Comscore Tracker

Finansialmu akan Terjaga di Masa Depan jika Mulai Melakukan 5 Hal Ini

Apakah kamu ingin merdeka secara finansial?

Setiap orang pasti ingin hidupnya bisa merdeka secara finansial. Namun untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan proses yang cukup panjang, terutama dalam hal mengubah pola pikir.

Memperjuangkan masa depan agar terang dan tenang adalah sebuah keharusan. Ingatlah bahwa apapun yang kamu lakukan di masa muda itu adalah cerminan di masa depanmu kelak.

Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri untuk senantiasa melakukan hal positif, terutama yang berhubungan dengan finansial. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar kamu tidak bingung dalam hal finansial di masa depan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Mulailah investasi reksa dana 

Finansialmu akan Terjaga di Masa Depan jika Mulai Melakukan 5 Hal Iniunsplash.com/austin distel

Akhir-akhir ini banyak orang yang tergiur dengan investasi reksa dana karena sangat mudah untuk dijalankan. Reksa dana merupakan salah satu jenis investasi yang terdiri dari tiga produk yaitu pasar uang, obligasi, dan saham. Namun untuk melakukan investasi tersebut kamu harus bisa konsisten menabung tiap bulannya.

Kamu dapat mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari reksa dana jika fokusmu adalah investasi jangka panjang. Maka dari itu investasi reksa dana sangat cocok bagi kamu jika ingin membangun masa depan yang baik mulai dari sekarang. Melek finansial mulai dari sekarang yuk!

2. Buatlah goals tabungan yang cukup realistis 

Finansialmu akan Terjaga di Masa Depan jika Mulai Melakukan 5 Hal Iniunsplash.com/michael longmire

Membuat goals tabungan adalah sesuatu yang wajib dilakukan jika kamu ingin masa depanmu cemerlang. Namun satu hal yang perlu diingat adalah kamu harus membuat goals tabungan secara realistis dan masuk akal.

Sesuaikan goals tabunganmu dengan pemasukan yang kamu miliki sampai saat ini. Hal tersebut dapat mendorongmu untuk senantiasa konsisten dalam menabung karena tujuannya yang begitu jelas. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk membuat susunan tujuan tabungan di ponsel ataupun tempat kerjamu.

Baca Juga: 5 Cara Kelola Keuangan saat Putus Cinta, Hati Hancur Rekening Jangan

3. Mulailah belajar mengelola keuangan 

Finansialmu akan Terjaga di Masa Depan jika Mulai Melakukan 5 Hal Iniunsplash.com/kelly sikkema

Semua orang pasti setuju bahwa mengelola keuangan adalah sesuatu yang sangat susah dilakukan karena diharuskan untuk menghadapi berbagai godaan. Tetapi hal tersebut wajib kamu latih jika ingin masa depanmu lebih terjamin.

Apalagi di usia yang masih muda seperti saat ini, kamu belum banyak memikul berbagi tanggungan sehingga mengelola keuangan sangat mudah untuk dilakukan. Coba paksakan diri untuk berlatih mengelola keuangan agar masa depanmu nanti tidak sengsara.

4. Jangan pernah menolak jika ada teman yang mengajak berbisnis 

Finansialmu akan Terjaga di Masa Depan jika Mulai Melakukan 5 Hal Iniunsplash.com/sebastian herrmann

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Komunikasi antar sesama merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang senantiasa dilakukan oleh setiap orang. Dengan adanya hal tersebut kamu akan menemukan teman yang cocok untuk diajak diskusi.

Ketika teman diskusimu itu mengajak untuk mulai berbisnis, jangan sesekali menolak dan cobalah untuk mempertimbangkannya. Percayalah bahwa kesuksesan itu tidak dapat diraih seorang diri, kamu membutuhkan orang lain agar bisa berkembang. Lagipula hal tersebut dapat membukakan peluang yang bisa menguntungkanmu perihal materi.

5. Kamu harus pandai-pandai cari peluang yang dapat memberikan profit 

Finansialmu akan Terjaga di Masa Depan jika Mulai Melakukan 5 Hal Iniunsplash.com/toa heftiba

Sebuah kesuksesan dapat terealisasi jika kamu memperjuangkannya dengan sepenuh hati. Kesuksesan dalam hal finansial di masa depan dapat kamu raih dengan cara berani mencari peluang yang bisa memberikan profit. Salah satu contoh yang dapat kamu kerjakan adalah dengan menginisiasi usaha.

Tidak usah takut gagal karena hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa terjadi. Terkadang kamu perlu membuat sebuah gebrakan agar kesuksesan yang kamu raih itu tidak nanggung. Oleh karena itu selagi masih memiliki banyak waktu luang, cobalah berwirausaha dengan mengembangkan berbagai inovasi yang ada di kepalamu.

Mulailah menggali potensi diri yang dapat membuatmu bisa merdeka secara finansial. Beranjaklah dari zona nyaman agar suatu saat nanti kamu memiliki materi yang cukup banyak sehingga kebahagiaan pun dapat tercipta.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya