Comscore Tracker

Anggaran: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Penjelasan apa itu anggaran

Setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan tersendiri di dalam menjalankan usahanya. Hal seperti ini berlaku untuk semua perusahaan, bahkan perusahaan yang masih dalam skala kecil sekalipun. 

Namun di dalam prakteknya, masing-masing perusahaan akan mengatur anggaran keuangannya dengan sedemikian rupa. Hal ini penting, sebab perusahaan yang sukses haruslah didukung dengan anggaran yang efektif dan tentunya sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Namun, apa itu Anggaran sebenarnya, simak penjelasan dan beberapa fungsinya di bawah ini.

Baca Juga: Pemprov DKI Refocusing Anggaran Rp1,4 T buat Penanganan COVID-19

1. Pengertian anggaran

Anggaran: Pengertian, Fungsi dan ManfaatnyaPexels/Pixabay

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anggaran merupakan taksiran mengenai pemasukan dan juga pengeluaran kas yang diharapkan di masa periode mendatang.

Sedangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan anggaran adalah sebuah rencana keuangan yang rinci dan terkoordinasi terkait perkiraan jumlah penerimaan serta pengeluaran untuk kurun waktu tertentu, pada umumnya untuk satu tahun, di mana hal ini biasanya dipakai sebagai target atau rencana kerja perusahaan. 

Jika melihat penjelasan di atas, tentu sangat jelas bagaimana anggaran akan begitu penting bagi sebuah perusahaan. Kesuksesan perusahaan dalam mencapai target tahunan atau periode tertentu akan dipengaruhi oleh anggaran yang telah disusun sebelumnya, sehingga pihak perusahaan harus memahami pengertian anggaran dan juga penyusunannya dengan baik. 

Anggaran merupakan suatu rencana yang dibuat dengan sistematis berupa angka serta dinyatakan dalam bentuk unit moneter, di mana hal ini mencakup semua aktifitas sebuah perusahaan maupun organisasi dalam periode/kurun waktu tertentu pada masa mendatang. 

Anggaran juga kerap disebuat sebagai rencana keuangan, sebab anggaran dibuat berbentuk unit moneter. Pada umumnya, anggaran perusahaan akan disusun setiap awal tahun dan digunakan untuk jangka waktu setahun atau bahkan bisa saja lebih.

2. Fungsi anggaran pada sebuah perusahaan maupun organisasi

Anggaran: Pengertian, Fungsi dan ManfaatnyaUnsplash/Luis Villasmil

Ada beberapa fungsi anggaran untuk perusahaan atau organisasi, berikut ini di antaranya: 

  • Fungsi Pelaksanaan

Anggaran digunakan sebagai salah satu pedoman untuk menjalankan sebuah proyek, sehingga proyek tersebut bisa berjalan dengan baik lancar, sebagaimana rencana dan juga target yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan maupun organisasi.

Berdasarkan hal tersebut, jelas anggaran akan memiliki peran yang besar untuk mengkoordinasikan seluruh aktifitas yang dijalankan di dalam perusahaan maupun organisasi. 

  • Fungsi Perencanaan

Anggaran juga akan berfungsi di dalam tahap perencanaan yang disusun oleh perusahaan ataupun organisasi. Anggaran akan memberikan gambaran cukup jelas dan  bisa dijadikan pedoman terkait unit moneter dalam menjalankan berbagai aktifitas pada sebuah perusahaan maupun organisasi.  

Fungsi anggaran tersebut akan membuat perencanaan menjadi lebih matang serta menjadi lebih terarah sebagaimana yang telah ditargetkan oleh perusahaan maupun organisasi. Perencanaan seperti ini akan jadi lebih mudah, jika anggaran disusun sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Sri Mulyani Minta Anggaran Kemenkeu 2022 Naik Rp992 Miliar

3. Manfaat anggaran bagi perusahaan dan organisasi

Anggaran: Pengertian, Fungsi dan ManfaatnyaPixabay/Aymanejed

Ada beberapa manfaat anggaran bagi pihak perusahaan maupun organisasi, beberapa di antaranya seperti berikut ini: 

  • Menjadi motivasi serta memicu rasa tanggung jawab pada para pegawai.
  • Membuat berbagai aktifitas perusahaan lebih fokus dan sesuai dengan target yang telah ditentukan.
  • Memaksimalkan penggunaan berbagai peralatan dan menghemat biaya.
  • Memberikan gambaran tentang kelemahan perusahaan maupun organisasi.
  • Memberikan gambaran tentang perencanaan yang lebih efisien dan terpadu.
    menjadi pedoman untuk setiap aktifitas perusahaan maupun organisasi.
  • Menjadi media evaluasi terhadap berbagai aktfitas perusahaan maupun organisasi.

Baca Juga: Dapat Pagu Anggaran Rp2,38 Triliun di 2022, Kemendag Ajukan Tambahan

4. Anggaran perlu diterapkan di dalam setiap perusahaan dan organisasi

Anggaran: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnyapexels.com

Memahami pengertian anggaran merupakan hal yang sangat penting untuk semua perusahaan maupun organisasi, sebab hal ini akan mempermudah banyak hal terkait rencana perusahaan di masa yang akan datang.

Anggaran yang disusun dengan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan, akan sangat membantu perusahaan maupun organisasi untuk mencapai berbagai target dan tujuannya dengan tepat sasaran.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya