Comscore Tracker

5 Prioritas Utama Mengatur Uang Bulanan bagi Ibu Rumah Tangga, Cermat!

Kalau keliru bisa repot deh urusan keuangannya

Menjadi ibu rumah tangga bukan lah hal yang mudah karena ada banyak tantangan di dalamnya. Salah satu tantangannya adalah mengenai manajemen keuangan rumah tangga yang cukup sulit. Perlu cara cermat dalam mengaturnya agar sistem pengeluarannya berjalan lancar dan justru tidak membuat keuangan jadi jebol.

Jika begitu, cara seperti apa yang ampuh dalam mengatur keuangan khususnya untuk prioritas utama bagi ibu rumah tangga? Yuk, simak.

1. Selalu membuat anggaran bulanan

5 Prioritas Utama Mengatur Uang Bulanan bagi Ibu Rumah Tangga, Cermat!Pexels/Karolina Grabowska

Hal pertama yang tak boleh kamu lewatkan adalah membuat anggaran bulanan. Anggaran ini perlu rutin kamu buat guna melihat pengeluaran dari kebutuhan di bulan ini. Dengan cara demikian, maka kamu dapat memperhitungkan bila sekiranya ada pengeluaran tak terduga dan juga untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

2. Cari diskon besar saat belanja

5 Prioritas Utama Mengatur Uang Bulanan bagi Ibu Rumah Tangga, Cermat!Pexels/Pixabay

Beberapa ibu rumah tangga cenderung berbelanja pada saat awal bulan. Coba cari diskon besar-besaran yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga. Dengan cara demikian, maka kamu dapat memperoleh diskon yang besar sekaligus menghemat anggaran belanjamu.

Baca Juga: 6 Langkah Penting untuk Kredit Rumah agar Keuangan Tetap Aman

3. Selalu pertimbangkan dana darurat

5 Prioritas Utama Mengatur Uang Bulanan bagi Ibu Rumah Tangga, Cermat!Pexels/Karolina Grabowska

Dana darurat adalah dana terpenting yang harus kamu persiapkan pada saat mengatur keuangan di awal bulan. Dana darurat menjadi penting keberadaannya untuk situasi yang tak terduga. Dengan cara demikian, maka kamu sudah mengamankan keluarga dari pengeluaran tak terduga.

4. Membatasi jajan di luar

5 Prioritas Utama Mengatur Uang Bulanan bagi Ibu Rumah Tangga, Cermat!Unsplash/Arturo Rey

Dengan pengeluaran yang rapi untuk keperluan dapur, sebaiknya memang sudah tak ada alasan lagi untuk jajan di luar. Oleh sebab itu, batasi jajan di luar agar keuangan keluargamu pun jadi tak berantakan. Dengan cara demikian, maka keuangan keluarga pun jadi aman terkendali, deh.

5. Hindari utang

5 Prioritas Utama Mengatur Uang Bulanan bagi Ibu Rumah Tangga, Cermat!Unsplash/Jp Valery

Tanpa disadari, utang merupakan aspek utama yang dapat menggerus pendapatan bulanan. Bila setidaknya tidak penting, maka hindari keterlibatan dalam utang. Kamu bisa membeli barang apabila dirasa sudah memiliki uang yang cukup sehingga tak akan terlihat utang.

Nah, tentunya dengan cara yang tepat, maka pengeluaran keluarga dapat teratasi dengan mudah. Yuk, coba!

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Mengelola Keuangan setelah Menikah, Stop Boros!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya