Comscore Tracker

Selain Menabung, 5 Hal Ini Bantu Kamu Lebih Bijak dalam Mengatur Uang

Jangan mudah mengeluarkan uang untuk hal yang gak penting ya

Setiap orang memang diharuskan memiliki kemampuan mengatur keuangan dengan baik. Hal tersebut dilakukan agar keberlangsungan hidupnya bisa berjalan sesuai keinginan tanpa disertai rasa kekurangan. Mengelola uang itu tidak hanya sekadar menabung saja, melainkan ada banyak hal yang bisa kamu lakukan.

Namun kamu harus bisa melakukan hal tersebut secara bersungguh-sungguh agar tidak ada kekurangan secara finansial yang berarti. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang dimaksud, cobalah untuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Jangan menghabiskan gaji hanya untuk kepentingan belanja keinginan

Selain Menabung, 5 Hal Ini Bantu Kamu Lebih Bijak dalam Mengatur Uangpexels.com/burst

Ketika gajian kamu pasti berpikiran untuk membeli apapun barang yang menjadi wishlist-mu sebelumnya. Namun kamu harus bisa menekan kebiasaan tersebut agar keuanganmu tidak cepat seret. Ingatlah bahwa terkadang kamu harus bisa menahan keinginan berbelanja sesuatu yang gak penting.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu tidak terbiasa menghabiskan uang tanpa tujuan yang jelas. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk mengelola uang gajianmu dengan cara menahan setiap keinginan berbelanja keinginan yang muncul di dalam pikiranmu.

2. Unduhlah aplikasi pencatat keuangan di ponselmu

Selain Menabung, 5 Hal Ini Bantu Kamu Lebih Bijak dalam Mengatur Uangpexels.com/karolina grabowska

Mengunduh aplikasi pencatat keuangan adalah salah satu hal yang cukup bermanfaat jika kamu tidak ada waktu menulis pemasukkan serta pengeluaran secara manual. Hal tersebut juga akan memudahkanmu dalam melihat bagaimana spending habit yang kamu miliki.

Lagipula aplikasi pencatat keuangan pasti juga memiliki fitur yang cukup untuk membantumu dalam berlatih menghemat. Apalagi ketika melihat nominal pengeluaran yang tidak wajar, pasti kamu akan termotivasi untuk lebih berhemat agar hal tersebut tidak terulang lagi.

3. Berinvestasi reksa dana sesuai profil risiko

Selain Menabung, 5 Hal Ini Bantu Kamu Lebih Bijak dalam Mengatur Uangpexels.com/lukas

Akhir-akhir ini investasi reksa dana telah menjadi primadona berbagai kalangan karena fiturnya yang tidak terlalu berbelit-belit. Apalagi kamu juga tidak perlu ribet mengelola portofolio karena sudah dijalankan oleh manajer investasi yang notabene sudah ahli di bidang tersebut.

Maka dari itu memulai investasi reksa dana dapat dikatakan sebagai sebuah hal yang cukup bijak untuk dilakukan dalam mengelola keuangan. Lagipula kamu juga dapat melakukan investasi tersebut melalui media smartphone. Unduhlah aplikasi reksa dana yang menurutmu cocok dan sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan ya!

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Sulitnya Mengatur Keuangan di Usia Muda, Pemborosan!

4. Jangan pernah berhenti untuk mencari kesempatan dalam mendapatkan uang

Selain Menabung, 5 Hal Ini Bantu Kamu Lebih Bijak dalam Mengatur Uangpexels.com/anthony shkraba

Agar keuanganmu bisa lebih teratur, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan sehingga penghasilanmu bertambah pula. Namun jangan sampai hal tersebut malah membuatmu tidak bisa menikmati waktu istirahat. Cobalah cari pekerjaan sampingan yang tidak terlalu berat namun menghasilkan.

Dengan semakin bertambahnya upah, maka penghasilan pokokmu tidak terganggu. Kamu pasti akan menggunakan uang penghasilan tambahan tersebut untuk membeli barang-barang keinginanmu. Pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba adalah menulis atau menjadi content creator.

5. Coba koreksi lagi spending habit-mu dan mulai perbaiki

Selain Menabung, 5 Hal Ini Bantu Kamu Lebih Bijak dalam Mengatur Uangpexels.com/karolina grabowska

Spending habit dapat diartikan sebagai sebuah kebiasaan seseorang dalam mengeluarkan uang. Hal tersebut sangat berpengaruh pada pola pengelolaan uangmu sehari-hari. Alangkah lebih baik jika kamu mulai menganalisis serta mengoreksi bagaimana spending habit yang kamu miliki.

Jika ada yang tidak beres pada spending habit-mu, cobalah untuk memperbaikinya sesegera mungkin. Hal tersebut pasti akan sangat membantumu dalam membuang kebiasaan boros. Maka dari itu mulai sekarang jangan pernah ragu mengonsultasikan tersebut kepada teman ataupun financial advisor.

Kemampuan mengatur keuangan memang harus selalu diasah agar keberlangsungan hidupmu sehari-hari bisa terjamin.

Baca Juga: Mudah Kok, Ini 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Masa Depan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya