Comscore Tracker

Bitcoin: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Penjelasan Apa itu Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang digital yang saat ini sedang populer. Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto yang merupakan nama samaran.

Hingga saat ini nama pencipta bitcoin masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Beliau menciptakan bitcoin pada Januari 2009 tepatnya pada saat jatuhnya pasar perumahan. 

Dengan arti lain, bitcoin merupakan mata uang digital yang digunakan dan pendistribusiannya dilakukan secara elektronik.

Bitcoin ini tidak diterbitkan maupun didukung oleh pemerintah atau bank. Jadi, dapat kita simpulkan bitcoin adalah jenis mata uang digital (elektronik) di mana mata uang ini tidak diterbitkan atau didukung oleh jasa keuangan atau pemerintah. Untuk pembahasan selengkapnya mengenai apa itu bitcoin, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: ETF Bitcoin Berjangka Pertama AS Akan Mulai Diperdagangkan

1. Istilah-istilah dalam bitcoin

Bitcoin: Pengertian, Kelebihan dan KekurangannyaUnsplash

Sebelum memahami cara kerja bitcoin, alangkah baiknya kita lebih dahulu memahami istilah-istilah yang terdapat dalam bitcoin. Adapun istilah-istilah dalam bitcoin sebagai berikut:

  1. Blockchain
    Blockchain biasa disebut dengan kode sumber terbuka. Blockchain memiliki fungsi untuk membuat buku besar publik bersama. Setiap transaksi yang dilakukan adalah blok yang dirantai ke kode guna membuat catatan permanen dari setiap transaksi.Teknologi blockchain ini adalah jantung dari 2.200 mata uang kripto yang tercipta setelah hadirnya bitcoin.
  2. Kunci pribadi dan publik
    Dompet bitcoin berisi kunci pribadi dan kunci publik. Kunci pribadi ini sebanding dengan pin ATM sedangkan kunci publik sebanding dengan nomor rekening bank.Kunci pribadi dan kunci publik ini kemudian akan bekerja sama dalam memungkinkan pemilik itu menandatangi transaksi secara digital (elektronik). Selain itu, juga akan memberikan bukti otorisasi.
  3. Penambang bitcoin
    Istilah ketiga yaitu penambang bitcoin. Penambang atau anggota platform peer to peer ini secara bebas mengkonfirmasi transaksi dengan menggunakan komputer yang berkecepatan tinggi mulai dari 10 hingga 20 menit. Penambang dibayar dalam bitcoin berkat usaha yang dilakukannya.

2. Cara kerja bitcoin

Bitcoin: Pengertian, Kelebihan dan KekurangannyaPixabay/Pete Linforth

Setelah memahami istilah-istilah dalam bitcoin, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja bitcoin tersebut. Cara kerja bitcoin dengan menggunakan teknologi peer-to-peer atau teknologi dari ujung ke ujung untuk memfasilitasi segala pembayaran instan. 

Individu maupun perusahaan independen yang memiliki kemampuan komputasi yang mengatur serta berpartisipasi dalam jaringan bitcoin terdiri dari penambang. Penambang ini yang bekerja dalam proses transaksi di blockchain yang dimotivasi oleh pelepasan bitcoin baru serta biaya transaksi yang dibayarkan dalam bitcoin.

Penambang ini telah dianggap sebagai pusat otoritas terdesentralisasi yang menegakkan kredibilitas pada jaringan bitcoin. 

Baca Juga: Harga Bitcoin Terus Naik, Tembus Rp712 Juta

3. Kelebihan dan kekurangan bitcoin

Bitcoin: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannyapixabay/geralt

Baca Juga: El Salvador Tambang Bitcoin Pakai Energi dari Gunung Berapi

Kelebihan Bitcoin

Bitcoin memiliki kelebihan dalam penggunaannya. Adapun beberapa kelebihan bitcoin sebagai berikut:

  1. Keamanan transaksi pribadi dengan biaya yang sedikit
    Apabila kita sudah mempunyai bitcoin, kita bisa melakukan transfer kapan saja maupun di mana saja. Sehingga hal itu bisa mengurangi waktu dan potensi biaya yang timbul dari transaksi apapun itu. 
  2. Keamanan transaksi pribadi juga hal yang utama. Proses transaksi bitcoin ini tidak menggunakan informasi pribadi seperti nama atau nomor kartu kredit sehingga dapat menghilangkan risiko pencurian informasi konsumen untuk kepentingan pencurian identitas.
  3. Potensi pertumbuhan besar
    Banyak para investor yang membeli dan menahan mata uang ini. Hal ini karena bitcoin memiliki potensi pertumbuhan yang besar. Sehingga apabila ke depannya kepercayaan dan penggunaan ini meningkat maka nilai bitcoin akan ikut naik.
  4. Tidak terhubung pada bank atau pemerintah
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bitcoin tidak diterbitkan atau didukung oleh bank maupun pemerintah. Hal ini menjadi salah satu kelebihan bitcoin. Akibat terjadi krisis keuangan dan resesi hebat, sehingga membuat beberapa investor ingin merangkul mata uang alternatif yang terdesentralisasi di mana mata uang bitoin ini berada di luar kendali bank biasa, perantara pemerintahan maupun pihak ketiga lainnya.

Kekurangan Bitcoin

Selain memiliki kelebihan, bitcoin ini juga memiliki kekurangan dalam penggunaannya. Adapun kekurangan dari bitcoin antara lain:

  1. Harga berubah-ubah
    Salah satu kekurangan bitcoin adalah harganya yang sering berubah atau tidak stabil. Misal, kenaikan harga bitcoin pada tahun 2012 yang didorong karena adanya spekulan yang bergegas ke pasar bitcoin. Keuntungan tersebut merupakan sebuah kabar baik apabila kita membeli bitcoin di Desember 2018. Pada awalnya, mereka yang membeli bitcoin pada tahun 2017 di mana saat itu harga bitcoin sedang melesat hingga $ 20.000 masih memerlukan pemulihan kerugian yang telah dialaminya.
  2. Pengguaan yang terbatas
    Tidak sembarang perusahaan yang dapat memakai mata uang bitcoin ini. Misal, pada perusahaan telekomunikasi AT&T yang bergabung dengan perusahaan seperti Microsoft dan Dish Network untuk memulai pembayaran dengan bitcoin. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan tersebut akan menerapkan beberapa pengecualian yang tidak sejalan dengan aturan perusahaan.
  3. Risiko peretasan
    Kekurangan lainnya jika kita menggunakan bitcoin akan menjadi peluang bagi para peretas. Karena teknologi blockchain dalam bitcoin yang dipercaya lebih aman dibanding transfer uang elektronik tradisional sudah menjadi target yang menarik.Contohnya pada Mei 2019 lalu, terjadi pencurian bitcoin lebih dari $ 40 juta dari beberapa akun yang bernilai tinggi di bursa cryptocurrency binance.

Topic:

  • Rinda Faradilla

Berita Terkini Lainnya