Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tunda

Jangan nunggu tua dulu ya!

Tidak ada orang yang tak ingin hidupnya selalu tercukupi dalam hal materi. Oleh karena itu, uang sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup sehari-hari. Namun untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah tersebut sebenarnya gampang-gampang susah, tergantung cara kamu mengelolanya.

Jika kamu memiliki penghasilan yang begitu fantastis namun tak bisa mengelolanya dengan baik, maka sama saja tidak akan membuatmu menjadi kaya. Mumpung usia masih muda, belajar tentang pengelolaan uang wajib kamu lakukan sejak dini karena manfaatnya banyak sekali. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak pembahasan ini.

1. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan pasti akan terus bertambah

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tundaunsplash.com/josh appel

Ketika memiliki banyak uang, salah satu hal yang harus terpenuhi pertama kali adalah kebutuhan. Kamu tak bisa menabung uangmu secara keseluruhan tanpa mempertimbangkan bagaimana caramu makan.

Percuma memiliki banyak uang tapi kamu tak bisa menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, belajar mengelola uang akan sangat berguna jika dilakukan mulai sekarang karena seiring berjalannya waktu, kebutuhan pasti berubah. Kebutuhan di usia 20an saat ini pasti akan berbeda jika dibandingkan dengan dirimu sepuluh tahun lagi.

2. Lambat laun semua harga bahan pokok pasti akan mengalami fluktuasi

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tundaunsplash.com/fikri rasyid

Kebutuhan bahan pokok sangatlah wajib untuk dipenuhi karena hal tersebut merupakan kunci utama dalam bertahan hidup. Namun berpikirlah secara realistis bahwa seiring berjalannya waktu, barang-barang tersebut pasti akan mengalami fluktuasi.

Seperti contoh adalah harga bensin yang beberapa tahun lalu hanya berkisar senilai Rp. 4.500,- saja, sekarang menjadi Rp. 7.000,- atau lebih. Hal tersebut menjadi bukti bahwa tak selamanya harga kebutuhan akan terus tetap, pasti akan mengalami fluktuasi.

3. Suatu saat kamu pasti akan merasakan hidup bersama pasangan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tundaidentity-mag.com

Jika saat ini kamu adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, maka beberapa tahun lagi hal tersebut akan berubah jika dirimu memutuskan untuk menikah. Tidak hanya menafkahi dirimu saja, ketika menikah kamu harus bisa memberi kehidupan kepada anak dan istri.

Hal itu sangatlah berat dilakukan jika kamu tak memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik. Oleh karena itu, menabung adalah salah satu cara dalam mengelola keuangan yang paling manjur jika kamu ingin hidup sejahtera di masa depan.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Keuangan Dasar di Tengah Pandemik COVID-19

4. Dunia kerja pasti akan sangat menyibukkanmu 

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tundaunsplash.com/helloquence

Jika saat ini kamu sedang duduk di bangku sekolah ataupun kuliah, saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk belajar mengelola keuangan. Hal itu karena tanggunganmu belum begitu berat dan pengeluaranmu pastinya masih sedikit.

Selain itu, biaya pendidikan yang masih ditanggung orang tua membuat kamu memiliki beban hidup masih sedikit dalam hal materi. Oleh karena itu, cobalah mulai saat ini belajar mengatur keuangan agar suatu saat nanti kamu bisa membalas semua jasa orang tua ataupun orang-orang terdekatmu.

5. Tidak menutup kemungkinan kamu akan cepat kaya di masa depan 

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tundaunsplash.com/ameer basheer

Memiliki harta yang berlimpah adalah impian semua orang. Hal itu karena jika memiliki materi yang banyak, kamu hampir bisa mendapatkan semuanya yang diinginkan. Tetapi untuk mencapai tahap yang sangat indah itu, diperlukan kerja keras serta kemampuan untuk mengelola arus dana dengan baik.

Jika mau belajar mulai saat ini, maka tak menutup kemungkinan bahwa dirimu akan lebih cepat kaya dalam hal materi dibandingkan orang lain. Kamu telah memiliki kemampuan pokok yang harus dikuasai oleh orang-orang sukses sejak dini.

Itulah kelima alasan mengapa kamu tak boleh menunda-nunda dalam belajar mengelola keuangan. Lakukanlah secara perlahan dan konsisten, kamu pasti akan merasakan keajaibannya.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Pandai dalam Mengelola Keuangan Pribadi   

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya