Comscore Tracker

Tips Ampuh Menabung ala Mahasiswa Rantau, Anti Bokek di Akhir Bulan

Biar tetap kaya raya di akhir bulan, bisa tetep makan enak~

Hidup ala mahasiswa rantau selalu identik dengan kesederhanaan. Jauh dari orangtua, memaksa kamu yang hidup merantau harus pintar mengelola keuangan agar tak bokek di penghujung bulan. 

Meski masih mahasiswa, kamu harus tetap membiasakan diri untuk pintar dalam menabung. Jangan sampai kamu merantau malah jadi serba kekurangan dan buntung. nah, berikut ini tips ampuh buat mahasiswa rantau supaya bisa rajin menabung dan hidup hemat.

1. Jangan mudah memecah uang nominal besar

Tips Ampuh Menabung ala Mahasiswa Rantau, Anti Bokek di Akhir BulanUnsplash.com/@cdubo

Tanpa kamu sadari, kebiasaan memecah uang nominal besar itu bisa mendorongmu untuk berperilaku boros lho. Seringkali kamu mudah sekali tergiur untuk membeli sesuatu yang harganya murah menggunakan uang nominal besar seperti Rp50.000 atau Rp100.000 supaya dapat uang receh. 

Nah, semakin banyak pecahan uang kecil, maka di alam bawah sadarmu kamu semakin mudah sekali untuk mengeluarkan uang itu karena nilainya tidak besar. Jadi dengan perasaan tanpa bersalah kamu jadi lebih mudah membelanjakan uang tersebut. Sedikit demi sedikit tanpa sadar kamu malah sudah menghabiskan uang Rp10.000 sebanyak 5x dalam sehari. 

2. Sebisa mungkin menahan untuk tidak sering mampir ke minimarket

Tips Ampuh Menabung ala Mahasiswa Rantau, Anti Bokek di Akhir BulanUnsplash.com/@annetran

Mampir ke minimarket untuk sekadar beli snacks adalah godaan semua umat. Niat beli 1 atau 2 camilan saja, ternyata kamu tergoda untuk membeli kebutuhan bulanan yang lain. Habis deh uangmu! 

Kejadian seperti ini sering dirasakan oleh banyak orang lho. Kamu terjebak dan kalap mata ingin beli ini itu, sehingga kamu malah boros banyak. Karena itu kamu harus sering menahan diri untuk tidak mudah membelanjakan sesuatu di minimarket. Kurangi ketergantunganmu untuk membeli camilan ke minimarket. Kecuali kalau kamu adalah orang yang punya tekad kuat untuk berhemat! 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Millennial yang Bikin Susah Kaya, Yuk Diubah Sekarang!

3. Split uang tabungan di rekening khusus

Tips Ampuh Menabung ala Mahasiswa Rantau, Anti Bokek di Akhir BulanUnsplash.com/@twopaddles

Biasakan diri kamu untuk punya kebiasaan menabung sesering mungkin. Ingat pepatah "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" kan? Pepatah itu benar adanya, kalau kamu membiasakan diri untuk menabung secara rutin tanpa terasa tabungan kamu semakin banyak. 

Untuk menunjang niatmu menabung, kamu harus siapkan rekening khusus untuk menabung agar hasil tabunganmu bisa selalu kamu cek. Sekarang ini buka rekening tabungan #DibikinSimpel saja, kamu bisa buka rekening tabungan lewat BCA mobile. Buka rekening di BCA mobile bisa di mana saja, kapan saja bahkan di tanggal merah sekalipun. 

#JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN simpel banget kok. Berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk membuka rekening tabungan lewat BCA mobile: 

  • Pastikan smartphone milikmu sudah memiliki operating system minimal iOS 8 atau Android 4.4
  • Sediakan pulsa yang setidaknya cukup untuk 1x SMS
  • Siapkan data pribadimu, yaitu e-KTP dan email pribadi
  • Memiliki kuota dan jaringan internet yang stabil untuk keperluan video call dengan customer service Halo BCA selama 5 - 15 menit
  • Setelah 4 hal tersebut sudah siap, kamu bisa langsung coba buka rekening baru di BCA mobile dan mengikuti langkah-langkahnya. Kemudian kamu tinggal melakukan verifikasi langsung, bisa melalui video call dengan customer service Hallo BCA di jam 06:00 - 20:00 WIB.

Kalau sudah lewat dari jam operasional customer service, kamu bisa melakukan di lain waktu dengan batas waktu 7 hari kalender. 

4. Manfaatkan uang receh, jangan dianggurin saja

Tips Ampuh Menabung ala Mahasiswa Rantau, Anti Bokek di Akhir BulanUnsplash.com/@ericmuhr

Siapa nih yang punya kebiasaan menimbun uang receh hasil kembalian belanja di mini market? Jangan malu untuk membeli sesuatu menggunakan uang recehmu guys! Manfaatkan uang recehmu itu untuk memenuhi kebutuhanmu, meski terlihat kecil namun itu masih berlaku lho sebagai mata uang resmi Indonesia. 

Daripada hanya kamu kumpulkan di dalam celengan tapi tidak kamu gunakan, lalu kamu memecah uang nominal besar dan jadi uang receh kembali, maka terus-terusan kamu akan berputar dalam pusaran kesia-siaan ini. Jangan salah, kebiasaan menimbun uang receh ini justru bisa menyelamatkanmu untuk dari ke-bokek-an di akhir bulan!

5. Target maksimal pengeluaran per minggu atau per bulan

Tips Ampuh Menabung ala Mahasiswa Rantau, Anti Bokek di Akhir BulanUnsplash.com/@kellysikkema

Tips terakhir ini mungkin bisa cukup efektif untuk kamu terapkan dalam rangka memenuhi resolusi menuju hidup hemat. Yup, dengan memasang target maksimum pengeluaran per minggu atau per bulan, kamu jadi punya control yang lebih jelas dalam mengatur pengeluaran. 

Contoh, pada minggu ke-1 dan minggu ke-3 kamu hanya boleh mengeluarkan uang sebanyak Rp150.000. Atau dalam 1 bulan ini kamu hanya boleh mengeluarkan uang sebanyak Rp800.000 untuk makan. Dengan begini kamu jadi bisa lebih selektif dan menahan diri untuk membelanjakan uangmu. 

 

Dari 5 tips di atas, kamu bisa terapkan semuanya atau mungkin bisa kamu coba satu per satu terlebih dahulu. Mencoba untuk hidup hemat memang perlu perjuangan dan niat yang kuat, tapi percayalah kebiasaan untuk menabung dan hidup hemat itu harus selalu kamu tanamkan. Pada akhirnya kamu sendiri yang akan merasakan hasilnya kok. Silakan mencoba!

Baca Juga: 5 Hal yang Sudah Wajib Kamu Miliki Sebelum Menginjak Usia 30

Ruth Christian Photo Community Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You