Comscore Tracker

ASIC Miner: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Penjelasan apa itu ASIC Miner

Dalam dunia menambang uang digital terdapat istilah yang kerap disebut sebagai ASIC Miner. Biasanya ASIC Miner digunakan untuk menambang mata uang digital tertentu yang terbagi menjadi beberapa jenis.

Salah satu mata uang digital yang banyak peminatnya belakangan ini yaitu Bitcoin. Bitcoin adalah uang elektronik yang telah dibuat sejak tahun 2009 dengan melakukan transaksi melalui internet tanpa melalui jasa bank.

Bagi kamu yang tertarik menjadi penambang Bitcoin, kamu perlu mengetahui beberapa hal seputar persiapan yang dibutuhkan. Seperti yang paling utama yaitu perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi.

Selain spesifikasi tinggi, harga dari komputer ini juga mahal dan biaya konsumsi aliran listrik dari komputer tersebut juga cenderung mahal. Jadi, kamu perlu mempersiapkan budget yang cukup banyak.

Seperti yang telah disebutkan di awal, komputer yang digunakan untuk menambang Bitcoin ini disebut sebagai ASIC Miner. Dalam ulasan ini, akan membahas mengenai apa itu ASIC Miner lebih detail, simak lebih lanjut.

Baca Juga: Aplikasi Bitcoin El Salvador Gangguan Teknis, Calon Investor Kabur

1. Apa itu ASIC Miner?

ASIC Miner: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaIlustrasi Bitcoin (ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier)

ASIC adalah singkatan dari kata dalam bahasa inggris yaitu Application Specific Integrated Circuit. Sedangkan ASIC Miner adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan proses menambang mata uang digital.

ASIC diciptakan khusus untuk menambang Bitcoin secara gratis dengan jumlah yang cukup banyak. Jadi, kamu dapat menghasilkan Bitcoin dengan jumlah yang signifikan dan Bitcoin dapat terhitung dengan cepat.

Secara mudahnya, Bitcoin ASIC merupakan perangkat komputer yang digunakan untuk melakukan penambangan Bitcoin atau biasa disebut sebagai generator Bitcoin. 

Bentuk dari ASIC seperti chip mikroprosesor dan RAM seperti pada umumnya. Namun bedanya, ASIC Miner dirancang secara spesifik untuk mempertahankan blockchain Bitcoin.

Maksud dari blockchain Bitcoin yaitu suatu basis data publik yang dapat menyimpan berbagai informasi digital. Untuk membeli ASIC, kamu perlu membutuhkan sejumlah uang yang cukup banyak karena harganya pun mahal.

Tetapi, ASIC memberikan keuntungan bagi penambang uang digital. Sebab ASIC memberikan peforma yang lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer biasa yang cenderung kurang kuat.

Sedangkan mining memiliki arti sebagai proses dalam mengelola blockchain. Jadi, tugas dari ASIC Miner yaitu membantu dalam melakukan peninjauan transaksi Bitcoin serta membuat blok yang baru, agar informasi dapat ditambah ke blockchain.

Dalam melakukan proses penambangan uang digital akan melibatkan cara pemecahan masalah matematika yang cukup kompleks, serta penambangan menggunakan fungsi hash intrinsik yang berisikan data transaksi.

Adanya teka-teki matematika dalam proses penambangan Bitcoin membuat setiap penambang Bitcoin menjadi bersaing secara ketat dengan satu sama lain agar dapat menyelesaikan dan memecahkan teka-teki tersebut.

Bagi penambang yang berhasil menemukan solusi dari teka-teki matematika tersebut, maka akan menerima hadiah berupa sejumlah Bitcoin. Selain itu, biaya dari transaksi ke transaksi blok termasuk dalam hadiah tersebut.

Maka dari itu, banyak penampang yang berlomba-lomba untuk melakukan transaksi ke dalam agar dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan hadiah.

2. Perangkat yang dibutuhkan

ASIC Miner: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaWebsite

Jika kamu sudah memiliki ASIC Miner, kamu harus memiliki beberapa hal lainnya agar dapat melancarkan penambangan Bitcoin. Kamu harus memiliki beberapa software khusus, seperti BFGMiner, BTCMiner, CGMiner, EasyMiner, dan lain lain.

Setelah itu, kamu harus siapkan kalkulator penambang Bitcoin. Kalkulator tersebut digunakan untuk mengetahui hasil dari menambang Bitcoin yang telah kamu dapatkan berdasarkan daya komputasi dari perangkat ASIC Miner.

Beberapa hal lainnya yang dapat menjadi pendukung untuk menambang Bitcoin yaitu wallet Bitcoin yang digunakan untuk menerima hasil menambang, membuat akun pool mining semacam slush pool, dan jika diperlukan kamu dapat menambahkan kipas tambahan.

Baca Juga: Harga Bitcoin Tembus 51 Ribu Dolar AS, Tertinggi sejak Mei

3. Model ASIC

ASIC Miner: Pengertian, Fungsi dan Jenisnyapexels.com/Vojtech Okenka

Agar kamu lebih mudah memahami ASIC, kamu bisa mengingat ASIC sebagai hardware khusus untuk melakukan penambangan Bitcoin agar dapat meningkatkan performa kamu dalam perlombaan dan menambang Bitcoin.

ASIC terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini terdapat perbandingan ASIC yang paling banyak digunakan beberapa tahun belakangan ini, antara lain:

  • Model ASIC Antminer S9: Hash Rate (TH/s) 14.0, 1372W, Harga: 2.694 USD (Jika dirupiahkan menjadi sekitar 38 juta)
  • Model ASIC Avalonminer 821: Hash Rate 11.0, 1200W, Harga: 3.190 USD (Jika dirupiahkan menjadi sekitar 45 juta)
  • Model ASIC Antminer R4: Hash Rate 8.4, 845W, Harga 1.000 USD (Jika dirupiahkan menjadi sekitar 14 juta)

Baca Juga: Memahami Apa Itu Mata Uang Kripto, Bitcoin dan Blockchain

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai ASIC Miner, terutama bagi kamu yang ingin mulai melakukan penambangan Bitcoin. ASIC Miner merupakan salah satu hal yang harus kamu miliki paling pertama sebelum membeli hal lainnya.

Dengan menggunakan ASIC Miner, maka proses penambangan Bitcoin akan lebih mudah dan memberikan banyak keuntungan bagi kamu. Setelah membaca ulasan ini, apakah kamu sudah paham tentang ASIC Miner?

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya