Comscore Tracker

Millennial, Terapkan 5 Tips Keuangan Ini Agar Kamu Cepat Kaya

Karena kemandirian finansial bisa diraih di usia muda

Siapa sih yang tidak ingin kaya alias mandiri secara finansial? Setiap orang di dunia ini pasti memiliki keinginan yang sama.

Masalahnya agar kamu bisa mandiri secara finansial, tentu diperlukan proses dan waktu yang tidak sebentar. Kamu juga harus membekali dirimu dengan kemampuan untuk mengolah keuangan dengan bijak dan cermat seperti tips keuangan mudah berikut ini.

1. Beramal

Millennial, Terapkan 5 Tips Keuangan Ini Agar Kamu Cepat Kayapexels.com/burst

Hal apa yang pertama kali kamu lakukan saat menerima gaji atau rezeki berupa uang? Apakah kamu langsung membelanjakannya? Jika iya, ada baiknya kamu mengganti kebiasaanmu tersebut dengan beramal.

Boleh percaya atau tidak, kebiasaan beramal mampu memberikan keajaiban berupa lancarnya rezeki. Tak perlu banyak-banyak, cukuplah beramal semampu kamu dan lakukan secara ikhlas.

2. Membagi keuangan dalam beberapa pos

Millennial, Terapkan 5 Tips Keuangan Ini Agar Kamu Cepat Kayabca.co.id

Setelah beramal, jangan keburu untuk berbelanja juga. Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan agar cepat kaya adalah membagi keuanganmu dalam beberapa pos.

Idealnya ada 5 pos keuangan yang harus kamu penuhi setiap bulannya. Pos tersebut adalah dana darurat yang besarnya 10-30 persen dari total penghasilan, tabungan investasi yang jumlahnya juga sama yaitu 10-30 persen dari penghasilan, cicilan dan utang (jika ada), pengeluaran tetap setiap bulan, dan yang terakhir adalah dana untuk gaya hidup atau hiburan.

Agar kamu bisa mengisi pos-pos di atas dengan baik, tentu saja kamu membutuhkan aplikasi tabungan yang sifatnya mobile. Salah satu caranya adalah dengan memantau isi rekeningmu dengan BCA Keyboard yang ada dalam aplikasi BCA Mobile sehingga kamu bisa transaksi sambil chatting tanpa harus pindah aplikasi. Semuanya #DibikinSimple saja dengan cara #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN.

Baca Juga: 5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening Tabungan

3. Disiplin

Millennial, Terapkan 5 Tips Keuangan Ini Agar Kamu Cepat Kayapexels.com/pixabay

Nah, ini nih! Kedisiplinan adalah hal paling penting yang harus kamu tanamkan dalam mengatur keuangan. Semua usahamu termasuk bekerja dan mengatur pos keuangan akan sia-sia jika kamu tidak disiplin.

Saat kamu merasa 'lelah' alias tidak bisa berfoya-foya, selalu ingatlah niat awalmu yaitu ingin mandiri secara finansial.

4. Jadikan sebagai kebiasaan

Millennial, Terapkan 5 Tips Keuangan Ini Agar Kamu Cepat Kayapexels.com/pixabay

Setelah kamu bisa menerapkan kedisiplinan dalam dirimu, jadikan berhemat dan mengatur keuangan sebagai kebiasaan sehari-hari sehingga kamu tidak akan merasa berat.

Selain itu, pisahkan pula antara keinginan dan kebutuhan. Tolak ukurnya adalah saat kamu menginginkan sesuatu dan jika hal tersebut tidak terpenuhi lalu kamu merasa bahwa hidupmu baik-baik saja, maka hal itu disebut dengan keinginan alias bukan kebutuhan.

5. Kreatif mencari pekerjaan sampingan

Millennial, Terapkan 5 Tips Keuangan Ini Agar Kamu Cepat Kayapexels.com/bruce mars

Terakhir, jika kamu merasa bahwa penghasilanmu masih belum mencukupi pos-pos di atas, maka kamu bisa mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utamamu.

Carilah pekerjaan sampingan yang memang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu harus menjadi pribadi yang kreatif agar bisa mandiri secara finansial di usia muda.

Mendapatkan kemandirian secara finansial memang membutuhkan pengorbanan dan kerja keras. Namun semaunya akan terbayar saat kamu bisa bebas mendapatkan apa saja tanpa perlu dipusingkan dengan keuangan.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Menambah Pundi Keuangan Millennial

Bu Nanik Photo Verified Writer Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya