Comscore Tracker

Tabunganmu Bocor Terus? 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Sering Boros

Sedikit demi sedikit, lama-lama borosnya membukit

Memiliki tabungan memang membuat kita merasa lebih tenang. Siapa nih yang kalau menjelang dapat gajian sudah berandai-andai untuk menabung, tapi di hari-H gajian akhirnya gak kesampaian karena kamu boros? Artikel ini khusus tertuju buat kamu!

Ayo kita telusuri bersama uangmu bocor ke mana saja. Semua harus diketahui secara gamblang, agar dompet aman, hidup lebih tenang, dan bisa mengatur keuangan dengan baik. Bisa jadi beberapa kebiasaan ini yang membuat tabunganmu bocor. Apa sebabnya?

1. Godaan jajan berkedok self reward

Tabunganmu Bocor Terus? 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Sering Borosilustrasi jajan kopi (unsplash.com/Andrew Neel)

Siapa nih yang relate sama situasi ini? Ga ada yang salah kok dengan jajan sebagai self reward. Justru sesekali kamu perlu menghadiahi dirimu dengan self reward untuk menghargai kerja kerasmu selama ini.

Nah yang bikin hal ini jadi red flag ketika dilakukan secara berlebihan. Jadi, yang perlu kamu perhatikan adalah jangan sampai self reward melebihi kemampuan keuanganmu. Keseringan jajan dengan dalih untuk self reward juga gak baik buat kantongmu. 

2. Kalap belanja waktu flash sale

Tabunganmu Bocor Terus? 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Sering Borosilustrasi belanja (unsplash.com/Cam Morin)

Beberapa tahun ke belakang setiap ada tanggal cantik, momen peringatan hari raya, momen hari spesial tertentu selalu ada diskon besar-besaran. Siapa yang tidak tergiur? Pasti kamu juga tergoda, kan? 

Sebelum flash sale datang kamu sudah memikirkan dari jauh-hari mau beli. Nah, yang bikin bocor bukan karena kebutuhan tapi sampai keinginan yang sifatnya memenuhi hasrat pribadi dimasukkan ke daftar belanja. 

Untuk itu, kamu perlu kontrol diri. Jangan hanya karena lagi diskon gila-gilaan lalu kamu memanfaatkan kesempatan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan. Yuk, cek lagi daftar belanjaanmu!

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Kamu Orangtua Baru

3. Malas mencatat pengeluaran

Tabunganmu Bocor Terus? 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Sering Borosilustrasi mencatat pengeluaran (unsplash.com/lilartsy)

Apa sih yang bikin kamu malas mencatat pengeluaran? Ribet? Ga ada waktu? Repot? Sebenarnya tidak apa-apa untuk ribet sedikit, karena kebiasaan ini bisa menyelamatkanmu dari kantong kering.

Mungkin kelihatannya sepele, tapi catatan itu akan sangat membantu kita untuk melacak bagian mana yang bikin kita boros. Dari sini, kamu bisa evaluasi keuanganmu setiap minggu dan bulan. Ayo bangun kebiasaan yang baik dan sehat! 

4. Sulit menolak ajakan nongkrong

Tabunganmu Bocor Terus? 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Sering Borosilustrasi nongkrong (unsplash.com/Rod Long)

Seberapa sering kita nongkrong dalam satu minggu? Jangan-jangan uangmu cepat habis karena keseringan diajak nongkrong bareng teman? Tiap pergi keluar pasti jajan. Kalau keseringan, bakal gak sehat buat kondisi keuanganmu. 

Saatnya kita belajar untuk berkata tidak. Gak semua ajakan harus kita ikuti. Kalau semua ajakan kamu ikuti tanpa melihat kondisi kantong pribadi pasti bakal sulit buat nabung. It's okay to say no.

5. Sering pay later, kebiasaan bayar di belakang

Tabunganmu Bocor Terus? 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Sering Borosilustrasi transaksi (unsplash.com/Christiann Koepke)

Pay later atau membayar di belakang kelihatannya memudahkan ya. Tapi bencana yang diakibatkan bisa besar kalau kita tidak mengontrolnya. Asal checkout keranjang belanja, beli-beli online tanpa sadar. Begitu akhir bulan, uang gajian ludes untuk bayar pay later. Sedih banget gak, sih?

Ayo mulai miliki budgeting yang sehat kalau mau menggunakan pay later. Kalau gak mendesak, lebih baik langsung bayar saat itu juga saja, guys. Dompet aman, hati tenang.

 

Sekarang kamu mulai sadar, kan, di area mana saja uangmu sering bocor? Setelah kamu sadar, maka saatnya diperbaiki. Yang terpenting adalah memiliki kontrol diri yang baik. Semangat pejuang cuan!

Baca Juga: Tips Atur Keuangan First Jobber Bergaji Kecil, Bisa Tetap Investasi!

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Having a balance life through writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya