Comscore Tracker

5 Tips Cerdas agar Tetap Hemat Nongkrong di Kafe, Dompet Tetap Aman!

Kalau tidak diperhitungkan, bisa-bisa merogok kocek dalam

Sebagai anak muda yang juga dikenal menjadi bagian dari generasi Millennial, memang istilah nongkrong sudah sangat melekat pada setiap orangnya. Nongkrong sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan beberapa orang untuk sekedar mengobrol atau melakukan kegiatan bersama-sama yang bersifat santai.

Namun, saat ini justru nongkrong di kafe bukan hanya menjadi ajang untuk bersantai dengan sahabat, melainkan juga dimaksimalkan oleh para freelancer atau pun mahasiswa untuk mengerjakan pekerjaan dan tugas.

Meski memang nongkrong di kafe sepertinya terdengar menyenangkan, namun kamu perlu mengetahui beberapa hal agar kebiasaan yang satu ini tidak akan merogok kocekmu dalam. 

Untuk tetap hemat dan menjaga pengeluaran dengan baik meski asyik nongkrong, kamu perlu memahami beberapa tips cerdas ketika memutuskan untuk nongkrong ria. Berikut daftar ulasannya!

1. Pilihlah kafe yang sesuai dengan budgetmu

5 Tips Cerdas agar Tetap Hemat Nongkrong di Kafe, Dompet Tetap Aman!Unsplash/Nick Hillier

Setiap kafe yang tersedia biasanya memiliki rentang pelayanan yang berbeda-beda dan berpengaruh terhadap harga yang mereka tawarkan. Oleh sebab itu, sebelum kamu memutuskan untuk nongkrong, alangkah lebih baik bila kamu memilih terlebih dahulu kafe yang sekiranya cocok dengan dompetmu.

Jangan sampai justru aktivitas nongkrongmu akan berpengaruh besar terhadap budgetmu. 

2. Jika beruntung, pilihlah kafe yang sedang diskon

5 Tips Cerdas agar Tetap Hemat Nongkrong di Kafe, Dompet Tetap Aman!thamesvalleykhaoyai.com

Memang saat ini beragam promosi mulai digencarkan oleh berbagai penjual atau pemilik kafe-kafe. Salah satu bahan promosinya adalah dengan menurunkan harga atau memberikan diskon tambahan kepada pelanggan yang hadir. Hal inilah yang kemudian dapat kamu manfaatkan untuk bersantai di sana.

Promosi dalam bentuk diskon tersebut akan membantumu lebih hemat dalam urusan finansial. 

Baca Juga: Unik, 7 Kafe di Bandung Ini Asyik Banget buat Nongkrong Tengah Malam

3. Cek harga dan menu lewat aplikasi

5 Tips Cerdas agar Tetap Hemat Nongkrong di Kafe, Dompet Tetap Aman!digitaltrends.com

Kamu tertarik untuk menikmati makanan-makanan di kafe yang belum pernah dikunjungi? Jangan khawatir, sebab kamu dapat mengecek menu-menu dan harga yang tertera melalui aplikasi. Hal ini tentu akan membantumu dalam mempertimbangkan apakah kafe tersebut sekiranya cocok untuk kamu kunjungi atau justru dapat membuatmu mudah boros. 

4. Nongkrong dengan teman? Saling sharing saja!

5 Tips Cerdas agar Tetap Hemat Nongkrong di Kafe, Dompet Tetap Aman!Unsplash/Ali Inay

Jika kamu gemar nongkrong dengan teman atau pasangan, justru hal tersebut akan sangat membantumu dalam menghemat uang, lho. Kamu dapat memilih makanan yang sekiranya dapat kamu makan bersama-sama atau istilahnya adalah sharing. 

Dengan cara ini, kamu dan teman-teman tetap dapat menikmati makanan dengan lezat tanpa perlu khawatir urusan biaya yang melambung. 

5. Nongkrong sendirian? Beli makanan berat saja, ya!

5 Tips Cerdas agar Tetap Hemat Nongkrong di Kafe, Dompet Tetap Aman!Unsplash/ Tim Bennett

Tak ada salahnya bila kamu memutuskan untuk bersantai atau sekedar nongkrong sendirian di kafe. Namun, untuk mensiasati agar kamu tidak boros dan tetap dapat menyimpan keuangan dengan baik, maka cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan memesan olahan utama.

Makanan berat yang kamu pesan akan membantumu lebih kenyang sehingga kamu tidak perlu membeli banyak makanan tambahan lagi. 

Nah, beberapa tips umum di atas dapat menjadi inspirasi bagimu yang tetap ingin hemat bila sedang nongkrong di kafe langganan. Gak merogok kocek dalam, deh!

Baca Juga: 5 Tips Hemat Buat Kamu yang Suka Menggunakan Sepeda Motor

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya