Comscore Tracker

Euro: Pengertian dan Penyebarannya

Penjelasan apa itu euro

Jika mendengar kata euro sudah pasti di benak kita semua muncul pemikiran mengenai mata uang yang sangat terkenal dan berlaku di Eropa. Mata uang ini tampaknya sangat terkenal sehingga bukan hanya masyarakat di wilayah Eropa saja yang mengenalnya namun juga di berbagai negara belahan bumi lainnya. 

Mungkin secara sekilas kamu tahu mengenai apa itu euro serta fungsinya dan bisa juga bentuk atau tampilannya. Namun untuk mengenal euro secara lebih dalam lagi, kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini. 

Baca Juga: Bantuan Kemanusiaan, Inggris Tambah 29 Juta Euro untuk Ethiopia

1. Pengertian euro

Euro: Pengertian dan PenyebarannyaIlustrasi uang euro. (Pexels.com/pixabay)

Euro adalah mata uang resmi yang berlaku di wilayah Eropa. Tentu hal itu menjadikannya sebagai alat pembayaran yang sah di negara-negara di wilayah tersebut.

Mata uang euro ini dilambangkan dengan suatu simbol yang membuatnya menjadi lebih mudah diidentifikasi yaitu simbol yang sekilas menyerupai huruf kapital E.

2. Berlakunya euro

Euro: Pengertian dan Penyebarannyapixabay.com/image4you

Mata uang euro umumnya berlaku di berbagai negara yang ada di Eropa namun tidak semua negara di benua itu menggunakannya. Mata uang yang sering dikenal dengan kode EUR ini, menjadi mata uang resmi dari 27 negara yang merupakan anggota Uni Eropa. 

Penyebaran mata uang euro ke berbagai negara di Eropa menyebabkan lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia ini menggunakan mata uang yang kemudian dipatok ke mata uang euro.

Umumnya kelompok negara ini lebih dikenal dengan istilah zona euro atau area euro dengan jumlah warga sekitar 343 juta jiwa pada 2019. Ini menjadikan euro sebagai mata uang terbesar yang kedua setelah dolar AS. Euro juga menjadi mata uang paling banyak diperdagangkan di valuta asing setelah dolar AS.

Euro: Pengertian dan PenyebarannyaPexels/cottonbro

3. Uang kertas euro

Euro: Pengertian dan PenyebarannyaPixabay.com/Janeb13

Sama seperti mata uang lainnya di negara lain, euro juga terdiri atas uang kertas. Bentuk fisik uang kertas euro ini sama dengan uang kertas yang berlaku di negara lainnya. 

Tampilan permukaan uang kertas euro ini sangat indah dan menarik dan tampak modern. Uang kertas ini terdiri dari berbagai macam warna di setiap nilainya. 

Baca Juga: Mola Chill Festival Sukses Tutup EURO 2020, Intip Keseruannya

4. Uang logam euro

Euro: Pengertian dan Penyebarannyaunsplash

Todak hanya berupa kertas, euro juga bisa didapatkan dalam bentuk logam. Koin euro mungkin bisa dibilang hampir sama dengan koin lainnya dengan ukuran yang mungkin juga hampir serupa. 

Uang koin euro juga masih terus digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dan uang ini hadir dengan bentuknya yang unik. Yang membedakan uang logam euro dari uang logam di negara lainnya adalah adanya lambang dari identitas masing-masing negara yang menggunakan euro. 

5. Zona euro

Euro: Pengertian dan Penyebarannyapexel

Zona euro memiliki nama resmi area euro atau eurozone dan juga memiliki nama yang tidak resmi yaitu tanah euro. Zona euro ini pada dasarnya mengacu pada dari berbagai negara yang menjadi anggota Uni Eropa dan telah mengadopsi euro sebagai mata uang resmi mereka. 

Segala kebijakan moneter yang berjalan di zona euro ini dipimpin oleh Bank Sentral Eropa yang juga bertanggung jawab secara langsung di dalam zona euro.

Baca Juga: 5 Fakta Lagu BTS Butter yang Akan Diputar di Pembukaan Final EURO 2020

6. Perdagangan euro

Euro: Pengertian dan Penyebarannyapikrepo.com

Sebagai mata uang uang terbesar kedua setelah dolar AS, euro menarik banyak peminat. Banyak orang dari negara lain yang berminat memilikinya bahkan hal ini terjadi pula di dunia valuta asing.

Mata uang euro juga diperdagangkan di valas dan banyak orang yang berminat untuk melakukan transaksi jual beli euro karena mata uang ini dinilai cukup kuat. Tidak hanya itu, kondisi perekonomian dan politik serta ketahanan di Eropa yang dinilai baik dan stabil membuat banyak orang ingin membeli euro dalam dunia valas. 

Mata uang euro yang berlaku di sejumlah negara di benua Eropa ini memang sangat terkenal karena dinilai sangat kuat. Bukan hanya di dunia nyata, m mata uang ini juga bahkan banyak diminati saat diperdagangkan di sekuritas atau pasar modal. 

Tentunya memiliki mata uang euro dinilai sangat menguntungkan terlebih lagi di dunia pasar modal yang identik dengan jual beli mata uang asing. Hal ini karena euro sendiri sangat terkenal di dunia sebagai mata uang dari Uni Eropa. 

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya