Comscore Tracker

Tips Menyiapkan Resolusi Keuangan di 2023

Agar keuanganmu siap menghadapi situasi tahun depan

Jakarta, IDN Times - Pergantian tahun menuju 2023 tinggal sebentar lagi. Kita sudah sampai di penghujung tahun 2022. Nah, masih ada kesempatan untuk mempersiapkan resolusi keuangan untuk menyambut tahun yang baru.

Mengutip Fortune, ada beberapa hal yang dapat kamu jadikan rujukan dalam mempersiapkan keuangan di 2023, di tengah kondisi inflasi dan suku bunga tinggi. Yuk, simak tips selengkapnya!

Baca Juga: 5 Tips Merencanakan Keuangan untuk Tahun Depan, Tetapkan Prioritas

1. Perbarui anggaran kamu

Tips Menyiapkan Resolusi Keuangan di 2023Ilustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dinamika telah terjadi pada inflasi dan suku bunga. Jadi, mungkin anggaran kamu sudah sangat usang sejak terakhir kali kamu meninjaunya. Oleh karenanya, tuliskan tujuan keuangan kamu dan dari sana mulailah membangun anggaran baru kamu.

"Awal tahun baru harus menjadi awal anggaran baru," kata seorang perencana keuangan, Kendall Meade

Untuk membuat perencanaan keuangan yang sesuai untuk kamu dan keluarga, kamu dapat menemukan bantuan di internet. Kamu juga dapat menggunakan layanan keuangan lainnya.

Meade menambahkan bahwa sekarang juga saat yang tepat untuk mengaudit biaya berlangganan kamu dan membatalkan layanan yang tidak terpakai.

Baca Juga: 3 Tips Bikin Keuangan Sehat buat Millennial dan Gen Z 

2. Buka rekening tabungan dengan imbal hasil tinggi

Tips Menyiapkan Resolusi Keuangan di 2023Ilustrasi Bank. (IDN Times/Aditya Pratama)

Pokoknya, dengan suku bunga yang terus naik, pertimbangkan untuk membuka rekening tabungan yang memberikan imbal hasil tinggi. Berhati-hati pulalah dengan biaya akun atau biaya lainnya.

Siapkan transfer otomatis mingguan atau bulanan sehingga kamu tidak perlu melakukan pekerjaan memindahkan uang setiap bulan. Mulai dari yang kecil dan tingkatkan kontribusi kamu jika memungkinkan.

"Jika kamu menemukan bahwa tujuan yang lebih besar membuat kamu kewalahan, kamu dapat menetapkan beberapa tujuan yang lebih kecil," ujarnya.

3. Utamakan membayar utang berbunga tinggi

Tips Menyiapkan Resolusi Keuangan di 2023Ilustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Meskipun kenaikan suku bunga bagus untuk penabung, hal itu dapat membuat bunga utang kamu lebih tinggi. Itu bisa menjadi bencana bagi mereka yang sudah berjuang untuk memenuhi kebutuhan di tengah inflasi yang tinggi.

“Analisis utang kamu untuk memastikan kamu mendapatkan kesepakatan yang paling sesuai dengan tujuan kamu," ujarnya.

4. Periksa laporan kredit kamu

Tips Menyiapkan Resolusi Keuangan di 2023ilustrasi kredit (IDN Times/Aditya Pratama)

Jika kamu sudah lama tidak memeriksa laporan kredit kamu, sekaranglah waktunya untuk melakukannya. Kamu juga bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang dilihat pemberi pinjaman saat mereka menarik laporan kamu, yang dapat membantu kamu saat membuat keputusan keuangan yang besar, seperti membeli rumah.

Baca Juga: Jadi Sandwich Generation, Febby Rastanty Bagikan Tips Atur Keuangan

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya