Comscore Tracker

6 Langkah yang Harus Kamu Lakukan untuk Merencanakan Keuanganmu

Semangat ya melakukan perencanaan keuangan!!!

Merencanakan keuangan adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan agar hasil jerih payahmu ketika bekerja dapat kamu nikmati dan gunakan semaksimal mungkin. Buat kamu yang belum mengetahui cara merencanakan keuangan dengan baik, kamu harus berhati-hati menggunakan uangmu untuk memenuhi keinginan ataupun kebutuhan kamu.

Ketika kamu tidak bisa merencanakan keuangan kamu mungkin kamu akan menghabiskan uangmu untuk tujuan yang tidak jelas. Jadi enam langkah ini perlu kamu lakukan untuk merencanakan keuanganmu. Disimak ya!

1. Kamu harus menetapkan tujuanmu   

6 Langkah yang Harus Kamu Lakukan untuk Merencanakan KeuanganmuUnsplash.com/Christine Roy

Supaya dapat merencanakan keuanganmu dengan baik, kamu harus memiliki tujuan. Contohnya tahun depan kamu berencana ingin membeli mobil. Mau tidak mau kamu harus menyisihkan sebagian gaji kamu supaya tujuanmu untuk membeli mobil tercapai tahun depan. Atau kamu harus menikah tahun depan maka kamu harus menabung supaya kamu bisa menikah tahun depan .

2. Hitung jumlah dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan

6 Langkah yang Harus Kamu Lakukan untuk Merencanakan KeuanganmuUnsplash.com/Mufid Majnun

Nah, tentu kamu harus mengetahui seberapa banyak dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuanmu. Jangan lupa juga untuk mencapai target tersebut dan kebutuhan kamu untuk sehari-hari juga terpenuhi. Semangat ya untuk mencapai dana yang kamu tetapkan!

3. Buat stragtegi dan rencana keuangan dengan baik   

6 Langkah yang Harus Kamu Lakukan untuk Merencanakan KeuanganmuUnsplash.com/Jonny Mckenna

Strategi keuangan yang harus kamu ketahui adalah dengan mengatur gaji kamu dengan prinsip 50-20-30. Setiap kamu gajian setiap bulannya kamu harus mengalokasikan 50% dari gaji kamu untuk biaya sehari-hari seperti biaya untuk makan, transportasi, tagihan listrik dan air, sewa rumah dan kartu kredit jika kamu memilikinya. Selanjutnya 20% untuk tabungan atau investasimu, misalnya biaya darurat, tiba-tiba kamu jatuh sakit, ataupun kejadian tidak terduga. 30% untuk gaji kamu adalah untuk memenuhi keinginan kamu misalnya untuk hiburan, belanja atau liburan untuk menyegarkan otak.

Baca Juga: 5 Cara Detoksifikasi Finansial demi Keuangan yang Lebih Sehat!

4. Pahami produk-produk finansial   

6 Langkah yang Harus Kamu Lakukan untuk Merencanakan KeuanganmuUnsplash.com/rupixen.com

Hal yang satu ini perlu kamu ketahui karena tidak banyak orang yang mengetahui apa itu produk finansial. Contoh dari produk finansial adalah asuransi jiwa, kesehatan, asuransi pendidikan, dana pensiun dan reksa dana.

5. Implementasikan rencana keuangan yang telah kamu buat 

6 Langkah yang Harus Kamu Lakukan untuk Merencanakan KeuanganmuUnsplash.com/JP Vallery

Setelah membuat rencana keuanganmu, jangan lupa untuk mengimplementasikan atau menerapkannya. Jika kamu menerapkannya, maka rencana keuangan kamu akan tercapai. Jika kamu tidak menerapkannya, maka rencana keuanganmu akan sia-sia. Itu semua tergantung pilihanmu.

6. Lakukan evaluasi rencana keuangan secara rutin  

6 Langkah yang Harus Kamu Lakukan untuk Merencanakan KeuanganmuUnsplash.com/alexander mills

Hal terakhir yang kamu lakukan adalah dengan mengevaluasi rencana keuanganmu secara rutin untuk melihat perkembangan dari rencanamu. Rajin-rajinlah melakukan evaluasi rencana keuanganmu tetapi jangan lupa menabung untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Agar ketika kamu melakukan evaluasi supaya kamu merasa semangat untuk melihat perkembangan yang telah kamu capai. 

Itu adalah enam langkah yang harus kamu lakukan untuk merencanakan keuangan kamu. Tetap semangat dan jangan putus asa!

Baca Juga: 3 Tips Mengatur Keuangan Buat Pemilik Mobil, Biar Gak Tekor       

SRYMM SMR Photo Verified Writer SRYMM SMR

Dreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya