Comscore Tracker

Tol Trans-Sumatra Ruas Indrapura-Kisaran Beroperasi Akhir Tahun

Tol Trans-Sumatra telan biaya Rp6,05 triliun

Jakarta, IDN Times - Jalan Tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 km ditargetkan akan selesai pada akhir 2022. Badan Pengatur Jalan Tol (PBJT) menyebut jalan tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) yang mendukung konektivitas antar wilayah dari Medan ke Kisaran maupun wilayah sekitarnya.

Dilansir laman resmi BPJT, jalan tol ini terdiri dari 2 Seksi, yakni Seksi 1 Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,6 km dan Seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 km. Sejauh ini progres konstruksi telah mencapai 41,11 persen.

Baca Juga: Mudik Lebaran, 2,6 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatra

1. Pembangunan Tol Indrapura-Kisaran telan biaya Rp6,05 triliun

Tol Trans-Sumatra Ruas Indrapura-Kisaran Beroperasi Akhir TahunIlustrasi pembangunan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Jalan tol yang dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp6,05 triliun ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero). Jalan tol Indrapura-Kisaran yang berada di Sumatera Utara menghubungkan Kabupaten Batubara di sisi Utara dan Kabupaten Asahan di sisi Selatan.

Kehadiran jalan tol ini nantinya akan menghubungkan sentra-sentra produksi, daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, membuka peluang usaha baru terutama yaitu berada di sekitar jalan tol, serta mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Baca Juga: Jokowi Berharap Tol Trans-Sumatra Pekanbaru-Padang Genjot Mobilitas

2. Tol Trans-Sumatra sudah beroperasi sepanjang 692 km

Tol Trans-Sumatra Ruas Indrapura-Kisaran Beroperasi Akhir TahunJalan Tol Trans Sumatra. (ANTARA/HO-Hutama Karya)

Sebagai informasi, Jalan Tol Trans Sumatra saat ini telah beroperasi sepanjang 692 km yang terdiri dari 10 ruas, yakni :

1. Bakauheni-Terbanggi Besar 140 km
2. Terbanggi Besar-Kayu Agung 189 km
3. Kayu Agung-Palembang-Betung 38 km
4. Belawan-Medan-Tanjung Morawa 43 km
5. Medan-Binjai 18 km
6. Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 62 km
7. Palembang-Indralaya 22 km
8. Sigli-Banda Aceh 36 km
9. Pekanbaru-Dumai 132 km
10. Binjai-Langsa 12 km

3. Tersambungnya Tol Trans-Sumatra sampai Betung bikin masyarakat antusias seberangi Pulau Jawa

Tol Trans-Sumatra Ruas Indrapura-Kisaran Beroperasi Akhir TahunIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan lonjakan arus mudik ke Sumatra sangat tinggi di 2022 karena Jalan Tol Trans Sumatra sudah tersambung sampai Kapalbetung atau Betung. Menurutnya, hal itu berbeda dengan 2019 di mana pergerakan kendaraan terbanyak adalah ke arah timur, dalam hal ini Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Ternyata yang sekarang ke arah Merak atau menyeberang sampai dengan Sumatra. Sampai dengan 17 persen kenaikannya dibandingkan 2019. Kenapa demikian? Karena jalan tol ini sekarang sudah menghubungkan mulai Lampung sampai ke Palembang dan sampai ke Betung. Kemarin terjadi lonjakan yang cukup tinggi di Pelabuhan Merak," tutur Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Jelang Lebaran 2022, Hutama Karya Buka 2 Ruas Tol Trans Sumatra 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya