Comscore Tracker

Asuransi Kelompok: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Penjelasan apa itu asuransi kelompok

Memasuki era modern, semakin canggih teknologi, semakin tinggi juga minat dan kebutuhan manusia. Salah satu bentuk dari hal ini adalah soal Asuransi. Banyak orang yang mulai sadar akan kebutuhan asuransi yang menurut mereka penting.

Hal ini juga menyangkut bagaimana manusia memiliki ruang pergerakan yang luas dan tentunya juga menimbulkan berbagai macam kekhawatiran. Alasan utama terciptanya Asuransi adalah untuk melindungi aset penting seseorang baik itu aset bernyawa, benda mati, dan lainnya. Asuransi juga bekerja untuk jangka waktu Panjang maupun pendek, sehingga orang-orang tidak perlu khawatir akan apapun yang mereka miliki.

Dari sekian banyak jenis asuransi yang ada, kali ini kita akan membahas tentang apa itu  asuransi kelompok. Apa yang dimaksud dengan Asuransi Kelompok? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa perbedaannya dengan Asuransi Individu?

Baca Juga: Biar Kecelakaan Gak Bikin Bangkrut, Asuransi Kendaraan Tidak Cukup!

1. Pengertian asuransi kelompok

Asuransi Kelompok: Pengertian, Fungsi dan Jenisnyapixabay

Menurut kamus bisnis dan bank, Asuransi Kelompok (group insurance) didefinisikan sebagai asuransi terhadap bahaya kematian, kecelakaan, dan lain-lainnya yang mana hal tersebut digunakan satu polis asuransi yang terdiri atas sekelompok orang yang homogen.

Beberapa definisi lain juga mengatakan bahwa Asuransi Kelompok adalah program asuransi yang memberikan perlindungan terhadap sejumlah orang dalam satu kontrak asuransi yang mana mempunyai hubungan dengan pemilik polis.

Dengan kata lain, Asuransi Kelompok adalah sekelompok orang yang mempunyai hubungan khusus dengan pemilik polis untuk mendapatkan perlindungan asuransi dalam kontrak tunggal. Hubungan ini ibarat Kerjasama yang terpercaya antara sekelompok orang dengan si pemilik polis dalam menjaga aset yang mereka miliki.

2. Karakteristik asuransi kelompok

Asuransi Kelompok: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaUnsplash.com

Biasanya, jenis Asuransi Kelompok ada pada suatu naungan perusahaan yang mana mereka memberikan perlindungan untuk para pekerja yang bekerja diperusahaan tersebut. Misalkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan atau kecelakaan saat bekerja, maka pihak perusahaan wajib memberikan perlindungan ini atau asuransi.

Selain itu juga, ada beberapa karakteristik dan perbedaan dari Asuransi Kelompok dengan Asuransi Individu yaitu sebagai berikut:

1.   Underwriting

Artinya Ketika memiliki asuransi Kelompok, maka suatu kelompok tidak perlu lagi meninjau asuransi ini untuk keperluan apa. Misalkan untuk masalah kesehatan, kebiasaan, atau moral perorangan.

Proses Underwriting ini meliputi persetujuan kontrak antara calon nasabah dengan polis untuk menentukan mana yang akan menjadi produk asuransi. Karena asuransi ini memang diperuntukan khusus untuk mencapai taksiran mortalita dan morbidita kelompok (hak istimewa pekerja di perusahaan tersebut).

2.   Kontrak induk

Berbeda dengan Asuransi Individu, Asuransi Kelompok ada yang mendapatkan ada dan tanpa sertifikat asuransi layaknya Asuransi Individu (karena diperuntukan perorangan).

3.   Biaya lebih rendah

Dibandingkan Asuransi Individu, jelas lebih rendah Asuransi Kelompok. Karena perlindungan ini diberikan dengan bentuk kelompok yang memungkinkan perusahaan yang bertanggung jawab tidak mampu memberikan sepenuhnya terhadap karyawan yang terdampak kesusahan hingga memungkin menggunakan Asuransi Kelompok tersebut (kecelakaan saat kerja).

Baca Juga: Perlukah Ibu Rumah Tangga Miliki Asuransi? Ini Jawabannya

3. Perbedaan antara asuransi kesehatan kelompok dan individu

Asuransi Kelompok: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaPexels/Rawpixel

Sekarang mari kita kerucutkan lagi antara perbedaan Asuransi Kesehatan Kelompok dan Perorangan secara lebih rinci dan singkat. Intinya, Asuransi Individu ini memiliki ‘hak istimewa’ dari pada Asuransi Kelompok, karena kamu bisa lebih bebas dan leluasa dalam memilih produk apa yang akan kamu tetapkan namun premi asuransi lebih besar dibandingkan Asuransi Kelompok. Lalu apa saja perbedaan antara Asuransi Kesehatan Kelompok dan Individu?

1.   Penetapan Premi

Premi asuransi atau biaya yang dipatok untuk Individu lebih besar dibandingkan Asuransi Kelompok. Selain itu juga penetapan premi Asuransi Individu memiliki aturan dimana semakin tua usia seseorang maka semakin tinggi juga premi yang harus dibayarkan, dengan Asuransi Kelompok menetapkan premi sama ratanya dengan semua usia.

2.   Nominal Premi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, premi Individu jauh lebih mahal dibandingkan premi asuransi Kelompok hal ini dikarenakan perusahaan yang menanggung tentunya memiliki Kerjasama dengan satu polis saja sehingga harga jadi lebih murah. Sementara itu, premi Asuransi Individu lebih mahal dikarenakan mereka hanya memegang satu asuransi yang mana pihak individu tersebut bebas menentukan apa yang menjadi produk asuransi tersebut.

3.   Manfaat Yang Diberikan

Dibandingkan Asuransi Kelompok, jelas jauh lebih unggul Asuransi Individu karena kamu dapat memiliki manfaat sesuai dengan kontrak yang sudah ditulis. Sementara Asuransi Kelompok tentu saja hanya perusahaan yang dapat menentukannya.

Selain itu juga Asuransi Individu bersifat baku yang artinya kamu memiliki kemampuan untuk memodifikasi apa saja Batasan dan cakupan dari isi kontrak asuransi yang diajukan, sementara Asuransi Kelompok tidak dan bersifat tailor made atau disesuaikan.

4.   Beda Persiapan

Asuransi Individu diperuntukan untuk jangka waktu yang akan datang, sedangkan Asuransi Kelompok dapat digunakan saat kamu membutuhkannya karena itu sudah menjadi kontrak kerja dengan perusahaan.

5.   Beda Produk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Asuransi Individu tentunya memiliki berbagai jenis produk yang bisa kamu ajukan yang artinya tidak hanya soal kesehatan saja tapi aspek lainnya seperti harta.

Sedangkan Asuransi Kelompok biasanya kamu dapat mengklaim saat kamu terkena kecelakaan saat bekerja selama di perusahaan tersebut, jadi perusahaan akan membayar tanggungan itu.

Baca Juga: Akibat Lumpur, Petani di Banyuwangi Proteksi Diri dengan Asuransi

Kesimpulannya, Asuransi Kelompok diperuntukan untuk karyawan perusahaan yang bisa mensejahterakan mereka, sedangkan Asuransi Individu digunakan untuk kepentingan pribadi dengan melindungi aset-aset tertentu. Jika kamu ingin memiliki asuransi individu pastikan asuransi itu berguna untuk dirimu dan keluarga ya.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya