Comscore Tracker

5 Tips Menghemat Keuangan Selama di Kantor, Bawa Bekal Sendiri!

Jika bisa hemat, dijamin tabungan cepat gendut!

Segala urusan yang berkaitan dengan keuangan memang merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah saran untuk tidak menghabiskan uang di tempat kerja.

Menghabiskan banyak waktu untuk bekerja tentu biasanya juga diikuti dengan pengeluaran yang dibutuhkan. Kamu tidak bisa sembarangan dalam mengeluarkan uang selama bekerja. Oleh sebab itu, kamu dapat mencoba berhemat selama di kantor dengan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Selalu persiapkan bekal makanan dari rumah

5 Tips Menghemat Keuangan Selama di Kantor, Bawa Bekal Sendiri!Ilustrasi kotak makan siang (Pexels/Katerina Holmes)

Biaya utama selama bekerja di kantor memang banyak dihabiskan untuk makan siang. Hal ini jelas membuat pengeluaran semakin tak terkendali bila kamu terus menerus membeli makan siang di luar.

Untuk meminimalisir kemungkinan biaya yang ditimbulkan dari makan siang, maka kamu bisa mempersiapkan bekal dari rumah. Selain akan lebih hemat, namun juga sehat dan banyak variasinya.

2. Memberi target untuk uang jajan selama di kantor

5 Tips Menghemat Keuangan Selama di Kantor, Bawa Bekal Sendiri!Ilustrasi uang tunai di dompet (Pexels/Karolina Grabowska)

Selama mempersiapkan pengeluaran, kamu harus dapat membuat target khusus untuk uang jajan selama di kantor. Hal ini jelas akan memudahkanmu dalam menentukan berapa pengeluaran  yang memang dibutuhkan.

Sebaiknya kamu dapat mempersiapkan berapa target untuk uang jajan selama di kantor. Jangan sampai melebihi batasan target yang ditentukan untuk uang jajan di kantor.

Baca Juga: 5 Cara untuk Lepas dari Kebiasaan Konsumtif, Auto Hidup Hemat!

3. Tidak gampang tergoda dengan tawaran dari rekan kerja

5 Tips Menghemat Keuangan Selama di Kantor, Bawa Bekal Sendiri!Ilustrasi penjualan aset perusahaan (Unsplash/Amy Hirschi)

Dalam dunia kerja biasanya selalu ada rekan-rekan yang menemani dalam melakukan pekerjaan. Mereka biasanya akan banyak mengenai banyak hal, bahkan termasuk untuk urusan menawarkan barang.

Kamu tentunya perlu berani untuk menolak tawaran apabila memang kamu belum membutuhkan dan biayanya terlampau mahal. Jangan sampai karena rasa tidak enak justru membuatmu jadi membeli barang yang belum diperlukan.

4. Hindari rasa gengsi dengan rekan kerja

5 Tips Menghemat Keuangan Selama di Kantor, Bawa Bekal Sendiri!Ilustrasi dua rekan bisnis (Unsplash/Chase Chappell)

Ada banyak alasan mengapa pengeluaran bisa berlebihan selama di kantor. Hal ini bisa didasari karena rasa gengsi yang dimiliki.

Banyak orang yang terlalu memiliki gengsi tinggi hingga menghalalkan segala hal untuk terlihat keren. Bahkan tak jarang juga keuangan dipaksakan agar menuruti gengsi, padahal hal semacam ini tidak dibenarkan.

5. Konsisten dalam melakukannya

5 Tips Menghemat Keuangan Selama di Kantor, Bawa Bekal Sendiri!Ilustrasi seorang perempuan karir (Unsplash/Brooke Cagle)

Semua hal-hal di atas tentunya bertujuan untuk mengurangi pengeluaran selama berada di kantor. Tentunya kamu memerlukan banyak usaha yang tepat agar tidak sampai berlebihan dalam pengeluaran selama di kantor.

Kamu harus tetap konsisten dalam melakukan segala hal untuk menjaga pengeluaran dengan baik di kantor. Melalui cara demikian, maka kamu tidak akan menghabiskan terlalu banyak uang di kantor.

Dengan menerapkan beberapa hal di atas tentunya kamu jadi bisa berhemat selama berada di kantor. Tidak perlu mengeluarkan uang secara berlebihan, deh!

Baca Juga: 5 Manfaatnya jika Menerapkan Prinsip Hidup Minimalis, Auto Hemat! 

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya