Comscore Tracker

Lakukan 5 Tips Ini Saat Uang Gajimu Sudah Habis di Awal Bulan

Mana suaranya yang sering kehabisan uang di awal bulan?

Mengatur uang dari gaji memang merupakan sebuah masalah tersendiri bagi beberapa orang. Bahkan tidak jarang, beberapa orang sering sekali kehabisan uang gajinya, di saat awal bulan. Padahal masih banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, khususnya untuk kebutuhan makan.

Di saat uang gaji kamu habis, tentunya kamu enggak boleh diam begitu saja. Lakukan saja beberapa tips di bawah ini, saat uang gajimu sudah habis di awal bulan.

1. Segeralah untuk mencari pekerjaan sampingan selain dari pekerjaan utamamu

Lakukan 5 Tips Ini Saat Uang Gajimu Sudah Habis di Awal Bulanpexels.com/@burst

Pertama, segeralah untuk mendapatkan penghasilan dengan cara mencari pekerjaan tambahan atau sampingan. Tetapi, jangan sampai kamu mendapatkan sampingan dari pekerjaan yang dibayar bulanan guys. Justru kamu harus mendapatkan pekerjaan yang dibayar harian atau jam.

Penghasilan dari pekerjaan tambahan ini memang tidaklah seberapa. Tetapi, uangnya akan sangat membantu, untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sebelum gaji dari pekerjaan utama kamu keluar.

2. Manfaatkan beberapa makanan tersisa dengan sebaik mungkin

Lakukan 5 Tips Ini Saat Uang Gajimu Sudah Habis di Awal Bulanpexels.com/@maarten-van-den-heuvel-1197396

Kamu masih mempunyai simpanan makanan di kulkas atau dapur? Jika ada, maka manfaatkan saja bahan-bahan makanan yang tersisa untuk kamu konsumsi. Enggak perlu mewah dan enggak perlu sesuai dengan kesukaanmu. Asalkan sehat dan mampu mengisi perut kamu, mengapa enggak.

Jika kamu tidak terbiasa memasak makanan sendiri. Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari resep atau cara memasak dari bahan makanan yang akan kamu masak. Sebisa mungkin, jangan sampai kamu telat makan dan membiarkan perut keroncongan begitu saja.

Baca Juga: 5 Hal Penting Ini Harus Dilakukan Kalau Gaji Pertama Kamu Terima

3. Gunakan saja beberapa tabungan yang sebelumnya sudah kamu simpan

Lakukan 5 Tips Ini Saat Uang Gajimu Sudah Habis di Awal Bulanpexels.com/@goumbik

Jika kamu mempunyai tabungan atau simpanan uang. Kamu bisa menggunakan simpanan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kamu sebelum gaji keluar. Tetapi awas, jangan sampai kamu gunakan uang tabungan tersebut untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu kamu perlukan.

Pergunakan saja simpanan tersebut untuk beberapa hal. Seperti biaya makan, peralatan mandi, serta tagihan-tagihan yang sudah memasuki waktu pembayaran. Setelah gaji keluar, kamu bisa menggantinya kok.

4. Tagih uang yang sempat kamu pinjamkan kepada sahabat atau orang terdekat

Lakukan 5 Tips Ini Saat Uang Gajimu Sudah Habis di Awal Bulanpexels.com/@mentatdgt-330508

Coba deh kamu ingat-ingat. Apakah kamu mempunyai uang yang sempat dipinjam oleh sahabat atau orang terdekat? Jika ada, maka tagih saja uang tersebut dengan cara yang sopan dan baik tentunya. Enggak perlu ragu atau sungkan, karena itu merupakan hak yang harus kamu dapatkan. Apalagi jika uang tersebut sudah terlalu lama belum dibayar dan sudah lebih dari janji yang pernah kalian buat bersama.

5. Mencari pinjaman uang dari sahabat atau orang terdekat

Lakukan 5 Tips Ini Saat Uang Gajimu Sudah Habis di Awal Bulanunsplash.com/@trung18tuoi

Jurus terakhir adalah dengan cara mencari pinjaman kepada orang-orang terdekat. Namun, cara ini merupakan jurus terakhir, yang hanya bisa kamu lakukan disaat kamu telah melakukan tips-tips di atas. Usahakan untuk meminjam uang kepada orang terdekat terlebih dahulu. Karena pastinya peluang mendapatkan pinjaman akan lebih besar dan mereka pun, biasanya tidak akan memberikan syarat apa-apa saat memberikan pinjaman.

Kehabisan uang gaji di awal bulan adalah kondisi yang akan menyusahkan kamu saja. So, gunakan uang gaji dengan sebaik mungkin dan jangan sampai kondisi ini terulang berkali-kali.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasan

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You