasi yang agresif bersama konsumen, perusahaan bisa memperkirakan dampak keuangan atas perubahan yang direncanakan, di mana hal ini juga bisa menjadi dasar untuk mengambil keputusan. 

Negosiasi dengan pihak konsumen juga akan membantu pihak perusahaan lebih mudah untuk memperkirakan dampak keuangan yang kelak akan didapatkan atas rencana tertentu. Hal ini bahkan bisa menjadi salah satu dasar dalam pengambilan keputusan. 

4. Mempermudah penyesuaian kebijakan tentang harga produk bagi konsumen yang menginginkan layanan lebih tinggi, jika dibandingkan dengan keuntungan rata-rata yang bisa didapatkan. 

Hal di atas berkaitan dengan penanganan konsumen tertentu yang menginginkan layanan khusus, di mana konsumen yang bersangkutan biasanya juga akan menginginkan harga khusus atas produk yang mereka beli dari perusahaan.

5. Memperbaiki berbagai cara berinteraksi pada konsumen, agar berbagai aktifitas yang menganggu atau membebani perusahaan bisa dihilangkan.
Interaksi yang tidak efektif dengan konsumen memang kerap terjadi dan membuat perusahaan terganggu, sehingga dibutuhkan perubahan yang bisa membawa komunikasi dan interaksi yang lebih positif lagi. 

6. Membantu untuk memilih segmen pasar tepat dan potensial, sehingga tujuan untuk mendapatkan konsumen yang besar dan bisa memberikan keuntungan maksimal dapat tercapai.

Cara di atas akan memungkinkan perusahaan menemukan segmen pasar terbaik dan tepat sasaran, di mana hal ini juga akan sekaligus membuka peluang keuntungan yang maksimal bagi perusahaan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Tabungan BNI, Nasabah Bisa Pilih Sesuka Hati!

3. Dua cara mudah untuk melakukan analisis profitabilitas nasabah

Analisis Profitabilitas Nasabah: Pengertian dan KeuntungannyaUnsplash.com/gabrielizalo

Menurut Mowen, berikut ini adalah cara mudah melakukan analisis profitabilitas nasabah: 

  • Mengidentifikasi konsumen

Proses identifikasi pada konsumen dapat dilakukan dengan cara mengelompokkan konsumen berdasarkan beberapa hal, seperti: pendapatan, usia, pola distribusi kebutuhan, selera, referensi, dan yang lainnya. 

  • Menghitung pendapatan dan biaya yang dikeluarkannya

Menghitung besaran pendapatan juga menjadi cara lainnya yang bisa dilakukan, hal ini akan ditentukan oleh banyak hal, antara lain, jumlah penjualan produk yang bisa dicapai, program diskon yang dikeluarkan untuk konsumen, serta tingkat pengembalian dan juga pendapatan. 

Sedangkan biaya pembelian adalah sejumlah biaya yang diterapkan kepada konsumen ketika mereka mengkonsumsi produk atau layanan perusahaan.

Baca Juga: Menteri BUMN Kagumi Nasabah PNM yang Mau Belajar Bisnis Daring

4. Analisis profitablitas nasabah sangat membantu kinerja bank

Analisis Profitabilitas Nasabah: Pengertian dan KeuntungannyaIlustrasi Bank. (IDN Times/Aditya Pratama)

Melakukan analisis profitabilitas merupakan hal yang kerap dilakukan pihak perbankan terhadap calon nasabah maupun nasabah mereka. Hal ini bertujuan untuk melihat potensi keuntungan atas layanan yang akan diberikan kepada nasabah tersebut.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya