Comscore Tracker

Biaya Bukan Biaya Bunga: Pengertian dan Komponen Utamanya

Penjelasan apa itu biaya bukan biaya bunga

Biaya memiliki berbagai macam jenis yang biasa kita temukan dalam keseharian. Maksud dari biaya adalah sejumlah uang yang dikeluarkan oleh seseorang atau perusahaan untuk mendapatkan suatu barang atau jasa.

Dalam perbankan, terdapat istilah biaya bukan biaya bunga. Mungkin beberapa dari kalian masih merasa asing dengan istilah tersebut yang berkaitan dengan perhitungan dari suatu bank tertentu.

Ulasan ini akan membahas terkait biaya bukan biaya bunga secara terperinci. Simak  hal-hal yang harus kamu ketahui tentang apa itu biaya bukan biaya bunga, antara lain:

Baca Juga: Bukan Bunga Biasa, Ini 5 Potensi Bunga Arnica untuk Kesehatan

1. Definisi biaya bukan biaya bunga

Biaya Bukan Biaya Bunga: Pengertian dan Komponen UtamanyaPexels/cottonbro

Berdasarkan definisi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biaya bukan biaya bunga adalah biaya operasi tetap dari suatu bank yang digunakan untuk perhitungan pada pendapatan dari pinjaman, denda keterlambatan, biaya fasilitas kredit, dan iuran tahunan. Dalam bahasa Inggris, biasanya disebut sebagai noninterest expense.

Contoh dari biaya bukan biaya bunga yaitu seperti biaya gaji, biaya peralatan, biaya sewa gedung bagi perusahaan beserta perlengakapannya, pajak, dan biaya-biaya lainnya yang termasuk pada cadangan penghapusan kredit macet. 

2. Apa itu biaya bukan biaya bunga

Biaya Bukan Biaya Bunga: Pengertian dan Komponen Utamanyaunsplash.com/William Iven

Jika kamu masih bingung mengenai definisi diatas, secara umumnya, biaya bukan biaya bunga dapat diartikan sebagai biaya operasional dari bank atau suatu lembaga keuangan tertentu yang digolongkan secara terpisah dari biaya bunga dan cadangan kerugian kredit.

Sebagai contoh dalam suatu perusahaan akan biaya bukan biaya bunga seperti pembayaran gaji, pemberian bonus, dan tunjangan dari setiap karyawan. Selain itu, penyewaan terhadap suatu gedung atau peralatan untuk kepentingan bisnis dari suatu perusahaan.

Contoh lainnya yaitu dapat dilihat dari biaya teknologi informasi, layanan telekomunikasi, pembayaran pajak, suatu layanan professional, pemasaran atau promosi, dan penghapusan atau amortisasi benda tak berwujud.

Jadi, biaya bukan biaya bunga adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selain pembayaran bunga deposito dan obligasi. Biasanya biaya bukan biaya bunga juga sering berasal dari biaya operasional yang telah dikeluarkan dalam menjalankan bank sehari-hari.

Nominal dari biaya bukan biaya bunga akan lebih tinggi untuk suatu bank investasi dibandingkan dengan bank komersial. Sebab bank invetasi memiliki ketergantungan terhadap perdagangan, manajemen aset, serta layanan konsultasi pasar modal. 

Berdasarkan dari ketergantungan tersebut, bank investasi membutuhkan kompensasi karyawan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mall Bunga Sidomulyo, Pusat Belanja Bunga di Kota Batu  

3. Komponen utama biaya bukan biaya bunga

Biaya Bukan Biaya Bunga: Pengertian dan Komponen UtamanyaPexels/Oleg Magni

Biaya bukan biaya bunga memiliki nominal yang cukup besar dan bank harus pandai dalam mengelolanya dengan penuh kehati-hatian agar dapat mendapatkan untung yang maksimal. Jika tidak bisa mengelolanya, pengeluaran tanpa bunga yang berlebihan akan memberikan dampak secara langsung pada bottom line atau pendapatan bersih.

Biaya bukan biaya bunga merupakan beban bagi operasional bank yang sebagian besar terdiri dari biaya personalia (gaji atau tunjangan). Biaya untuk penyewaan gedung dan biaya IT termasuk pada komponen biaya material.

Sedangkan biaya profesional, termasuk pada jasa hukum untuk melakukan penyelesaian masalah, seperti adanya penipuan di masa lalu, di masa sekarang, atau di masa depan yang dapat mempengaruhi suatu bank.

 Terkadang biaya bukan biaya bunga dianggap sebagai overhead (penurunan biaya pengeluaran) dan digunakan untuk menghitung rasio overhead dari bank agar dapat menganalisis apa yang terjadi dan melakukan perbandingan silang dengan bank lainnya.

Rata-rata aset dari biaya bukan biaya bunga adalah rasio overhead. Maksudnya, terdapat biaya operasi saat sedang berbisnis yang dibandingkan oleh pendapatan perusahaan.

Ketika rasio overhead menduduki tingkat tinggi dalam waktu yang lama, maka bank biasanya akan melakukan penanganan biaya personel terlebih dahulu. Sebab biaya modal manusia (pembayaran kepada karyawan) merupakan sebagian besar dari biaya bukan biaya bunga.

Biasanya pemegang saham akan memperhatikan kompensasi eksekutif untuk memastikan bahwa manajer tidak menerima gaji yang tidak seharusnya. 

Pemegang saham biasanya lebih menyukai kompensasi yang kompetitif, tetapi terkadang mereka ingin melihat biaya personal secara keseluruhan agar memastikan masih dalam kisaran yang wajar.

4. Pendapatan operasional biaya bukan biaya bunga

Biaya Bukan Biaya Bunga: Pengertian dan Komponen Utamanyaunsplash.com

Biasanya bank menggunakan pendapatan operasional agar dapat seimbang dengan biaya bukan biaya bunga. Pendapatan operasional ini termasuk pada pendapatan bunga bersih atas pinjaman dan pendapatan dari biaya bukan biaya bunga.

Terdapat dua jenis pendapatan operasional dalam biaya bukan biaya bunga, antara lain:

  • Pendapatan bunga bersih: pendapatan yang diperoleh bank dari pinjaman dan pendapatan dari mencari selisih antara bunga yang dikenakan terkait pinjaman dan bunga yang dibayarkan dari simpanan nasabah.
  • Pendapatan non bunga: pendapatan yang didapatkan dari biaya lainnya selain pendapatan bunga pinjaman.

Baca Juga: Perpustakaan New York Hapus Biaya Keterlambatan Pengembalian Buku

Itulan ulasan mengenai biaya bukan biaya bunga yang telah dirangkum secara rinci. Bagaimana menurut kamu mengenai biaya bukan biaya bunga?

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya