Comscore Tracker

5 Cara Mudah & Penting untuk Terhindar dari Penipuan Uang, Wajib Tahu!

Modus penipuan untuk menguras rekeningmu makin marak!

Di era digital seperti sekarang ini, modus penipuan perbankan sangatlah merajalela. Mau tak mau, suka tidak suka, kita semua dituntut untuk ekstra waspada dalam menjaga rekening kita. Tapi jangan khawatir guys, selama kamu selalu menerapkan 5 hal di bawah ini, dijamin kamu akan terhindar dari modus penipuan uang. Yuk simak apa saja!

1. Jaga dan ganti secara berkala nomor PIN ATM atau mobile banking

5 Cara Mudah & Penting untuk Terhindar dari Penipuan Uang, Wajib Tahu!Unsplash.com/@johnyvino

Nomor PIN ATM maupun mobile banking adalah kunci untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan seperti transfer, tarik tunai, setor tunai dll. Karena itu jagalah kerahasiaan nomor PIN tersebut. 

Sekarang ini kamu harus super waspada, karena #awasmodus penipuan untuk mendapatkan nomor PIN nasabah itu dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya adalah scamming dan juga penipu yang berpura-pura menjadi petugas bank ketika kartu ATM kita tertelan ke dalam mesin. 

Berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkan nomor PIN sehingga para penipu itu akan mudah mengakses dan menguras rekeningmu. Jadi hal yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan tidak membagikan nomor PIN sembarangan dan lakukan penggantian nomor PIN secara berkala. 

2. Jangan menyebarkan CVV atau CVC

5 Cara Mudah & Penting untuk Terhindar dari Penipuan Uang, Wajib Tahu!unsplash.com/@rupixen

CVV atau CVC merupakan 3 digit angka terakhir yang tertulis pada bagian belakang kartu kreditmu. Biasanya tempatnya ada pada kolom tanda tangan nasabah. Sama seperti halnya nomor PIN, nomor CVC dan CVV ini juga sama pentingnya dan sifatnya sangat rahasia. 

Para penipu ulung banyak yang ingin menguras rekening para korbannya dengan melakukan skimming kartu kredit. Apabila ada seseorang yang mengaku dari pihak bank lalu meminta nomor CVC atau CVV, #awasmodus dan jangan dipercaya. Untuk nasabah bank BCA, perlu diketahui bahwa pihak Bank BCA tidak pernah meminta nomor CVC atau CVV.

3. Waspada dan jaga kerahasiaan kode OTP

5 Cara Mudah & Penting untuk Terhindar dari Penipuan Uang, Wajib Tahu!Unsplash.com/@brucemars

Penipuan meminta kode OTP (one time password) ini sedang marak-maraknya lho! Bila kamu tergolong sebagai orang yang aktif berbelanja atau bertransaksi secara online, kamu pasti sering mendapatkan kode OTP.

Nah, kode OTP ini akan dikirimkan oleh bank ataupun merchant  kepadamu untuk meminta persetujuan akses ke rekening kamu guna melakukan pendebetan transaksi online. Kode OTP ini juga sifatnya sangat rahasia, hanya kamu seorang yang boleh mengetahuinya. 

Apabila terdapat seseorang yang mengatasnamakan pihak bank, merchant atau perusahaan e-commerce, berhati-hatilah karena sudah dipastikan itu sebuah modus penipuan. Bila penipu berhasil mendapatkan kode OTP ini, dijamin rekeningmu akan ludes dalam waktu yang singkat. Hati-hati ya!

Baca Juga: 5 Modus Penipuan Perbankan Ini Perlu Kamu Ketahui, Yuk Mulai Waspada!

4. Ambil uang tunai di mesin ATM yang aman

5 Cara Mudah & Penting untuk Terhindar dari Penipuan Uang, Wajib Tahu!Unsplash.com/@pampouks

Jangan sembarangan melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM lho. Kamu harus memilih mesin ATM yang di tempat yang aman demi keamanan bertransaksi. Modus skimming mesin ATM bisa saja menimpa kamu pada saat melakukan tarik tunai di mesin ATM.

Pastikan mesin ATM yang akan kamu gunakan berada di tempat yang aman. Cek apakah posisi CCTV tidak mencurigakan. Lumrahnya, posisi CCTV tidak akan menghadap pada mesin ATM yang bisa merekam gerak-gerik tanganmu pada tombol PIN. 

Tapi tidak hanya itu saja, para penipu juga semakin canggih. Mereka juga memiliki alat scammer yang biasa mereka letakkan pada slot kartu ATM (tempat masuknya kartu ATM), sehingga alat scammer tersebut bisa merekam/memindai data-data penting di kartu ATM. 

Nah, agar lebih aman dan terhindar dari modus pencurian uang seperti ini, kamu bisa melakukan transaksi tarik tunai melalui fitur Cardless yang ada pada BCA mobile. Kamu bisa melakukan transaksi tarik dan setor tunai lebih aman karena tanpa menggunakan kartu ATM. Untuk bisa menggunakan fitur ini, yuk #JoinGenerasiSimpel dengan BCA mobile!

5. Ekstra waspada dengan modus phising yang meminta data pribadimu

5 Cara Mudah & Penting untuk Terhindar dari Penipuan Uang, Wajib Tahu!Unsplash.com/@rupixen

Selain skimming, kamu juga harus waspada dengan modus penipuan uang bernama phising! Modus ini juga sedang populer, sehingga kamu juga harus berhati-hati untuk tidak menyebutkan data-data pribadi apapun kepada orang asing. 

Modus ini biasanya dilakukan oleh para penipu melalui telepon, email ataupun SMS dengan gimmick bahwa korban adalah pemenang hadiah dari sebuah undian. Bisa juga modus phising ini dilakukan oleh orang yang berpura-pura sebagai pihak perusahaan ojek online. Ada yang memberikan iming-iming hadiah, atau juga bahkan memberikan kabar bahwa akunmu telah disabotase sehingga kamu ada rasa urgensi untuk segera mengikuti langkah-langkah yang disarankan oleh penipu tersebut.

Jika ada yang menghubungimu dan mengaku dari sebuah perusahaan lalu memaksamu untuk mengikuti langkah-langkah yang dimintanya, kamu harus waspada. Terlebih lagi jika ia memintamu untuk memberikan data-data pribadimu, tolaklah karena itu bisa dipastikan adalah modus penipuan. Jangan pernah berikan data pribadimu seperti kode OTP, CVV, CVC, tanggal lahir, nomor PIN, nama ibu kandung, dan lainnya kepada orang asing ya. 

Nah, itulah tadi 5 cara mudah dan paling dasar untuk terhindar dari modus penipuan uang yang bisa menguras tabungan di rekeningmu. Mudah dan simpel bukan? Karena itu, selalu berhati-hati dan jaga keuanganmu dengan mengikuti #JoinGenerasiSimpelIDN. 

Baca Juga: 5 Ciri Generasi Cardless, Kamu Kah Diantaranya?

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya