Comscore Tracker

Tanpa Kamu Sadari 5 Kebiasaan Ini Buat Kamu Boros, Yuk Berubah!

Ayo hemat mulai sekarang juga

Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya begiulah petuah yang sudah familiar kamu dengar. Tapi ternyata untuk hemat itu bukan hal yang mudah. Sudah berapa kali kamu berencana untuk hemat tapi selalu saja gagal karena gak tahan dengan berbagai macam godaan yang datang? Mulai dari munculnya godaan diskon atau promo, belum lagi biasanya akhir tahun banyak diskon besar-besaran yang membuat kamu merasa sayang untuk melewatkannya. 

Seringkali tanpa disadari ternyata kamu sudah boros dalam menggunakan uang, bahkan kamu sendiri kadang lupa uang itu kamu gunakan untuk apa.

Padahal banyak kebiasaan yang kamu lakukan hingga menghabiskan banyak uang. Untuk itu kamu harus tahu beberapa kebiasaan yang tanpa kamu sadari sudah menghabiskan banyak uang yang kamu miliki.

1. Belanja karena murah, bukan karena butuh

Tanpa Kamu Sadari 5 Kebiasaan Ini Buat Kamu Boros, Yuk Berubah!unsplash.com/daniel_von_appen

Pernah gak sih kamu berbelanja barang yang sebenarnya gak kamu butuhkan, tapi karena harganya murah kamu langsung memutuskan untuk membeli? Alih-alih belanja murah supaya hemat tapi ternyata malah menguras kantong.

Waktu belanja mungkin kamu gak sadar sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang-barang murah itu, tapi biasanya setelah di rumah kamu baru sadar ternyata barang yang murah tadi sudah menguras kantong. Belum lagi kalau barang yang kamu beli ternyata bukan sesuatu yang kamu butuhkan, hasilnya barang itu hanya akan menjadi pajangan yang membuat kamu menyesal.

Jika kebiasaan itu hanya dibiarkan saja maka akan membuat keuangan menjadi berantakan. Untuk menghindari itu alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk membeli kamu berpikir dan mempertimbangkannya terlebih dahulu karena berbelanja hanya karena nafsu sesaat membuat kamu mudah tergoda.

2. Sering memesan makanan online

Tanpa Kamu Sadari 5 Kebiasaan Ini Buat Kamu Boros, Yuk Berubah!unsplash.com/mr_fresh

Kebiasaan lain yang tanpa kamu sadari justru buat kamu boros yaitu sering memesan makanan online. Kamu pasti tahu kalau harga makanan online itu lebih mahal, belum lagi harus bayar ongkos kirimnya.

Tapi yang namanya orang lapar terkadang gak mau ribet, dan gak terlalu ambil pusing masalah harga. Apalagi pas mager (malas gerak), pastinya memesan makanan online dianggap solusi yang tepat. Padahal tanpa disadari kamu justru menghabiskan lebih banyak uang untuk sekali makan.

Nah supaya gak boros sebaiknya kamu membeli makanan di warung terdekat atau masak sendiri. Selain lebih murah juga yang pasti kamu gak perlu mengeluarkan uang untuk biaya antar.

Baca Juga: 8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!

3. Menaruh banyak uang di dompet

Tanpa Kamu Sadari 5 Kebiasaan Ini Buat Kamu Boros, Yuk Berubah!pixabay.com/blickpixel

Biasakanlah untuk menaruh uang secukupnya saja di dompet, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Bawalah sesuai dengan yang sudah kamu targetkan dalam sehari.

Jika terlalu banyak membawa uang, itu bisa membuat kamu kehilangan kendali hingga menghabiskan sebagian besar uang yang ada di dompet. Apalagi kalau kamu pecinta kuliner. Saat lagi jalan-jalan ke tempat yang dipenuhi makanan, sudah pasti uang tunai di dompet akan cepat habis. Padahal belum tentu makanan yang kamu beli itu pasti kamu makan semua. 

Untuk itu bawalah uang secukupnya, karena dengan begitu kamu akan berpikir terlebih dahulu saat akan berbelanja. Pastinya kamu akan belanja sesuai dengan isi dompetmu. Selain itu kamu juga akan belajar mengontrol diri saat berbelanja.  

4. Sering hangout tanpa tujuan yang jelas

Tanpa Kamu Sadari 5 Kebiasaan Ini Buat Kamu Boros, Yuk Berubah!unsplash.com/thomholmes

Saat sedang suntuk atau bosan pasti kamu akan memutuskan untuk pergi mencari angin atau hangout bersama teman-teman tanpa tujuan yang jelas. Kalau hanya sesekali sih gak masalah. Tapi kalau itu malah jadi kebiasaan, tanpa kamu sadari uangmu akan cepat habis.

Biasanya teman-teman akan mengajak kamu nongkrong atau jalan-jalan ke mall yang pastinya kamu akan mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu, baik makanan, minuman, atau yang lainnya.

Untuk itu saat bosan sebaiknya kamu mencari alternatif lain yang menyenangkan tanpa membuat kamu mengeluarkan uang. Misalnya saja dengan mendengarkan musik, bernyanyi, bermain game, atau kegiatan lainnya yang kamu suka. 

5. Selalu menuruti ajakan teman

Tanpa Kamu Sadari 5 Kebiasaan Ini Buat Kamu Boros, Yuk Berubah!pexels.com/fauxels

Kamu pasti sering gagal hemat karena selalu nmengikuti ajakan teman entah karena gengsi atau karena alasan lainnya. Sebaiknya mulai sekarang kamu gak perlu ragu untuk menolak ajakan teman-temanmu.

Jangan hanya karena kamu gengsi atau gak mau di-cap anti sosial, pada akhirnya kamu terpaksa meng-iya-kan ajakan teman-temanmu untuk pergi jalan-jalan ke mall atau nongkrong di cafe. Sehingga pada akhirnya kamu harus merelakan uang yang sebenarnya sudah kamu alokasikan untuk kepentingan yang lain malah terpakai untuk hal yang tidak penting.

Kalau kamu sungkan untuk menolak, kamu masih bisa mencari alternatif lain supaya kamu gak melulu gagal untuk berhemat. Misalnya saja kamu bisa kok mengajak teman-temanmu untuk sama-sama menerapkan hidup hemat. Sehingga kalian bisa punya visi misi yang sama. 

Nah itu dia beberapa kegiatan yang tanpa kamu sadari membuat kamu boros. Yuk perbaiki lagi supaya kamu bisa hidup hemat. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga: 5 Cara Hidup Hemat ala Single, Jangan Terpengaruh Gengsi Ya!

Rizky Annisa Photo Verified Writer Rizky Annisa

Instagram: rizky_annisa_muna

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You