Comscore Tracker

5 Tips Agar Kamu Tetap Konsisten Menabung, Biar Gak Miskin di Hari Tua

Yuk, lakukan demi masa depan yang cerah!

Sejak kecil, kita mungkin sudah diajarkan untuk rajin menabung. Sekecil apa pun nominal yang kita tabung, lama kelamaan akan menjadi banyak asal kita tetap konsisten menabung. Dengan begitu, kalau kamu sudah memutuskan untuk menabung, tetap lakukan dengan konsisten meski jumlah uang yang kamu tabung gak banyak.

Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk tetap konsisten menabung.

1. Begitu dapat penghasilan, langsung alokasikan beberapa persennya sebagai dana tabungan

5 Tips Agar Kamu Tetap Konsisten Menabung, Biar Gak Miskin di Hari Tuapexels.com/maitree rimthong

Begitu mendapatkan pendapatan atau gaji, cobalah untuk mengalokasikan beberapa persennya untuk ditabung. Jadikan dana tabungan sebagai prioritas utama. Baru, sisanya bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dalam hal ini, uang untuk ditabung bukan berasal dari sisa-sisa pendapatan. Sebaliknya, uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari berasal dari sisa-sisa tabungan.

2. Membuka rekening khusus untuk menabung

5 Tips Agar Kamu Tetap Konsisten Menabung, Biar Gak Miskin di Hari Tuapexels.com/Pixabay

Jangan lupa untuk membuat rekening khusus untuk tujuan menabung. Kecuali ada kebutuhan mendesak, rekening itu gak boleh kamu ganggu gugat. Keberadaan rekening khusus semacam ini bisa mencegah kamu untuk mengambil uang tabungan untuk belanja dan kegiatan lainnya. Kalau kamu sekaligus menginginkan nilai uangmu bertambah, kamu juga bisa mengamankan uang tabunganmu dalam bentuk deposito di bank atau menginvestasikannya.

Baca Juga: 5 Tips Menabung Paling Efisien Buat Millennials

3. Memanfaatkan fasilitas menabung auto debit di bank

5 Tips Agar Kamu Tetap Konsisten Menabung, Biar Gak Miskin di Hari Tuabusinessfirstfamily.com

Manfaatkan fasilitas auto debit yang banyak ditawarkan oleh pihak bank. Dengan fasilitas tersebut, mau gak mau uang kamu akan di debit bank secara otomatis untuk keperluan menabung dengan nominal dan tanggal yang sudah disepakati. Dengan sistem otomatis seperti itu, kamu gak akan lupa membayar cicilan untuk menabung.

4. Buat catatan di setiap tabungan

5 Tips Agar Kamu Tetap Konsisten Menabung, Biar Gak Miskin di Hari Tuard.com

Saat kamu ingin menabung, cobalah memisahkan dulu tabunganmu sesuai dengan tujuan. Misalnya, tabungan untuk melanjutkan pendidikan S2, liburan, rumah, kesehatan, menikah, pensiun, dan lain-lain.

Secara psikologis, cara ini bisa memotivasi kamu untuk terus menabung dan menyisihkan uang kamu untuk berbagai keperluan tersebut. Keberadaan catatan tersebut juga bisa membuat kamu berpikir ulang saat tiba-tiba ingin mengambil uang yang sudah berhasil dikumpulkan itu.

5. Menabung dengan nominal sesuai tanggal

5 Tips Agar Kamu Tetap Konsisten Menabung, Biar Gak Miskin di Hari Tuaunsplash.com/Estée Janssens

Kamu bisa challenge dirimu untuk menabung sesuai dengan tanggal di kalender. Misalnya pada tanggal 1, kamu menabung sebesar Rp1.000,- tanggal 2 sebesar Rp2.000,- hingga tanggal 30 sebesar Rp30.000,- Kalau kamu berhasil menabung dengan cara ini selama 30 hari, kamu bisa mengumpulkan uang hingga Rp465.000,-.

Wah, ternyata ada banyak cara asyik yang bisa bikin kamu lakukan agar tetap konsisten menabung. Jadi, sekarang sudah gak akan ada alasan untuk mengambil kembali uang tabungan kamu untuk kebutuhan yang gak urgent. Tetap semangat demi masa depan yang cerah!

Baca Juga: 7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya