Comscore Tracker

5 Red Flag dalam Finansial, Ubah Demi Keuangan Lebih Sehat

Bijak mengelola keuanganmu sejak dari muda, siap?

Masa muda adalah masa pencarian jati diri. Tingkat penasaran akan sesuatu menjadi sangat tinggi. Sadarkah kalau hal tersebut berpengaruh terhadap bagaimana kita mengelola uang sehari-hari?

Nah, ada beberapa red flag yang perlu kamu waspadai dalam mengelola uang di usia muda. Poin berapa yang masih sering kamu lakukan? Yuk, kita cek bersama

1. Tidak segera menyisihkan income untuk ditabung, tapi dipakai untuk hal yang konsumtif

5 Red Flag dalam Finansial, Ubah Demi Keuangan Lebih Sehatilustrasi berbelanja (pexels.com/Tim Douglas)

Apakah yang pertama kali kamu lakukan ketika menerima income? Jangan-jangan selama kamu sering tekor karena tidak pernah menyisihkan income untuk ditabung tetapi menggunakannya pertama-tama untuk sesuatu yang konsumtif dan hanya memenuhi keinginan belaka. 

Jelas saja ini menjadi peringatan awal untuk mengontrol setiap pendapatan yang kamu terima. Jika kita selalu memiliki mindset untuk menggunakan uang demi memenuhi keinginan, maka selamanya kita tidak akan pernah puas dan tidak akan pernah bisa menabung seberapa besar pun uang yang kita miliki.

2. Tidak ada backup tabungan untuk kondisi darurat

5 Red Flag dalam Finansial, Ubah Demi Keuangan Lebih Sehatilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kita tidak bisa menduga-duga kapan situasi darurat itu tiba. Misal sakit, HP rusak, kendaraan mogok, ada keluarga yang butuh bantuan mendesak, dan berbagai hal yang datangnya tiba-tiba. Kalau kita tidak punya tabungan khusus untuk berbagai kondisi darurat tadi, bisa-bisa kita sendiri yang repot. 

Menyisihkan tabungan dana darurat ini harus disadari sedini mungkin. Pisahkan tabungan ini dengan tabungan yang lain agar lebih mudah mengelolanya.  

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan saat Pasangan Memutuskan Berhenti Kerja

3. Kurang riset ketika hendak berinvestasi, asal ikut-ikutan yang viral

5 Red Flag dalam Finansial, Ubah Demi Keuangan Lebih Sehatilustrasi investasi (pexels.com/Liza Summer)

Melihat banyak orang yang membagikan portofolio dan profitnya setelah menggunakan produk investasi tertentu tidak lantas membuat kita tergiur begitu saja. Selalu cek kembali apakah itu sudah sesuai dengan profil keuangan dan mimpi yang ingin kamu capai. 

Terlalu buru-buru dalam membuat keputusan akan berakibat fatal. Dan jangan lupa untuk selalu gunakan uang dingin saat berinvestasi. Uang dingin adalah uang yang diguanakan di luar kebutuhan pokok sehari-hari. 

4. Kemudahan teknologi bikin gampang checkout keranjang belanja

5 Red Flag dalam Finansial, Ubah Demi Keuangan Lebih Sehatilustrasi belanja online (pexels.com/Olya Kobruseva)

Zaman sekarang semua serba canggih, segala hal bisa dilakukan hanya bermodal HP. Mencari informasi, belanja, pesan tiket, semuanya bisa dilakukan lewat HP. Dengan kemudahan itu kadang kita jadi susah untuk mengontrol diri.

Belum lagi jika kita mengambil cicilan pembayaran untuk membeli barang yang tidak seberapa harganya. Jika cara semakin mudah, maka yang harus kita lakukan adalah memiliki pengendalian diri dan kesadaran diri yang lebih tinggi. Yuk, kuasai diri sendiri!

5. Menaruh seluruh uangmu di satu rekening

5 Red Flag dalam Finansial, Ubah Demi Keuangan Lebih Sehatilustrasi mengecek uang di ATM (pexels.com/Liliana Drew)

Apakah kamu melakukan hal berikut? Menaruh seluruh uangmu di satu rekening akan menyebabkan kebingungan dalam menata prioritas. Sebaliknya memiliki beberapa tempat untuk saving akan membantumu dalam menata keuangan. Kamu bisa melacak pengeluaran dan pemasukan dengan lebih teliti sehingga target keuangan akan lebih jelas. Minimal milikilah dua buah rekening dimana yang satu digunakan untuk menabung dan yang satunya untuk uang keluar masuk. Selamat mencoba!

Yuk, semakin melek dengan keuangan. Gunakan uang yang kita miliki sebagai alat yang tepat. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena kebiasaan yang tidak sehat terhadap uang di masa muda. Selamat berusaha!

Baca Juga: 5 Cara Menata Keuangan dengan Mudah, Gak Pakai Ribet

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Having a balance life through writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya