Comscore Tracker

Buang 5 Mindset Buruk Ini agar Kamu Bisa Merdeka Secara Finansial

Apakah kamu sudah merdeka secara finansial?

Merdeka secara finansial merupakan sebuah keadaan di mana kamu sudah terbebas dari yang namanya hambatan keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut biasanya didapat ketika tidak ada lagi sesuatu yang membebani keadaan finansialmu baik itu dalam pemasukan maupun pengelolaan.

Agar dapat merealisasikan keadaan seperti itu, kamu harus berani membuang berbagai macam mindset buruk yang sebelumnya selalu menjadi penghambat alokasi keuanganmu. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait mindset buruk apa saja yang dimaksud, simak pembahasannya berikut ini.

1. Senantiasa menunda-nunda untuk mulai menabung

Buang 5 Mindset Buruk Ini agar Kamu Bisa Merdeka Secara Finansialpexels.com/cottonbro

Tidak dapat dimungkiri bahwa menabung merupakan sebuah hal yang bisa membantumu agar merdeka secara finansial. Namun hal tersebut membutuhkan tingkat konsistensi yang tinggi agar keuntungan bisa didapat setelah semuanya berhasil terkumpul.

Dalam menabung kamu gak boleh menunda-nunda dalam melakukannya karena hal tersebut dapat memunculkan kebiasaan positif jika telah terbiasa. Cobalah untuk menyisihkan uang penghasilanmu beberapa persen saja agar kebiasaan positif tersebut bisa menguntungkanmu di masa depan.

2. Memiliki gaya hidup yang tidak sesuai isi dompet

Buang 5 Mindset Buruk Ini agar Kamu Bisa Merdeka Secara Finansialpexels.com/andrea piacquadio

Kebanyakan orang itu senantiasa mengedepankan gengsi dalam menjalani hidup. Padahal hal tersebut akan menjadi bumerang untuk diri sendiri karena kamu dituntut untuk dapat membiayai kesenangan yang hampir mustahil didapat. Maka dari itu cobalah untuk bergaya hidup sesuai isi kantong.

Jika kamu masih belum bisa mengubah lifestyle tersebut, cobalah secara perlahan dengan lebih visioner dalam berpikir perihal finansial. Jangan terlalu mengedepankan gengsi karena kebahagiaanmu itu bisa didapat bukan karena pengakuan dari orang lain.

Baca Juga: 5 Sisi Positifnya Kalau Kamu Mandiri Secara Finansial, Penting!

3. Tidak pernah menyisihkan uang untuk dana darurat

Buang 5 Mindset Buruk Ini agar Kamu Bisa Merdeka Secara Finansialpexels.com/karolina grabowska

Dana darurat dan tabungan merupakan kedua hal yang cukup berbeda. Hal itu karena dana darurat lebih condong digunakan untuk mem-back up segala pengeluaran yang tidak terduga. Menyisihkan uang untuk dana darurat haruslah dilakukan agar kamu bisa terhindar dari yang namanya berutang.

Cobalah untuk menyisihkan uang kembalian meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Percayalah bahwa hal tersebut pasti akan sangat membantumu jika uang kembalian tersebut telah menumpuk. Oleh karena itu mulai sekarang jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, ya!

4. Tidak pernah memikirkan nasib finansial di akhir bulan

Buang 5 Mindset Buruk Ini agar Kamu Bisa Merdeka Secara Finansialpexels.com/polina zimmerman

Ingatlah bahwa tidak selamanya uang gajimu itu jumlahnya akan senantiasa tetap. Apalagi di akhir bulan, momen tersebut dapat dikatakan menjadi momok bagi setiap orang. dalam hal finansial. Kebiasaan borosmu di awal gajian akan mencerminkan bagaimana keadaanmu di ujung bulan nanti.

Maka dari itu jika kamu ingin merdeka secara finansial, cobalah untuk lebih visioner dalam memikirkan hal yang kemungkinan besar akan terjadi di akhir bulan. Dengan adanya hal tersebut, percayalah bahwa kamu akan lebih berhati-hati dalam menjaga spending habit.

5. Tidak pernah menahan diri untuk berutang

Buang 5 Mindset Buruk Ini agar Kamu Bisa Merdeka Secara Finansialpexels.com/christina morillo

Dapat dikatakan bahwa utang merupakan sebuah hal yang dapat memudahkan segala urusan secara instan. Di sisi lain, hal tersebut dapat menjadi bom waktu untuk dirimu jika tidak ada usaha untuk melunasinya. Jika ingin merdeka secara finansial, berutang merupakan hal yang wajib dihindari.

Coba bayangkan apakah kamu akan tetap tenang jika ada banyak beban finansial yang harus dibayarkan? Meskipun dalam keadaan terpepet, cobalah untuk cari usaha lain terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berutang. Apakah kamu masih yakin akan tetap berutang finansial kepada orang lain? Pikirkan dengan bijak!

Kemerdekaan secara finansial akan mudah didapatkan jika kamu terus-terusan mengedukasi diri. Mulailah untuk membangun mindset positif agar kehidupan finansialmu akan terus-terusan berada di titik yang baik.

Baca Juga: 5 Sinyal Kalau Rumah Tanggamu Sudah Aman Secara Finansial, Selamat ya!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya