4 Cara Membangun Ketahanan Keuangan untuk Hadapi Masa Sulit

Lebih baik bersiap untuk semua kemungkinan

Jakarta, IDN Times - Pengeluaran mendadak atau pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa terjadi pada siapa pun, tetapi ada cara untuk memperkuat kemampuanmu dalam mengelolanya.

Dilansir NerdWallet, ketahanan keuangan memberikan jaring pengaman yang mungkin jarang kamu gunakan. Tetapi saat kamu membutuhkannya, kamu akan senang kamu memilikinya.

Menurut pakar, sebuah rumah tangga dianggap memiliki ketahanan keuangan jika mereka siap menghadapi kejutan keuangan yang tidak terduga. Kejutan tersebut bisa termasuk biaya seperti tagihan medis atau perbaikan rumah atau kehilangan pendapatan akibat PHK.

Mengingat bahwa kita semua kemungkinan akan menghadapi kejutan keuangan pada suatu saat, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan ketahanan keuanganmu!

Baca Juga: Kenali, 3 Permasalahan Finansial Penyebab Keuangan Tidak Sehat

1. Kendalikan aliran kas kamu

4 Cara Membangun Ketahanan Keuangan untuk Hadapi Masa Sulitilustrasi belanja dengan penuh pertimbangan dan perhatian (pexels.com/Anna Tarazevich)

Terkadang, kita pergi dan menghabiskan uang tanpa berpikir. Itulah mengapa kamu sebaiknya mencatat pengeluaran untuk melacak secara tepat di mana uangmu digunakan sebagai langkah pertama untuk mencari tahu apa yang harus dipangkas, seperti pergi makan di luar atau menonton film.

Kamu perlu merencanakan untuk sepanjang bulan sehingga kamu tidak mengeluarkan terlalu banyak setiap kali kamu mengeluarkan uang. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu benar-benar perlu makan makanan mewah ketika baru saja menerima gaji?

Untuk tetap berada di jalur yang benar, kamu sebaiknya menyimpan sejumlah uang tunai yang terbatas di dompet untuk pengeluaran pilihan dan mencatat apa yang dapat digunakan untuk catatan lengket yang tetap bersama uang tunai itu.

2. Buat cadangan tabungan

4 Cara Membangun Ketahanan Keuangan untuk Hadapi Masa Sulitpexels.com

Meskipun membangun tiga hingga enam bulan biaya hidup yang direkomendasikan secara tradisional di luar jangkauan bagi banyak orang, itu layak untuk berusaha mendapatkan beberapa tabungan.

Semakin banyak kita bisa menyimpan, semakin baik, dan memiliki tabungan itu memberikan landasan yang dibutuhkan orang untuk melewati masa sulit. Menyimpan tabungan tersebut dalam rekening tabungan berbunga tinggi dapat memungkinkan uang tumbuh dari waktu ke waktu sambil tetap aman.

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Tantangan Finansial di Tahun Naga Kayu

3. Pertahankan kreditmu

4 Cara Membangun Ketahanan Keuangan untuk Hadapi Masa SulitIlustrasi kartu kredit (pexels.com/energepic.com)

Menjaga saldo kartu kredit sekecil mungkin dapat membuat garis kredit tersebut tersedia untuk keadaan darurat. Kartu kredit adalah alat yang bagus untuk digunakan untuk waktu sulit yang berlangsung singkat.

Memiliki ruang di kartu kredit kamu memungkinkanmu menggunakannya dengan cara itu. Kemudian, membayar saldo secepat mungkin membantu menjaga bunga sebanyak mungkin.

4. Diskusikan prioritas keuanganmu

4 Cara Membangun Ketahanan Keuangan untuk Hadapi Masa Sulitilustrasi diskusi (pexels.com/SHVETS Production)

Membahas dengan anggota keluarga bagaimana kamu akan menangani kejutan keuangan sebelum terjadi sebenarnya dapat membantu kamu mempersiapkan diri untuk saat itu. Coba sodorkan beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apa hal-hal paling penting dalam kehidupan keuangan kita?
  • Apa yang kita simpan?
  • Apa pengeluaran yang akan kita potong terlebih dahulu jika diperlukan?

Jika kamu sudah memiliki percakapan tersebut sebelumnya, lebih mudah untuk melakukan penyesuaian. Pada saat yang sama, berbicara tentang tantangan keuangan dengan keluarga dan teman bisa membantu kamu merasa didukung secara emosional.

Baca Juga: 6 Cara Kelola Keuangan untuk Kamu yang Single, Lebih Mudah?

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya