Comscore Tracker

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Wajib Melek Investasi Mulai dari Sekarang

Jangan ditunda-tunda ya!

Akhir-akhir ini banyak millennials yang tergiur untuk berinvestasi. Hal itu dilakukan karena banyak keuntungan yang akan didapatkan. Namun tidak jarang pula orang-orang yang tidak tahu menahu masalah investasi lalu memilih menabungkan uang penghasilannya di bank.

Padahal jika mau berinvestasi, keuntungan yang didapatkan pasti akan berlipat ganda. Maka dari itu selagi masih muda, kamu dianjurkan untuk melek investasi agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, coba simak pembahasannya berikut ini.

1. Perihal keuangan, masa tuamu pasti akan terjamin

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Wajib Melek Investasi Mulai dari Sekarangpexels.com/andrea piacquadio

Seiring berjalannya waktu, umur setiap orang pasti akan bertambah tanpa terkecuali. Biasanya kebahagiaan masa tua itu tergantung bagaimana perilakumu waktu masih muda. Oleh karena itu, melek investasi sejak dini pasti akan membantu keberlangsungan hidupmu suatu saat nanti.

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu lakukan. Salah satu contohnya adalah investasi reksa dana. Sebagai investor pemula, kamu sangat dianjurkan untuk berinvestasi di reksa dana. Hal itu karena prosesnya yang tidak begitu rumit serta keuntungannya bersifat jangka panjang. Dengan adanya hal itu, masa tuamu pasti akan terjamin.

2. Dalam tahun terakhir, tren pasar selalu naik

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Wajib Melek Investasi Mulai dari Sekarangpexels.com/burak k

Dilansir dari akun instagram bibit.id selaku platform reksa dana yang baru-baru ini hype mengatakan bahwa dalam satu dekade terakhir, tren pasar cenderung naik. Dengan adanya hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kerugian akan sangat terminimalisir.

Kunci dari investasi reksa dana adalah tetap konsisten menabung perbulan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal suatu saat nanti. Dengan adanya hal tersebut selagi masih muda, cobalah untuk menyisihkan uangmu untuk berinvestasi. Kamu bisa bebas mau berinvestasi di mana aja asalkan cari platform yang sudah terdaftar OJK ya!

Baca Juga: Tips Aman Investasi saat Situasi Krisis, Biar Berbuah Cuan  

3. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan hidup pasti akan bertambah

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Wajib Melek Investasi Mulai dari Sekarangpexels.com/oleg magni

Tidak dapat dimungkiri bahwa kebutuhan setiap manusia akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Begitupula barang-barang seperti rumah maupun mobil, semuanya pasti akan terus naik harganya. Oleh karena itu sebelum terlambat, mulailah untuk putarkan uangmu untuk berinvestasi.

Hal itu pasti akan sangat membantumu untuk meringankan biaya yang akan dikeluarkan suatu saat nanti pada saat membeli rumah atau semacamnya. Keuntungan tersebut berasal dari naiknya tren pasar seiring berjalannya waktu.

4. Menyimpan uang di bank tidak akan membuat uangmu bertambah

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Wajib Melek Investasi Mulai dari Sekarangpexels.com/pixabay

Menyimpan uang di bank adalah sesuatu yang hampir kebanyakan orang lakukan. Namun ada alternatif lain yang dapat menguntungkanmu yaitu dengan berinvestasi. Sebelumnya telah disebutkan bahwa dengan berinvestasi, kekayaanmu pasti akan terus bertambah jika mau konsisten menabung.

Oleh karena itu melek investasi dari sekarang sangatlah dianjurkan. Sebelum berinvestasi, coba tentukan terlebih dahulu apa goals yang akan kamu raih dengan penghasilan berjalanmu itu.

5. Melatih kemampuan menabung

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Wajib Melek Investasi Mulai dari Sekarangpexels.com/cottonbro

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bisa betah dalam menabung. Hal tersebut sebenarnya bisa dilatih agar kebahagiaan hidup dapat diraih suatu saat nanti. Salah satu cara menabung yang paling tepat dan menguntungkan adalah dengan berinvestasi.

Kamu pasti akan terlatih untuk senantiasa menyisihkan uang. Konsistensi diri dalam hal menabung pasti akan berkembang secara perlahan namun pasti. Semua kebiasaan yang mendorongmu untuk berfoya-foyamu juga pasti akan hilang dengan sendirinya

Itulah kelima alasan logis mengapa kamu harus melek investasi mulai dari sekarang. Tidak ada alasan lagi untuk menunda dalam berinvestasi. Yuk lakukan sekarang!

Baca Juga: Dear Millennial, Ini Investasi Paling Aman Dilirik saat Pandemik

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya