Comscore Tracker

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!

Kontrol diri adalah kunci utama 

Bukan hal yang mudah untuk bisa membuat keputusan pergi dari kampung halaman dan pergi merantau ke daerah yang asing. Karena kamu tahu akan banyak tantangan yang harus kamu lewati sendirian nantinya. Khususnya,  dalam mengontrol keuangan.

Sebenarnya, kamu tidak perlu takut ketika dihadapkan dengan masalah keuangan. Berikut ini adalah 8 tips hemat  yang bisa kamu praktikkan ketika sedang merantau. 

1. Carilah saudara di daerah yang akan kamu datangi

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya tempat tinggal sangat menguras kantong para perantau, belum lagi ditambah dengan kebutuhan sehari-hari. Jadi, tidak ada salahnya jika sebelum pergi merantau kamu mulai mencari saudara di daerah yang akan kamu datangi sebagai tempat tinggal sementara sebelum menemukan tempat tinggalmu sendiri.

2. Cari tempat tinggal yang murah

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Jika tidak memiliki saudara di daerah perantauan, kamu bisa mencari tempat tinggal dengan biaya sewa yang murah. Jangan memikirkan gengsi atau malu karena lingkungan rumah yang bisa kamu tempati bukanlah lingkungan elit, tapi pikirkanlah apa yang memang sesuai dengan kebutuhanmu. Namun perhatikan pula keamanan dan kebersihannya.

3. Manfaatkan promo makanan sebaik mungkin

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!Unsplash.com/Toa Hoftiba

Saat ini sudah banyak tempat makan yang memberikan tawaran promo bagi kamu semua. Jadi, cobalah untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa membagi ongkos kirim makanan dengan teman satu kamarmu. 

4. Jangan kebablasan saat membeli keperluan sehari-hari

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!Unsplash.com/Rob Maxwell

Sebelum melakukan belanja bulanan, usahakan untuk selalu menentukan budget dan kebutuhan apa yang akan kamu beli nantinya. Apalagi, untuk kamu para kaum hawa. Jangan sampai karena terlalu banyak membeli keperluan bulanan hingga kamu jadi hilang kendali dan menguras isi dompet kamu.  

Baca Juga: Ga Sulit Kok, Ini 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Masa Depan

5. Harus mau naik angkutan umum

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!Unsplash.com/madeleine ragsdale

Jika di kampung halaman kamu tidak terbiasa naik angkutan umum, mulailah belajar untuk bisa naik angkutan umum. Jangan gengsi dan malu untuk naik angkutan umum.

Bagi kamu yang masih tergolong perantau baru tidak perlu bingung, karena saat ini sudah banyak aplikasi transportasi online yang menawarkan promo ketika kamu menggunakan layanan mereka. 

6. Jangan terlalu boros dalam menggunakan paket internet

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!Pexesl/fauxels

Sekalipun internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang, bukan berarti kamu harus menghabiskan uang untuk internet. Cobalah untuk mengontrol dirimu ketika menggunakan paket internet. Jangan buang waktu dan uang yang kamu miliki secara sia-sia.

7. Jangan sampai kamu tidak makan karena mendahulukan keperluaan yang tidak penting

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!Unsplash.com/Scott Warman

Makan sebanyak 3 kali sehari adalah kebutuhan utama yang wajib harus kamu penuhi setiap harinya. Jangan sampai karena terlalu sering menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting kamu melewatkan jam makanmu dan terkena penyakit lambung di kemudian hari yang membuatmu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk pengobatan.

8. Selalu sisihkan tabungan untuk dana darurat

8 Tips Hemat untuk Para Perantau, Agar Tidak Merana di Akhir Bulan!Unsplash.com/Avery Steadman

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang saja yang akan terjadi di masa depan nanti. Jadi, tak ada salahnya untuk selalu menyisihkan sedikit uang untuk ditabung.

Jangan katakan kamu tidak akan pernah bisa menabung dikarenakan pendapatan yang kamu dapatkan tidak banyak karena itu semua tergantung dirimu. Jika kamu bisa mengontrol dirimu maka kamu bisa memiliki tabungan. Namun, jika kamu tidak bisa mengontrol dirimu maka kamu tidak akan pernah punya tabungan. 

Kunci utama agar kamu tidak merana ketika sedang merantau adalah kontrol diri. Ketika kamu sanggup mengontrol dirimu untuk tidak membeli barang yang tidak kamu perlukan, maka kondisi keuanganmu pasti akan terjamin juga. 

Baca Juga: 6 Zodiak Cewek yang Dikenal Boros, Sulit Mengatur Keuangan

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You