Comscore Tracker

Kamu akan Susah Menabung jika Masih Mempertahankan 5 Prinsip Ini 

Apakah kamu melakukan salah satunya?

Tidak ada yang gak setuju bahwa menabung itu akan membuat diri menjadi kaya. Namun untuk konsisten dalam melakukan hal tersebut sangatlah susah karena banyak godaan yang datang menghampiri.

Mau tidak mau kamu harus bisa berubah jika ingin sukses dalam menabung. Ada beberapa prinsip yang wajib ditinggalkan jika kamu ingin serius dalam menabung. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, cobalah untuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Selalu memberikan hampir semua penghasilan untuk ditabungkan 

Kamu akan Susah Menabung jika Masih Mempertahankan 5 Prinsip Ini pexels.com/pixabay

Salah satu pola pikir yang wajib diubah ketika ingin menabung adalah kamu tidak boleh memberikan seratus persen penghasilanmu untuk ditabungkan. Hal tersebut hanya akan menyiksa dirimu saja. Kamu bisa menyisihkan uang maksimal setengahnya.

Jika memberikan semua uang untuk ditabungkan, kamu pasti akan cenderung memikirkan tabunganmu itu. Hal tersebut dapat menyebabkan niatan untuk menabung menjadi gagal karena banyak dorongan yang datang agar kamu bisa mengambil uang tabungan.

2. Selalu terbawa arus jika ada hal-hal baru yang lagi tren 

Kamu akan Susah Menabung jika Masih Mempertahankan 5 Prinsip Ini pexels.com/freestock.org

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan tren gaya hidup akhir-akhir ini sangatlah cepat. Hal tersebut membuat setiap orang terdorong untuk bisa mengikuti tren dengan tujuan agar diri merasa puas. Namun hal tersebut wajib dihindari jika kamu memiliki niat untuk menabung.

Jika mudah terbawa arus perihal tren, kamu pasti akan gampang menghabiskan uang penghasilan hanya untuk menuruti keinginan. Semua rencana indah terkait tabungan masa depanmu pun hanya berakhir sia-sia. Cobalah untuk lebih menahan diri demi kebahagiaan suatu saat nanti.

Baca Juga: Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannya

3. Senantiasa lebih mementingkan kebahagiaan orang lain 

Kamu akan Susah Menabung jika Masih Mempertahankan 5 Prinsip Ini pexels.com/vjpratama

Maksud dari selalu mementingkan kebahagiaan orang lain adalah ketika punya kekasih, kamu cenderung menuruti semua keinginannya hanya untuk membuatnya bahagia. Hal tersebut pasti sangat merugikan dirimu dalam segi finansial.

Oleh karena itu jika telah memiliki kekasih, cobalah untuk berterus terang kepadanya bahwa kamu sedang menabung demi masa depan. Dengan melakukan hal itu, percayalah bahwa dia pasti akan memberi pengertian kepada dirimu. Tetaplah fokus pada tujuan awal dalam menabung dan jangan goyah.

4. Tidak memiliki goals yang jelas 

Kamu akan Susah Menabung jika Masih Mempertahankan 5 Prinsip Ini pexels.com/andrea piacquadio

Kesalahan paling ketika mau mulai untuk menabung adalah jika tidak memiliki goals yang jelas. Hal tersebut sangatlah memberikan pengaruh kuat terhadap kemauan diri untuk menabung. Jika tidak memiliki tujuan jelas, terkadang kamu pasti cenderung menyepelekan tabunganmu.

Dengan adanya hal tersebut, alhasil tabungan yang kamu mulai sejak awal hanya akan berakhir sia-sia. Untuk mengurangi godaan yang cukup berat di kala sedang menabung, cobalah untuk membuat tujuan dengan jelas.

5. Tidak pernah rutin dalam menabung  

Kamu akan Susah Menabung jika Masih Mempertahankan 5 Prinsip Ini pexels.com/marcus aurelius

Syarat utama seseorang dapat sukses dalam menabung adalah ketika dia berhasil konsisten menyetor uang secara rutin. Hal tersebut akan membuat kamu terbiasa menahan semua godaan yang datang secara berkala.

Percayalah bahwa hal tersebut juga akan membantumu untuk mudah meraih goals yang kamu miliki. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk menjadwalkan secara rinci terkait kapan tepatnya kamu bisa setoran secara rutin.

Itulah kelima prinsip yang perlu dihilangkan jika kamu ingin sukses dalam menabung. Berubah yuk jika kamu ingin cepat kaya!

Baca Juga: 5 Tipe Orang Saat Menabung, Kamu Termasuk yang Mana?

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya