Comscore Tracker

7 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer, Bukan cuma karena Saldo Kurang! 

Gunakan versi terbaru aplikasi untuk transfer

Keberadaan layanan e-wallet alias dompet digital memberi kemudahan dalam kegiatan bertransaksi secara online. Salah satu layanan e-wallet yang populer digunakan di Indonesia adalah OVO.

Didirikan di tahun 2017, OVO merupakan aplikasi pembayaran yang memudahkan transaksi dan pembayaran segala kebutuhan (OVO Cash) dan memberi kesempatan untuk mengumpulkan poin sebagai loyalty rewards (OVO Points).

Salah satu kendala yang umumnya dihadapi saat menggunakan layanan e-wallet adalah kegagalan melakukan transfer. Hal ini juga terjadi pada OVO, baik secara bersamaan atau hanya dialami beberapa pengguna saja.

Secara umum, terdapat tujuh penyebab OVO tidak bisa transfer. Langsung saja, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Transfer Saldo OVO ke Rekening Bank

1. Akun OVO berstatus basic

7 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer, Bukan cuma karena Saldo Kurang! Akun OVO berstatus basic sebagai penyebab OVO tidak bisa transfer (ovo.id)

Faktor utama penyebab OVO tidak bisa transfer adalah akun OVO yang masih berstatus basic. Fitur transfer saldo hanya bisa diakses oleh akun OVO Premier. Karenanya, sebaiknya kamu meng-upgrade akun sebelum melakukan transfer.

Cara meng-upgrade akun menjadi OVO Premiere cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan verifikasi Know Your Customer (KYC) dengan melampirkan foto KTP serta foto diri dan KTP.

2. Saldo OVO kurang

7 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer, Bukan cuma karena Saldo Kurang! Saldo OVO kurang sebagai penyebab OVO tidak bisa transfer (ovo.id)

Kurangnya saldo juga menjadi penyebab OVO tidak bisa transfer. Penting diketahui, saldo yang hendak kamu kirimkan akan diakumulasikan dengan biaya admin sebesar Rp2.500.

Minimum transfer antar pengguna OVO adalah Rp10 ribu. Meki tidak dikenai biaya admin, pastikan balance saldomu mencukupi atau melebihi Rp10 ribu sebelum melakukan transfer.

Baca Juga: 8 Cara Follow-up Customer yang Bisa Dongkrak Penjualan, Mau Buktiin? 

3. Nomor penerima salah

7 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer, Bukan cuma karena Saldo Kurang! Nomor penerima salah sebagai penyebab OVO tidak bisa transfer (unsplash.com/freestocks)

Meski terkesan sepele, transfer saldo OVO tidak dapat diproses bila nomor penerima salah. Untuk itu, usahakan untuk tidak melakukan kesalahan penulisan nomor hp akun OVO penerima transfer saldo.

Penyebab OVO tidak bisa transfer ini ditengarai sistem ovo melakukan deteksi terhadap akun penerima. Bila nomor hp penerima tidak terdaftar, maka transfer saldo berakhir gagal.

4. Akun OVO mencapai limit

7 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer, Bukan cuma karena Saldo Kurang! Akun OVO mencapai limit sebagai penyebab OVO tidak bisa transfer (canva.com)

Penyebab OVO tidak bisa transfer selanjutnya adalah akun OVO mencapai limit atau batas saldo. Setiap akun OVO memiliki limit maksimum berdasarkan akumulasi seluruh transaksi per bulan. Besaran limit berbeda untuk masing-masing jenis keanggotaan OVO.

OVO membagi jenis keanggotaannya menjadi dua, yaitu OVO Club dan OVO Premier. Pengguna OVO Club memiliki limit top up saldo sebesar Rp2 juta dengan limit maksimum sebesar Rp20 juta per bulan.

Sementara itu, limit saldo OVO Premier adalah Rp10 juta dengan limit maksimum senilai Rp20 juta per bulan. Keanggotaan ini terbilang eksklusif karena memungkinkan penggunanya transfer ke semua bank dan antar pengguna secara gratis.

Sementara itu, transfer saldo OVO ke akun bank akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500 per transaksi. Biaya ini otomatis terakumulasi dengan total biaya yang terpotong dari balance saldo OVO.

Baca Juga: 8 Cara Mengurangi Customer Hit and Run pada Bisnis

5. Koneksi internet terputus

7 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer, Bukan cuma karena Saldo Kurang! Koneksi internet terputus sebagai penyebab OVO tidak bisa transfer (canva.com)

Karena berbasis digital, tentunya penggunaan OVO bergantung pada koneksi internet. Penyebab OVO tidak bisa transfer bisa dipicu oleh kualitas koneksi internet yang buruk atau bahkan tiba-tiba terputus.

Alhasil, proses transfer saldo menjadi pending. Tak cuma itu, data riwayat saldo yang tidak diterima dengan baik oleh server OVO juga bisa menjadi penyebab OVO tidak bisa transfer. 

6. Terjadi perbaikan server

7 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer, Bukan cuma karena Saldo Kurang! Terjadi perbaikan server sebagai penyebab OVO tidak bisa transfer (canva.com)

Kegagalan transfer pada OVO juga bisa disebabkan oleh server atau sistem OVO yang diperbaharui (updating) atau diperbaiki (maintenance). Hal ini umum terjadi pada aplikasi perbankan dan keuangan.

Penyebab OVO tidak bisa transfer ini biasanya berkaitan dengan proses meningkatkan fitur aplikasi dan meminimalisir terjadinya bug. Saat perbaikan berlangsung, beberapa fitur OVO akan otomatis berhenti sementara, termasuk fitur transfer saldo.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Website Toko Online secara Mandiri, Yuk Coba!

7. Aplikasi OVO belum diperbaharui

7 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer, Bukan cuma karena Saldo Kurang! Aplikasi OVO belum diperbaharui sebagai penyebab OVO tidak bisa transfer (canva.com)

Faktor penyebab OVO tidak bisa transfer berikut ini berkaitan dengan proses maintenance. Tak hanya memperbaharui fitur-fitur yang diperbaiki, aplikasi OVO yang segera diperbaharui usai perbaikan server bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya bug pada versi aplikasi yang lama. Keberadaan bug dapat mengakibatkan kegagalan transfer saldo baik antar pengguna OVO atau ke bank. 

Itulah tujuh penyebab OVO tidak bisa transfer secara umum. Bila terjadi kegagalan transfer saldo, kamu bisa mengatasinya dengan upgrade ke OVO Premier, memastikan koneksi internet lancar, menghapus cache, dan memperbaharui aplikasi.

Baca Juga: 10 Produk Terlaris di Tokopedia untuk Peluang Bisnis, Laris Manis

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya