Comscore Tracker

Sulit Simpan Uang? 5 Cara Menabung Unik yang Wajib Kamu Coba

Yuk segera lakukan! 

Memiliki tabungan itu wajib, terlepas dari berapa pun nominal yang kamu tabung setidaknya kamu memiliki dana darurat yang bisa dipakai saat kamu sedang membutuhkannya.

Apakah kamu tipe orang yang menabung dengan sisa uang gaji atau bahkan kamu kesulitan menabung karena uangmu habis dipakai shopping terus? Coba lima cara menabung unik di bawah ini supaya kamu gak bosan dan lebih semangat untuk menabung!

1. Menabung dengan nominal tertentu  

Sulit Simpan Uang? 5 Cara Menabung Unik yang Wajib Kamu CobaIlustrasi Uang Rupiah (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menabung tidak perlu banyak, berapa pun uangmu yang penting kamu punya tabungan walaupun sedikit. Kamu bisa memilih ingin menabung dengan nominal yang bisa kamu sesuaikan semampumu tidak perlu dipaksakan. Kamu bisa memilih mau menabung dengan pecahan Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 atau Rp100.000 per hari atau per bulan.

2. Menabung uang receh 

Sulit Simpan Uang? 5 Cara Menabung Unik yang Wajib Kamu Cobailustrasi uang rupiah (IDN Times/Umi Kalsum)

Uang receh mulai dari Rp100, Rp200, Rp500, Rp1.000, Rp2.000 dan Rp5.000 jangan dianggap remeh loh. Meskipun jumlahnya tidak banyak tetapi jika dikumpulkan sedikit demi sedikit pasti bermanfaat juga untuk menambah isi tabunganmu.

Tak perlu menabung setiap hari, kamu hanya perlu menabung di saat kamu memiliki uang receh saja. Pasti tidak akan memberatkan kamu untuk menabung.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!

3. Menabung dengan metode 50/30/20

Sulit Simpan Uang? 5 Cara Menabung Unik yang Wajib Kamu Cobailustrasi menabung metode 50/30/20(pixaby.com/jarmoluk)

Cara menabung unik satu ini bisa banget kamu coba. 50/30/20 adalah pembagian keuangan dengan cara dibagi sesuai angkanya, 50 persen untuk kebutuhan kamu, 30 persen untuk keinginan kamu, dan 20 persen untuk tabungan.

Hitung kembali uang yang akan kamu gunakan, mungkin angkanya tidak akan sama jika kamu memiliki pengeluaran lebih seperti cicilan dll.

4. Menabung sesuai tanggal 

Sulit Simpan Uang? 5 Cara Menabung Unik yang Wajib Kamu Cobailustrasi menabung sesuai tanggal(pixaby.com/webandi)

Menabung sesuai tanggal bisa jadi tantangan baru bagi kamu yang bosan dengan cara menabung bulanan. Kamu harus menabung sesuai tanggal saat mau menabung, mulai dari tanggal 1 menabung Rp1.000 sampai tanggal 31 menabung Rp31.000.

Jangan lupa untuk menulisnya pada buku atau handphone supaya kamu tidak lupa dan tahu perkembangan menabungmu.

5. Menabung di bank tanpa ATM

Sulit Simpan Uang? 5 Cara Menabung Unik yang Wajib Kamu Cobailustrasi menabung tanpa atm(pixaby.com/itkannan)

Kamu mungkin rajin menabung tetapi terkadang sangat tergoda untuk shopping dan tidak bisa menahannya. Alhasil kamu mengambil uang dari tabunganmu dan begitulah seterusnya.

Cobalah membuat rekening bank tanpa ATM, ketika kamu sedang membutuhkan uang kamu akan berpikir dua kali untuk membawanya karena mengambil uang di bank tidak semudah mengambil uang di ATM.

Namanya menabung sebenarnya tidak harus berpatokan pada aturan tertentu, sesuai dengan kemampuan dan kemauan. Buat kamu yang susah menabung, bisa mencoba satu metode dari lima yang ada dalam daftar di atas. Semangat menabung!

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menabung biar Cepat Punya Hunian Idaman!

Sri Octaviani Photo Writer Sri Octaviani

Saya ingin menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya