Comscore Tracker

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai dari Sekarang, Yuk Dicoba!

Persiapkan sebaik-baiknya, ya!

Meski masih muda, bukan berarti kamu gak perlu memikirkan dana pensiun. Mempersiapkan dana pensiun merupakan hal penting yang gak boleh terlewatkan dalam suatu perencanaan keuangan. Dana pensiun akan mencegah kamu dari masalah keuangan di masa mendatang, yaitu ketika kamu sudah memungkinkan untuk bekerja lagi.

Berikut ini beberapa tips mempersiapkan dana pensiun yang bisa kamu lakukan.

1. Konsisten menabung dana pensiun setiap bulan

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai dari Sekarang, Yuk Dicoba!Pexels.com/maitree rimthong

Coba sisihkan setidaknya 10 persen dari penghasilan bulananmu untuk dana pensiun. Misalnya kalau kamu punya gaji Rp5 juta per bulan, maka kamu bisa menabung sejumlah Rp500 ribu setiap bulannya. Ketika gajimu naik seiring dengan meningkatnya karier, misalnya menjadi Rp7 juta per bulan, jumlah uang yang kamu tabung menjadi Rp700 ribu.

Meski nominal tersebut mungkin gak terlalu besar, tapi kalau kalau kamu melakukannya secara konsisten hingga usia pensiun, lama kelamaan tabunganmu akan menjadi banyak.

2. Mengikuti program persiapan dana pensiun dari bank atau lembaga keuangan terpercaya

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai dari Sekarang, Yuk Dicoba!Rawpixel.com

Saat mempersiapkan dana pensiun, komitmen dan konsistensi untuk menabung sangat dibutuhkan. Kamu harus disiplin menyisihkan penghasilan setiap bulannya. Bagi sebagian orang, hal tersebut tidaklah mudah.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengikuti program persiapan dana pensiun yang diselenggarakan oleh bank atau lembaga keuangan terpercaya. Program-program tersebut akan menarik dana pensiun secara otomatis setiap bulannya dari rekeningmu, sehingga mau gak mau kamu akan disiplin menabung.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Keuangan Dasar di Tengah Pandemik COVID-19

3. Mempersiapkan sedini mungkin

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai dari Sekarang, Yuk Dicoba!Moneywise.co.uk

Jangan lupa untuk mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin. Jangan sampai kamu menunda memasukkan dana pensiun ke dalam rencana keuanganmu. Begitu kamu sudah memiliki penghasilan sendiri, langsung persiapkan dana pensiunmu. Semakin dini kamu menyiapkannya, akan semakin baik.

Sebagai ilustrasi, kamu menabung Rp600 ribu per bulan untuk rencana pensiun di usia 65 tahun. Kalau kamu mulai menyisihkan uang ini sejak umur 22 tahun, maka di usia 65 tahun nanti, kamu akan memiliki uang sebesar Rp309.600.000 untuk pensiun.

Bandingkan kalau kamu baru mulai menabung dana pensiun saat umur 32 tahun, dengan jumlah yang sama tiap tahun. Di usia 65 tahun, kamu akan memiliki Rp237.600.000 untuk pensiun. Perbedaannya lumayan jauh, bukan?

4. Memisahkan dana pensiun dengan dana lainnya

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai dari Sekarang, Yuk Dicoba!Eqinvestors.co.uk

Sesuai namanya, dana pensiun hanya boleh kamu pakai untuk keperluan saat pensiun nanti. Jadi, dana tersebut gak boleh kamu 'utak-atik' dulu. Dana pensiun juga berbeda dengan dana tabungan atau dana darurat biasa.

Agar dana pensiunmu aman, coba pisahkan dana tersebut dengan dana lainnya seperti dana sehari-hari (living fund) dan dana darurat (emergency fund). Kalau perlu, kamu bisa membuat rekening bank khusus untuk menyimpan dana pensiun.

5. Mencari pekerjaan sampingan untuk tambahan tabungan

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai dari Sekarang, Yuk Dicoba!Pixabay.com/id/StockSnap

Pada dasarnya, semakin banyak nominal uang yang kamu tabung sebagai dana pensiun, maka akan semakin baik. Buat kamu yang saat ini bekerja sebagai karyawan, gak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan di luar kantor.

Mumpung saat ini masih produktif, penghasilan tambahan ini bisa kamu tabung sebagai dana pensiun nanti. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu pilih dan gak menguras banyak waktu, seperti berjualan online, menjadi guru les, dan lain sebagainya.

Kalau perlu, coba cari pekerjaan yang tetap bisa menghasilkan uang meski kamu sedang tidur. Misalnya, menjadi blogger atau content writer di platform seperti seperti di IDN Times Community di mana kamu akan mendapat penghasilan setiap kali ada orang yang membaca tulisanmu.

6. Menyimpan dana tabungan tersebut sebagai investasi

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai dari Sekarang, Yuk Dicoba!Pixabay.com/id/nattanan23

Dana pensiun pada dasarnya diperuntukkan buat kamu ketika sudah gak produktif atau gak mampu bekerja lagi di masa tua nanti. Karena itu, gak ada salahnya untuk meningkatkan nilai tabunganmu dengan berinvestasi. Dengan investasi, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif tanpa harus bekerja.

Menginvestasikan tabunganmu bisa jadi pilihan yang tepat dibandingkan hanya menyimpannya di rekening bank. Karena dana pensiunmu masih digunakan dalam jangka waktu lama, kamu bisa memilih jenis investasi jangka panjang.

Supaya aman, pilihlah instrumen investasi yang bersifat stabil dan jangka panjang. Jangan tergiur untuk memilih jenis investasi yang menjanjikan return tinggi dalam jangka waktu singkat.

7. Gak bergantung pada jaminan dana pensiun perusahaan

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai dari Sekarang, Yuk Dicoba!Rawpixel.com

Buat kamu yang bekerja sebagai pegawai, perusahaan atau institusi tempatmu bekerja biasanya memiliki jaminan dana pensiun untuk para karyawannya. Tapi, jangan sampai kamu bergantung pada dana pensiun tersebut. Usahakan untuk tetap menyiapkan dana pensiun sendiri.

Dana pensiun dari perusahaan umumnya memiliki batasan nilai tertentu yang belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhanmu saat pensiun nanti. Selain itu, bisa jadi ada hal-hal yang gak terduga, seperti perusahaan mengalami kebangkrutan, di-PHK sebelum pensiun, dan lain sebagainya. Meski kamu gak berharap semua itu terjadi padamu, tapi gak ada salahnya untuk menyiapkan dana pensiun sendiri agar kamu lebih 'aman'.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam mempersiapkan dana pensiun. Selagi masih muda dan produktif, yuk rajin-rajin menabung dan berinvestasi demi masa tua yang cerah. Dari beberapa poin tadi, poin mana saja nih yang sudah kamu lakukan?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tunda

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya