Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Ingin Menghemat Pengeluaran Bulanan

Siapa nih yang masih sulit mengatur pengeluaran bulanan?

Semua orang pasti setuju bahwa mengelola pengeluaran bulanan adalah hal yang sangat susah untuk dilakukan. Hal itu karena banyak rintangan yang wajib kamu hadapi agar pengeluaranmu tidak bobrok. Namun mau tidak mau kamu harus bisa melakukannya demi kehidupan sehari-hari yang lebih baik.

Sebenarnya ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan agar pengeluaran dan pemasukan bulananmu menjadi tertata dengan rapi. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang dimaksud, cobalah untuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan biarkan keinginanmu yang gak penting merusak semuanya

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Ingin Menghemat Pengeluaran Bulananunsplash.com/george bakos

Ketika memiliki uang banyak, seseorang pasti akan cenderung untuk terdorong menghabiskan semua uangnya dengan cara apapun. Namun jika dilakukan, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kondisi finansialmu. Maka dari itu usahakan untuk tidak membeli barang-barang yang gak terlalu penting.

Jika kamu melakukan hal tersebut, percayalah bahwa akan ada sebuah penyesalan di akhir bulan nanti. Bijaklah dalam mengeluarkan uang sepeserpun karena hal tersebut dapat memengaruhi kehidupanmu sehari-hari. Jangan gegabah dalam membeli sesuatu yang membuat hati tertarik.

2. Cobalah untuk selalu berpatokan pada keadaan di akhir bulan

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Ingin Menghemat Pengeluaran Bulananunsplash.com/胡 卓亨

Jika kamu susah mengendalikan kebiasaan untuk berbelanja secara berlebihan, cobalah berpatokan pada keadaanmu di akhir bulan. Tidak dapat dimungkiri bahwa akhir bulan merupakan sebuah masa di mana seseorang harus sabar menghadapi kenyataan yang ada perihal finansial.

Uangmu pasti hanya akan sisa sedikit saja sehingga kamu dituntut untuk bisa berhemat. Agar hal tersebut gak terlalu menjadi beban, cobalah untuk terbiasa menghemat pengeluaran mulai dari sekarang. Ingatlah bahwa kamu juga perlu makan di akhir bulan nanti agar bisa bertahan hidup.

Baca Juga: Lebih Tertata, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Mencatat Setiap Pengeluaran

3. Senantiasa melakukan transaksi dengan menggunakan cashless

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Ingin Menghemat Pengeluaran Bulananunsplash.com/clay banks

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dapat memudahkan kehidupan setiap orang. Salah satu contoh perkembangan teknologi dalam hal finansial adalah munculnya metode pembayaran cashless. Hal tersebut juga akan sangat berguna jika kamu mulai belajar untuk menghemat.

Hal itu karena kamu tidak perlu membawa uang cash di dompet yang dapat mendorongmu untuk membelanjakan segala sesuatu ketika sedang berada di luar. Lagipula bertransaksi secara cashless terkadang memberikanmu diskon kecil-kecilan yang dapat menghemat pengeluaranmu sehari-hari.

4. Carilah peluang lain agar dapat mendapatkan penghasilan tambahan

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Ingin Menghemat Pengeluaran Bulananunsplash.com/thought catalog

Salah satu cara yang paling ampuh keuangan bulananmu dapat terkendali adalah dengan mencari peluang penghasilan lain. Cobalah untuk memanfaatkan teknologi untuk dapat menuai penghasilan tambahan. Salah satu contohnya adalah dengan membuka online shop atau bekerja sebagai content writer.

Hal tersebut pasti akan sangat membantumu dalam hal finansial karena kamu memiliki sumber uang lain yang dapat membuatmu tidak khawatir jika membeli sebuah barang. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk mencari peluang bisnis lain yang tentunya tidak mengganggu aktivitas utamamu.

5. Jangan berpatokan pada prinsip hidup hedonisme

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Ingin Menghemat Pengeluaran Bulananunsplash.com/freestocks

Banyak orang yang gak bisa terlepas dari kebiasaan hedonisme. Hal tersebut memiliki arti bahwa seseorang yang senantiasa hidup dengan mengedepankan gengsi sehingga membeli barang-barang mewah secara membabi buta. Jika kamu terjebak dalam kebiasaan buruk tersebut maka cepat-cepatlah berhenti mulai dari sekarang.

Cobalah untuk lebih memerhatikan finansialmu karena hal tersebut hanya bersifat merugikan. Hiduplah sesuai isi kantong agar kamu tidak tersiksa di akhir bulan karena saldo yang kian menipis. Jika kamu ingin merdeka secara finansial di setiap bulannya, tinggalkanlah kebiasaan hidup dengan memakai prinsip hedonisme.

Mengelola pengeluaran bulanan memang terlihat cukup sulit jika dilakukan. Namun mau tidak mau kamu harus bisa belajar mengelola keuangan agar hidupmu tidak tersiksa. Praktikkan yuk!

Baca Juga: 5 Keahlian Simple Ini Bisa Menghemat Pengeluaran, Jangan Diremehkan!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya