Comscore Tracker

Finansial: Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Penjelasan apa itu finansial

Sekilas, istilah finansial cukup umum kita dengar sehari-hari. Namun demikian, bisa jadi tidak banyak yang paham seluk beluk istilah finansial, mulai dari fungsinya hingga langkah pengelolaan finansial yang tepat.

Tentu, untuk melakukan pengelolaan finansial yang tepat, kita memerlukan informasi memadai mengenai hal tersebut. Berikut ulasan di bawah ini adalah penjelasan tentang finansial dan hal yang terkait istilah tersebut.

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Belum Cakap Mengatur Finansial, Lebih Teliti, yuk!

1. Apa itu finansial

Finansial: Pengertian, Manfaat dan FungsinyaUnsplash.com/Austin Distel

Pertama mari kita mengetahui lebih dulu tentang penjelasan apa itu finansial yang sesungguhnya. Finansial adalah kondisi keuangan serta segala macam urusan yang terkait dengan keuangan tersebut.

Banyak di antara masyarakat yang menghubungkan finansial dengan keuangan seseorang, baik itu secara personal maupun dalam kelompok ataupun badan usaha. Sumber finansial ini dapat datang dari berbagai sumber, yang akan dijelaskan selanjutnya.

2. Manfaat finansial

Finansial: Pengertian, Manfaat dan FungsinyaFoto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari adanya pelaksanaan finansial yang baik. Pertama yaitu untuk membantu pengelolaan yang baik dari seluruh sumber dana yang diterima, sehingga pada akhirnya dapat mencapai tujuan finansial yang diinginkan.

Disiplin finansial juga membantu disiplin personal secara optimal dalam mengupayakan kondisi finansial yang memenuhi. Maka dari itu, menyiapkan finansial yang baik tentu akan mendatangkan manfaat yang baik pula bagi para pelakunya.

3. Fungsi utama finansial

Finansial: Pengertian, Manfaat dan Fungsinyaunsplash.com/@firmbee

Mengelola finansial, baik pada sebuah badan usaha maupun personal, pada dasarnya memiliki beberapa tujuan tertentu yang cukup penting. Misalnya secara personal, mengumpulkan dan mengelola finansial untuk digunakan keperluan tertentu seperti berlibur atau keperluan pendidikan.

Berbeda halnya jika melihat fungsi dari adanya finansial dalam sebuah badan usaha atau perusahaan. Biasanya tujuan dari finansial adalah untuk meningkatkan bisnis menjadi lebih baik atau untuk upaya pengembangan bisnis yang menjadi lebih besar.

Baca Juga: 5 Kelebihan Cowok yang Mampu Mandiri Secara Finansial di Usia Muda

4. Sumber finansial

Finansial: Pengertian, Manfaat dan Fungsinyaunsplash/Kelly Sikkema

Ada banyak sumber yang bisa dijadikan opsi untuk mengumpulkan sejumlah dana finansial tersebut. Dalam finansial rumah tangga misalnya, biasanya sumber yang digunakan berasal dari besarnya upah yang diterima oleh anggota keluarga tersebut.

Lain lagi jika membicarakan tentang sumber finansial untuk sebuah bisnis dan usaha yang memiliki badan hukum dan prosedur yang jelas. Biasanya sumber finansial bisa berasal dari hasil penjualan maupun laba yang diterima. Intinya sumber finansial dan besarannya akan berbeda-beda tergantung dari personal maupun badan usahanya.

5. Pengaturan pendanaan untuk finansial

Finansial: Pengertian, Manfaat dan Fungsinyaunsplash.com/Austin Distel

Mengatur pendanaan untuk keperluan finansial sebuah perusahaan atau personal, tentu saja bukan hal yang sederhana, diperlukan perencanaan serta operasional yang tepat.

Maka dari itu, ada baiknya kamu merencanakan pengaturan pendanaan finansial ini dengan seksama supaya nantinya tujuan dari pendanaan finansial bisa tercapai secara maksimal.

Dalam melakukan pengaturan pendanaan finansial ini, ada banyak poin dan cara yang bisa ditempuh. Cara mana yang paling tepat untuk melakukan hal tersebut tentu akan tergantung pada masing-masing personal maupun badan usaha nantinya.

6. Mengelola finansial

Finansial: Pengertian, Manfaat dan Fungsinyaunsplash.com/Kelly Sikkema

Salah satu hal yang cukup penting tapi tidak mudah untuk dilakukan yaitu pengelolaan finansial secara tepat. Baik personal maupun badan usaha, kerap mengalami kesulitan di dalam hal ini dan berujung mengalami kerugian. 

Oleh sebab itu, dalam memastikan pengelolaan finansial yang tepat, diperlukan analisis hingga perhitungan yang sesuai pada setiap poin-poin penentunya. Ini penting agar nantinya pengelolaan finansial dapat berjalan dengan baik dan dapat terjadi secara optimal sesuai keinginan pemilik dana.

7. Risiko finansial

Finansial: Pengertian, Manfaat dan Fungsinyaunsplash.com/Michael Longmire

Seperti halnya menjalankan hal-hal yang lain di dalam bisnis dan usaha, pengaturan finansial itu sendiri juga akan memiliki resiko yang mungkin terjadi. Misalnya saja terjadi kerugian akibat sejumlah faktor sehingga kondisi finansial mengalami penurunan.

Namun hal ini bukan berarti tidak ada potensi terjadi sesuatu yang juga lebih baik, misalnya saja terjadi peningkatan finansial di dalam bisnis. Saat bisnis berkembang lebih baik sehingga pendapatan meningkat, otomatis finansial akan juga terseret menjadi lebih baik.

Baca Juga: Hindari, 7 Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi di Usia 20-an 

Itulah penjelasan mengenai apa itu finansial dan apa saja fungsi hingga manfaat serta pengelolaannya yang tepat dan efektif. Melalui seluruh informasi yang telah tertera di atas, semoga kamu bisa mengelola finansial secara efektif dan efisien.

Saatnya berusaha agar tujuan pengelolaan finansial dapat tercapai sepenuhnya, sehingga pada akhirnya dapat meraih tujuan yang diinginkan dan memperoleh hasil yang baik dari pengelolaan tersebut.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya