Comscore Tracker

Harga Nominal: Pengertian, Nilai Tukar dan Harga Saham

Penjelasan Apa itu Harga Nominal

Tahukan kamu apa itu Harga Nominal? Simak penjelasan lengkap tentang harga nominal, serta hubungannya dengan nilai tukar dan harga saham, di bawah ini. 

Baca Juga: Mantan Menkeu Usulkan Kenaikan Nominal Bansos Tunai

1. Nilai tukar

Harga Nominal: Pengertian, Nilai Tukar dan Harga SahamPhoto by Michael Longmire on Unsplash

Nilai tukar adalah salah satu indikator yang sangat penting dalam menentukan perekonomian suatu negara. Nilai tukar berperan penting dalam keputusan-keputusan pembelanjaan, karena memungkinkan penerjemahan harga-harga dari berbagai negara ke dalam satu bahasa yang sama. 

Berikut beberapa pengertian dari nilai tukar (kurs) menurut para ahli.

  1. Menurut Ekananda (2014), nilai tukar (exchange rate) yang biasanya disebut kurs adalah harga suatu mata uang terhadap mata uang lainnya.
  2. Menurut Kartikaningsih dan Nugroho (2020), nilai tukar (kurs) adalah harga satu unit mata uang asing dalam mata uang domestik dan sebaliknya, 
  3. Menurut Nopirin (2012), nilai tukar adalah adalah harga di dalam pertukaran dua macam mata uang yang berbeda dan terdapat perbandingan nilai atau harga antara kedua mata uang tersebut. 
  4. Menurut Sadono Sukimo (2011), nilai tukar mata uang merupakan salah satu harga terpenting dalam perekonomian terbuka mengingat pengaruh yang demikian besar bagi neraca transaksi berjalan maupun variabel-variabel makro ekonomi yang lainnya. 

Dari beberapa pengertian di atas, secara ringkas dapat dipahami bahwa nilai tukar adalah suatu harga atau nilai mata uang satu negara terhadap negara lainnya, dan memberikan dampak serta peranan penting dalam aktivitas perekonomian negara tersebut. 

2. Pengukuran nilai tukar

Harga Nominal: Pengertian, Nilai Tukar dan Harga SahamPexels.com/Karolina Grabowska

Dalam literatur ekonomi, nilai tukar mata uang suatu negara dibedakan menjadi dua jenis, yaitu nilai tukar nominal dan nilai tukar riil, yang dijelaskan sebagai berikut.

1. Nilai tukar nominal (nominal exchange) adalah nilai yang digunakan seseorang saat menukar mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain. Ketika seseorang mengacu pada kurs diantara dua negara, kurs tersebut biasanya diartikan sebagai kurs nominal. Nilai tukar nominal biasanya terbagi menjadi 3 kurs terpisah, yaitu:

  • Kurs jual (selling rate) adalah kurs yang ditentukan oleh suatu bank untuk penjualan valuta asing tertentu pada saat tertentu.
  • Kurs beli (buying rate) adalah kurs yang ditentukan oleh suatu bank untuk suatu pembelian valuta asing tertentu pada saat tertentu.
  • Kurs tengah (middle rate) adalah kurs yang berada diantara kurs jual dan kurs beli terhadap valuta asing mata uang nasional yang telah ditetapkan oleh bank sentra tertentu.

Pada nominal mata uang, terdapat 2 istilah utama, yaitu:

  • Full bodied money (bernilai penuh) adalah uang yang memiliki nilai instrinsik sama dengan nilai nominal. Misalnya, tertulis nilai uang logam Rp100 dan Rp500 maka nilainya sama dengan nominalnya Rp100 dan Rp500. 
  • Representative full bodied money (tidak bernilai penuh) adalah ketika uang memiliki nilai nominal yang lebih besar daripada nilai intrinsiknya, Misalnya pada uang kertas. 

2. Nilai tukar rill (real exchange) adalah nilai yang digunakan seseorang saat menukar barang dan jasa dari suatu negara dengan barang dan jasa dari negara lain. Kurs riil menyatakan tingkat perdagangan dari suatu negara terhadap negara lain dan sebaliknya, atau yang lebih sering disebut term of trade.

Menghitung nilai tukar riil dari kedua negara menggunakan nilai tukar nominal dan tingkat harga dari kedua negara:

Nilai tukar riil = Nilai tukar nominal x harga barang domestik / Harga barang luar negeri

Dari rumusan di atas, dapat dihasilkan bahwa jika nilai tukar riil tinggi, maka barang-barang dari luar negeri relatif murah dan barang-barang domestik relatif lebih mahal. Hal ini berlaku sebaliknya. 

3. Harga saham

Harga Nominal: Pengertian, Nilai Tukar dan Harga Sahampixabay

Menurut Tandelilin (2010), harga saham adalah harga yang terjadi di pasar saham dan menentukan seberapa besar nilai perusahaan. 

Harga saham sifatnya dinamis atau berubah-ubah, dapat mengalami kenaikan ataupun penurunan dalam hitungan waktu yang sangat cepat. Kenaikan dan penurunan ini terjadi karena permintaan dan penawaran antara pembeli dan penjual saham. 

Baca Juga: 10 Pemain U-21 dengan Nominal Transfer Termahal Sepanjang Sejarah

4. Jenis harga saham

Harga Nominal: Pengertian, Nilai Tukar dan Harga Sahamunsplash.com/Damir Spanic

Harga saham dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Harga nominal merupakan harga yang tertera dalam sertifikat saham dan telah ditetapkan oleh emiten untuk menilai setiap lembar saham yang dikeluarkan. Besarnya harga nominal menunjukkan arti penting karena deviden yang dibayarkan atas saham biasanya ditetapkan berdasarkan nilai nominal.
  2. Harga riil atau saham riil hanya dimiliki oleh pemegang saham mayoritas (pengendali), dimana mereka memiliki kendali penuh atas pengurusan perusahaan, termasuk menentukan gaji dan fasilitas para pejabat. Biasanya saham riil berwujud aset dan bukan nilai tukar mata uang, seperti bangunan rumah, tanah, dan emas. 

5. Contoh kasus

Harga Nominal: Pengertian, Nilai Tukar dan Harga Sahamunsplash.com/rupixen.con

Berikut disediakan ilustrasi mengenai penerapan harga nominal dan harga riil dalam kehidupan sehari-hari. 

  1. Harga nominal akan selalu tetap dan tidak terpengaruh dengan inflasi. Misalkan pada 10 lembar uang dollar tertera $1 masing-masing, maka $1 itulah nominalnya. 
  2. Harga riil berubah-ubah dan mengikuti laju inflasi. Misalkan harga motor pada tahun 2005 sebesar Rp 8.000.000 dan pada tahun 2011 menjadi 12.000.000.

Baca Juga: Daftar Harga Ducati Panigale, Motor Jalanan Termahal 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai nominal dan riil dalam runag lingkup nilai tukar dan harga saham. 

Topic:

  • Rinda Faradilla

Berita Terkini Lainnya